MATERI CARITA PONDOK SUNDA
CARITA PONDOK,  MATERI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA

KUMPULAN MATERI CARITA PONDOK SUNDA

MATERI CARITA PONDOK SUNDA
MATERI CARITA PONDOK SUNDA

MATERI CARITA PONDOK SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang disuguhkan dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar MATERI CARITA PONDOK SUNDA yang kurang dipahami, Kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah, nantinya akan admin jawab satu persatu.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar MATERI CARITA PONDOK SUNDA

MATERI CARITA PONDOK
MATERI CARITA PONDOK

MATERI CARITA PONDOK SUNDA


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai MATERI CARITA PONDOK lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI CARITA PONDOK SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-carita-pondok/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH CARITA PONDOK SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/carita-pondok/


LINK 50+ KUMPULAN SOALCARITA PONDOK
SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/

Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE

Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGÉ DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA
MODUL PANGAJARAN BASA SUNDA



GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

A. PENGERTIAN CERITA PENDEK

Cerpen (carpon) atau dalam bahasa Indonesia cerpen Carpen), dalam cerpen bahasa Inggris, adalah sebuah karya fiksi (fiksi) berupa prosa (prosa) dan termasuk karya sampeur seorang Rea yang mengatakan bahwa carpon adalah sebuah karya yang populer dan menarik, karena isinya banyak yang menceritakan kehidupan manusia sehari-hari. Dikisahkan dengan cara yang sederhana, ringkas, dan menarik yang disebut cerpen tersebut sesuai dengan bentuk cerpennya. Tidak banyak yang dikatakan, biasanya hanya sesaat. Tokoh-tokohnya tidak banyak, mereka fokus pada satu atau dua peristiwa, alur sederhana tidak direncanakan, tidak banyak gerakan di latar belakang, dan memiliki tema dan amanat yang ingin disampaikan oleh penulis.

Ukurannya yang pendek sebenarnya tidak relative Ada beberapa carpon yang dianggap panjang, seperti carpon “Mandate in His Last Pass” oleh Mh. Rustandi Kartakusumah. Namun, umumnya tidak pendek antara 5-10 halaman jika dalam sebuah majalah. Bahkan di koran saya itu hanya segelas. Membaca akan berakhir antara 10-15 menit

Yang disebut karya sastra sempurna itu karena pengaruh karya asing, dari Belanda (Eropa). Istilah carpon belum dijelaskan, masih disamakan dengan dongeng. Namun, tidak seperti dongeng yang diceritakan, kisah ini tidak dicari oleh pejuang (anonim), dan disebarkan secara lisan. Kisah carpon saya dirancang seolah-olah ya-ya terjadi, ada perkelahian, dan tersebar secara tertulis.

Pada awal abad ke-20 semakin banyak orang yang menulis karpon, terutama ketika majalah Papa Nonoman dan Parahiyangam terbit. Dan kemudian carpon ini banyak yang dikumpulkan dan keluar sebagai buku. Saat ini, buku koleksi karpon pertama dalam kesusastraan Sunda adalah Dogdog Pan, sebuah karya pengarang berinisial G.S., diterbitkan oleh Balé Pusta pada tahun 1930. Lebih dari buku cerpen pertama berbahasa Indonesia yang diterbitkan, Teman Duduk oleh M. Kasim (1936).

B. Menulis Cerita Pendek

Untuk mempelajari cara membuat carpon sebenarnya tidak ada aturan atau cara khusus. Karena panasnya tulisan saya tergantung dari pengalaman membaca, soal, dan latihan menulis sambil tidak lupa disertai dengan membuka kamus untuk mengetahui arti dan menulis kata. Namun untuk mengabaikannya, ada langkah-langkah penyusunan karpon berdasarkan unsur-unsurnya. Untuk melingkari dalam belajar menulis carpon, adalah berikut ini sebagai lateral yang besar menyusun carpon

Mencari ide (inspirasi)
Biasanya selalu sulit menemukan ide untuk esai. Benar-benar tidak perlu jauh-jauh mencari ide, ambillah dari pengalaman pribadi. Namun harus dikerjakan ulang dan penulisannya tidak akan terlihat seperti “curhat” di buku diary. Pengalaman tidak harus ditulis dengan cara yang sama, dapat diperbarui dan diperkaya kembali menjadi cerita yang menarik

JELASKAN BERIKUTNYA
Topik adalah inti cerita dari awal hingga akhir. Ada banyak tema yang dapat digunakan untuk menggubah carpon dari kehidupan sekitar, antara lain keluarga, agama (religi), sosial, pendidikan, dll. Topik yang terdefinisi dengan baik menarik bagi pembaca, masalah yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan kehidupan saat ini atau yang ramai (aktual), memilih masalah yang berkaitan dengan kekuasaan, dan mempunyai kerangka kerja atau tujuan yang harus ditangani untuk membuat esai malas sejak dini- akhirnya.

Identifikasi pelaku (karakter) dan karakter (karakter)
Aktor adalah orang-orang yang berperan dalam cerita Setiap aktor memiliki kebiasaan yang mencerminkan sifat masing-masing sesuai dengan temanya. Ada karakter utama yang karakternya bisa lebih baik atau lebih buruk (protagonis), karakter utama lawan (antagonis), dan aktor tambahan (tritagonis).

Atur pengaturan
Latar belakang adalah lingkungan tempat suatu peristiwa terjadi dalam sebuah cerita. Berguna untuk mempertegas deskripsi situasi yang diceritakan. Latar belakang dibagi menjadi tiga tempat, waktu, dan suasana.

Identifikasi plot
Strain adalah rangkaian peristiwa yang terjadi dari awal hingga akhir. Berbagai strain dapat digunakan untuk menyusun carpon, dapat menggunakan strain maju atau mundur, mundur (flash back), dan akar tengah atau campuran. Untuk membantu Anda mengarang karponen, Anda juga bisa menggunakan kerangka esai: bibliografi (pendongeng) dengan menceritakan karakter pelaku atau mendeskripsikan tempat, waktu, dan suasana; memperumit (inti cerita) dengan menyuruh pelaku menghadapi masalah; resolusi (pemecahan masalah) dengan memberikan bong bola yang ditemui pelaku melalui cerita; dan sastra (sampul cerita) oleh penulis yang mengakhiri cerita dalam kaitannya dengan perubahan nasib pelaku, penderitaan kesedihan, atau kegembiraan.

Tentukan center of view (sudut pandang)
Inti cerita adalah pengamatan terhadap cerita apakah menurut gaya orang pertama atau penulis bercerita langsung menggunakan pemeran cerita (biasanya menggunakan pemeran “aku”), orang kedua (bi asana menggunakan pemeran “dia”), atau pengarang hanya menceritakan hanya kepada para pelaku cerita atau gaya berpura-pura.

MENENTUKAN AMANAT
Pesan adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca cerita. Dapat disampaikan secara langsung (eksplisit) melalui tindak pidana

Bahasa adalah alat / alat utama dalam mendesain. Merancang mobil pon jelas merupakan alat yang akan Anda sukai. Cara tersebut diatas, bahwa penulis adalah seorang yang harus memiliki pengalaman sering membaca terlebih dahulu. Lebih baik baca karya carpon dari penulis terkenal. Tujuannya adalah untuk memperkaya kata-kata dan membandingkan daya tarik carpon dengan lebih baik untuk inspirasi dalam desain carpon

Mendefinisikan Judul Judul adalah “pintu” cerita untuk membuka pintu keingintahuan pembaca. Paling baik menentukan judul esai dengan dua atau tiga kata yang sesuai dengan tema, menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu


error: Content is protected !!