GUGURITAN BAHASA SUNDA
MATERI GUGURITAN SUNDA,  MATERI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA

GUGURITAN BAHASA SUNDA

GUGURITAN BAHASA SUNDA
MATERI GUGURITAN SUNDA

GUGURITAN BAHASA SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar GUGURITAN BAHASA SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
GUGURITAN BAHASA SUNDA.

GUGURITAN PUPUH SINOM BAHASA SUNDA
GUGURITAN PUPUH SINOM BAHASA SUNDA

MATERI GUGURITAN SUNDA

LATIHAN 1

  1. Naon ari guguritan téh?
  2. Kumaha cara maca guguritan téh?
  3. Dumasar kana eusina, guguritan téh bisa dipasing-pasing jadi sababaraha golongan?
  4. Aya 17 pupuh anu dipaké pikeun dadasar nyusun guguritan, pék tataan hiji-hiji!
  5. Tiap pupuh ngabogaan watek, guru wilangan, jeung guru lagu masing-masing. pék tataan hiji-hiji!

CONTO GUGURITAN SUNDA

Aya hiji rupa kembang
raranggeuyan tapi leutik,
rupana bodas kacida,
matak lucu liwat saking,
hanjakalna teu seungit,
lamun ku urang diambung,
kitu sotéh tibeurang,
ari seug mungguh tipeuting,
sumeleber nyambuang sapakarangan.

LATIHAN 2

  1. Ditulis dina wangun pupuh naon éta guguritan téh?
  2. Kumaha watekna éta guguritan téh?
  3. Naon témana éta guguritan téh?
  4. Naon deuih amanatna tina éta guguritan téh?
  5. Analisis guru lagu jeung guru wilangan?


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai GUGURITAN BAHASA SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI GUGURITAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-guguritan-sunda/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH GUGURITAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/guguritan-sunda/

LINK 50+ KUMPULAN SOAL GUGURITAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/

Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini
:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE


Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA



GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

A. MEMAHAMI GUGURITAN

Puisi yang dimaksud adalah puisi yang merupakan puisi yang relatif tidak panjang dan menggunakan kaidah kanon yang baku. Karena ini bukan panjang tehnya, biasanya bukan tebu yaitu tujuh belas teh. Seperti pada contoh di atas, kapal tunda menggunakan kriteria pupuh sinom, kinanti, asmarandana dan mijil. Ayat-ayat yang saya baca biasanya diiringi dengan lagu-lagu yang telah ditugaskan kepada saya.

Sajak anak-anak adalah bentuk puisi tradisional yang diajarkan oleh guru nomor dan guru lagu. Misalkan Sinom pada contoh di atas memiliki kriteria yang sama yang terdiri dari sembilan padalisan. Jumlah guru 8, 8, 8, 8, 7, 8, 7,8, 12; guru laguna a, i, a, i, i, u, a, i, a. Tongkat ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu – sesuatu yang luar biasa, gembira, atau gahar; Kategori ini termasuk dalam kanopi besar.

Contoh kedua adalah kanopi kinanti yang memiliki patokan setara dengan enam padalisan. Guru wilanganana; 8,8,8,8,8,8, sedangkan guru laguna adalah u, i, a, i, a, i. Kebiasaan menyusui kinanti adalah merepresentasikan sesuatu yang up-to-date, peduli, menunggu malas. Kinanti masih tergolong kanopi besar.

Ketiga, kanopi Asmarandana, yang memiliki patokan setara dengan tujuh padalisan. Guru berjumlah 8,8,8,8,7,8,8 sedangkan guru laguna; i, a, o / é, a, a, u, a. Asmarandana memiliki kebiasaan saling mencintai, saling menyayangi, mengucap atau menegur. Asmarandana termasuk dalam sekar besar.

Contoh terakhir adalah dada Mijil yang memiliki patokan setara dengan enam padalisan. Guru wilanganana; 10,6,10,10,6,6 guru laguna i, o, e, i, i, u. Karakternya sedih, diam atau tidak beruntung. Mijil termasuk dalam sekar kecil.

B. CIRI-CIRI GUGURITAN

Dalam uraian di atas bahwa guguritan adalah karya sastra berupa kauger (puisi). Setiap karya baik prosa maupun puisi tertentu memiliki ciri tersendiri untuk membedakan antara satu karya dengan karya lainnya. Sekarang lihat salah satu fitur independen yang memberi tahu Anda tentang bentuk tengkorak sehingga Anda dapat mengenali bentuk tengkorak dengan lebih baik.

Sebagai acuan dalam mempelajari ciri-ciri kapal tunda, hidep dapat memperhatikan bentuk pekerjaan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bagaimana menulis
  2. Bentuk bahasa
  3. Kata atau diksi yang digunakan
  4. Kriteria yang digunakan
  5. Bagaimana cara menyampaikan / membaca

error: Content is protected !!