
DRAMA SUNDA 5 ORANG

DRAMA SUNDA 5 ORANG
Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.
Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale
Jika ada pertanyaan seputar DRAMA SUNDA 5 ORANG yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.
Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar DRAMA SUNDA 5 ORANG.
DRAMA SUNDA 5 ORANG
DAFTAR ISI
BUDAH SI NARKO
Karya Dadan Sutisna
Di hiji jalan, pabeubeurang. Sawatara barudak maké saragam SMA keur bukbek bari silih teunggeul, bari marawa rupaning paka rang. Tawuran. Sora mobil. Sora nupatinggorowok. Campuh. Meunang sawatara lila silih serang. Keur kitu kadéngé sirineu mobil pulisi. Nu tawuran kalabur.
Di kantor pulisi, pasosoré. Hiji patugas (Pulisi 1) keur diuk tu maninah bari nundutan. Sakapeung sirahna méh tigeduk kana méja. Ngoréjat bari gigisik. Lenggut deui wéh.
Keur kitu kurunyung dua patugas séjénna ngabringkeun opat bu dak maké saragam SMA, tilu lalaki, hiji awéwé. Éta opat budak téh katémbong mani kokompodan, bangun anu sieun naker. Nu awéwé mah bari inghak-inghakan ceurik.
Patugas anu keur nundutan curinghak bari neuteup ka nu karék datang. Gentak nangtung bari ngangsrodkeun calana.
PULISI 1
(Bari nyampeurkeun) Aya naon ieu téh?
PULISI 2
Biasa, tawuran! (Nunjuk ka barudak) sok dariuk!
PULISI 1
Geus tawuran deui waé. Pusing déwék mah nguruskeun ba rudak tawuran téh. Teu isuk teu soré, gelut jeung gelut wé. Sok geura pikir, rék kumaha majuna bangsa urang téh, ari mental barudakna kieu patut mah. Nu kieu tah nu matak rujad nagara téh. Nu di sakola barudak tawuran, atuh di luhur (bari nunjuk ka luhur), pajabatna silih ségag. Mani euweuh picontoeunana.Tuh tingali di nagara batur mah … (teu kebat kaburu ditémpas ku baturna)
PULISI 3
Leres, tapi saéna engké deui pidatona, Komandan Ayeuna mah ieu budak kudu dikumahakeun?
PULISI 1
(Rada nyentak) Aéh-aéh naha bet nanya ka déwék? Piraku ngurus barudak nu tawuran waé nanya ka atasan? (Nengetan barudak hiji-hiji) Ké ké bener ieu téh ngan opatan? Pan biasana nu sok tawuran mah aya puluhna.
PULISI 2
Kawitna mah seueur, Pa. Diétang ku abdi aya panginten tilu puluh mah. Tapi nu katéwak mung opat. Nu séjénna kalabur!
PULISI 1
Piraku tina tilu puluh ngan kacerek opat?
PULISI 3
Kaleresan di lapangan kirang patugas, Pa. Nu jaga di daerah dinya ngan duaan Geura wé, pulisi duaan ngudag-ngudag barudak aya puluh na Sakieu gé tos untung masih kénéh kékéngingan.
PULISI 1
Terus nyampeurkeun barudak. Ditanya hiji-hiji. Dimimitian ti nu pangkencana
PULISI 1
Silaing saha ngaran?
OHIM
Oh…
PULISI 1
Enya, ngaran silaing saha?
OHIM
Oh..
PULISI 1
Beu, nyiar-nyiar piambekeun ieu mah. Kadéngé henteu dewek bieu nanya?
OHIM
Kakuping, Pa Pulisi.
PULISI 1
Naha atuh teu ngajawab? Saha ngaran?
OHIM
Oh ..
PULISI 1
(Keuheul) Astagfirullah! Sugan teu hideng budak téh!
Pulisi 2 milu keuheul. Terus nyérénténg bari nyekelan keralt baju Ohim. Ohim mani ngayekyek bangun sieun naker.
PULISI 2
Silaing montong ngaheureuykeun aparat. Naon héséna atuh nyebatkeun ngaran?
Budak lalaki nu ngajanteng gigireun Ohim mangnémbalankeun.
DAMIRI
Namina Ohim, Pa Pulisi. Di sakola sok disebat Oh .
PULISI 1
Oh ..Ohim. lain ti tadi atuh. Kunaon silaing bet tawuran, hah? Rék jumago silaing téh, asa aing gedé kawani, atawa rék néangan sénsasi?
OHIM
Abdi mah teu rumaos tawuran, Pa Pulisi.
PULISI 3
Alah ngangles, siah. Pan kaperego pisan, alias tertangkap basah, silaing keur tawuran di jalan buntu!
OHIM
Da abdi mah nuju megat angkot, Pa Pulisi. Ari pek ujug ujug aya nu ribut silih serang. Tuh, abdi gé ngiring kateunggeul puhu ceuli. (Bari muringis). Duh.. mani nyanyautan kieu
PULISI 1
Puas! Bongan saha maké tawuran!
OHIM
Leres, Pa Pulisi. Wantun sumpah abdi mah henteu tawuran. Abdi mah budak bageur, di sakola gé tara baong…
PULISI 1
Lah, teu percaya. (ngarérét ka Damiri) Silaing deuih, saha ngaran?
Damiri.
DAMIRI
PULISI 1
Damri? Nu hiji megat angkot, ieu keur megat Damri. Mani rupa-rupa nyieun alesan téh.
DAMIRI
Sanés Damri, Pa Pulisi. Da-mi-ri. Nami abdi Damiri .
PULISI 1
Atuh boga ngaran téh siga beus kota. Boa-boa ngaran bapa silaing gé Délman?
DAMIRI
Sanés, pun bapa mah namina Éman!
PULISI 1
Nya … rada deukeut atuh tina Délman kana Eman mah.PULISI 2
(Mairan) Boa-boa ngaran indung manéh Taksi?
DAMIRI
Sanés, pun biang namina Erum …
PULISI 1
Geus, geus, kalahka heureuy. Damiri, kunaon silaing bet tawuran?
DAMIRI
Teu rumaos abdi mah … Abdi mah badé meuntas, da. Mung ujug-ujug aya riributan. Terus tonggong abdi kateunggeul ku awi!
PULISI 1
Geus ngangles deui waé. Cik atuh hiji-hijieun mah aya nu ngaku
DAMIRI
Pa Pulisi, abdi mah bujeng-bujeng kanggo tawuran, kanggo ongkos ka sakola gé seuseut. Pun bapa teu gaduh damel. Pun biang mung tukang dagang surabi. Abdi mah tara gaduh artos kanggo tawuran…
PULISI 3
Har, ari tawuran kudu maké duit kitu?
DAMIRI
Duka, da abdi mah teu kantos tawuran.
(Dicutat tina Naskah Drama Basa Sunda, Produksi Téater Sunda Kiwari, 2011).
LATIHAN SOAL
1. Naon téma drama di luhur?
2. Saha waé palakuna? Kumaha deuih watekna?
3. Kumaha kaayaan 4. Kunaon pangna Ohim jeung Damiri ditéwak Pulisi? kulawarga Damiri téh?
5. Cék hidep, kumaha karakter Pulisi dina naskah drama di luhur téh?
6. Kumaha teknik interogasi nu dilaksanakeun ku Pulisi?
7. Dimana kajadianana tawuran téh? Iraha deuih waktuna?
8. Naon alesanana Damiri milu tawuran?
9. Hal-hal naon waé nu hayang ditepikeun ku pangarang ka nu maca dina naskah drama di luhur téh?
10. Pék, ringkeskeun deui naskah drama di luhur téh dina wangun basa lancaran!
Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai DRAMA SUNDA 5 ORANG lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:
LINK KUMPULAN MATERI DRAMA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-drama-sunda/
LINK 15+ KUMPULAN CONTOH DRAMA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/drama-bahasa-sunda/
LINK 50+ KUMPULAN SOAL DRAMA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/
Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.
Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE
Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih.
GOOGLE TRANSLATE
Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjung yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.
DRAMA SUNDA 5 ORANG
BUDAH SI NARKO
Karya Dadan Sutisna
Bisa dibilang, pada siang hari. Beberapa anak SMA memakai seragam untuk bukbek sambil saling memukul, sambil membawa berbagai baju berbunyi. Ribut. Kedengarannya seperti mobil. Suara teriakan. Bangkit. Luangkan waktu untuk menyerang satu sama lain. Sebab begitu terdengar sirene mobil polisi. Bentrokan investasi.
Di kantor polisi, istrinya. Seorang petugas (Polisi 1) sedang duduk di lantai sambil membakar. Terkadang kepalanya hampir bersandar ke meja. Diacak sambil cekikikan. Lenggut kembali tahu.
Untuk itu, dua petugas lainnya mengawal empat perempuan berseragam SMA, tiga laki-laki, satu perempuan. Keempat bocah laki-laki itu terlihat cum kokompodan, bangun takut merangkak. Wanita itu menangis sambil menangis.
Petugas sedang membakar sambil menatap yang baru datang. Tertegun berdiri sambil menarik celananya.
POLISI 1
(Sambil menyela) Apa ini?
POLISI 2
Normal, bentrok! (Menunjuk ke anak-anak) selalu mengeluh!
POLISI 1
Bertengkar lagi saja. Pusing saya saya mengelola bentrokan ba rudak ini. Bukan pagi bukan sore, berkelahi dan bertengkar. Selalu langsung berpikir, kamu ingin betapa maju bangsa kita, mental stay anak-anak ini worth it. Begitulah pemeran pemeran rujad negara tersebut. Bahwa di sekolah anak-anak bentrok, saya lakukan di atas (sambil menunjuk ke atas), petugas saling menginterupsi. Mani bukan contoh. Saya lihat di negara orang lain … (bukan sekelompok dijalankan oleh temannya)
POLISI 3
Benar, tapi aku punya pidato lain, Komandan Sekarang aku adalah anak laki-laki yang harus dicintai?
POLISI 1
(Sedikit tersentak) Wow kenapa bertaruh Anda bertanya pada diri sendiri? Bagaimana cara merawat anak-anak yang hanya bertengkar dan bertanya pada bos mereka? (Perhatikan anak-anak satu per satu) Apakah menurut Anda ini hanya empat? Pan biasanya yang selalu bentrok ada puluhan.
POLISI 2
Saya punya banyak, Ayah. Dihitung oleh saya di sana, saya pikir saya tiga puluh. Tapi hanya empat yang ditangkap. Yang lain berinvestasi!
POLISI 1
Berapa banyak dari tiga puluh itu hanya empat?
POLISI 3
Yang benar dilapangan kurang petugas, Pa. Penjaga di daerah itu hanya ada dua Soon wee, polisi berdua mengejar anak-anak yang ada dua puluh dan Sakieu akan beruntung masih lapar.
POLISI 1
Terus sentuh anak-anak. Ditanyakan satu per satu. Mulai dari yang terakhir
POLISI 1
Siapa namanya
OHIM
Oh …
POLISI 1
Ya, siapa namanya?
OHIM
Oh ..
POLISI 1
Sigh, mencari ancaman ini. Pernahkah kamu bertanya?
OHIM
Kakuping, Polisi Pa.
POLISI 1
Mengapa saya tidak menjawab? Siapa namamu?
OHIM
Oh ..
POLISI 1
(Grumpy) Astagfirullah! Mungkin bukan anak laki-laki kulit hitam!
Polisi 2 berpartisipasi dalam insiden tersebut. Lanjutkan berbaring sambil memegang baju keralt milik Ohim. Ohim mani mendengus bangun takut naker.
POLISI 2
Silaing montong membuat takut aparat. Apa yang sulit saya katakan?
Anak laki-laki yang berdiri di samping Ohim berlari.
DAMIRI
Nama Ohim, Pa Polisi. Di sekolah selalu disebut Oh.
POLISI 1
Oh ..Ohim. selain yang saya lakukan. Mengapa mereka mempertaruhkan pertarungan, ya? Ingin menyendiri, berani, atau ingin mencari sensasi?
OHIM
Saya tidak merasakan pertengkaran, Polisi Ayah.
POLISI 3
Alah ngangles, siah. Pan tertangkap banyak alias basah kuyup, saling berkelahi di jalan buntu!
OHIM
Saya akan menghancurkan bus, Tn. Polisi. Paket Ari tiba-tiba ada badai yang saling menyerang. Baiklah, aku akan mengikuti tindik telingamu. (Sambil menyeringai). Duh .. mani nyanyautan kieu
POLISI 1
Puas! Bongan siapa saja yang pakai tawuran!
OHIM
Ya, Polisi. Aku bersumpah aku tidak melawan. Aku bukan anak besar, di sekolah aku akan pergi tidur …
POLISI 1
Nah, jangan percaya. (menghela nafas ke Damiri) Sekali lagi, siapa namamu?
Damiri.
DAMIRI
POLISI 1
Pos? Yang itu merusak transportasi, ini untuk menghancurkan Damri. Berbagai alasan pembuatan air mani adalah.
DAMIRI
Bukan Damri, Pa Polisi. Da-mi-ri. Nama saya Damiri.
POLISI 1
Saya punya nama seperti bus kota. Boa-boa nama ayah dari mereka masing-masing Délman?
DAMIRI
Tidak, nama ayah saya adalah Eman!
POLISI 1
Itu … cukup dekat dengan saya dari Délman ke Eman saya.
POLISI 2
(Mairan) Nama ibu Boa-boa lagi Taksi?
DAMIRI
Tidak, nama ibuku adalah Erum …
POLISI 1
Sudah, sudah, bahkan lebih buruk. Damiri, kenapa mereka bertengkar?
DAMIRI
Saya tidak merasa seperti saya … Saya tidak akan menyeberang, da. Tiba-tiba saja terjadi keributan. Lalu punggung saya dipukul dengan bambu!
POLISI 1
Sudah diabaikan lagi saja. Nona Saya satu-satunya yang harus mengakui
DAMIRI
Ayah, aku tidak akan bertengkar, pergi ke sekolah untuk sementara waktu. Ayah Pun tidak harus bekerja. Pun biang hanyalah seorang pedagang surabi. Saya bahkan tidak punya uang untuk bertarung …
POLISI 3
Har, apakah ada perkelahian untuk menghabiskan uang sebanyak itu?
DAMIRI
Sayangnya, saya tidak pernah bertengkar.
(Dikutip dari Naskah Drama Sunda, Sundanese Theater Production Today, 2011).
- Apa tema drama di atas?
- Siapa pelakunya? Apa karakternya?
- Bagaimana situasinya 4. Mengapa Ohim dan Damiri ditangkap oleh Polisi? Keluarga Damiri adalah?
- Coba lihat, seperti apa sih karakter Cops dalam naskah drama di atas?
- Apa teknik interogasi yang dilakukan oleh Polisi?
- Di mana bentrokan terjadi? Jam berapa
- Apa alasan Damiri berpartisipasi dalam pertarungan?
- Apa pun yang ingin Anda sampaikan bersama makanan
- erdering ke pembaca di naskah drama diatas ini?
- Peck, rangkum naskah drama diatas dalam bentuk bahasa yang fasih!
.

