PAGUNEMAN SUNDA

CONTOH TEKS PAGUNEMAN SUNDA

CONTOH TEKS PAGUNEMAN SUNDA
CONTOH TEKS PAGUNEMAN SUNDA

CONTOH TEKS PAGUNEMAN SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar CONTOH TEKS PAGUNEMAN SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
CONTOH TEKS PAGUNEMAN SUNDA

MATERI ARTIKEL BASA SUNDA SMA KELAS 12

CONTOH TEKS PAGUNEMAN SUNDA

Pék regepkeun sing daria sarta titénan masing telik hal-hal nu kabandungan dina  wacana paguneman sapopoé di handap ieu, terus catetkeun hal-hal nu dianggap pentingna ! (Paguneman Rama, Kang Ahmad, sareng Alis anu masih kénéh reueus ngagunakeun basa sunda)

Rama:                          “Kang naha nya nagara urang téh ning nuju berkembang tapi perkembanganana seueur dampak anu teu saé?”…”
Alis:                            “Muhun kang, kitu ogé sareng budaya urang sundana. Diantawisna, karya seni tos jarang deui kakuping sapertos wayang golék tos langki dipagelarkeun dina hajatan, malihan mah tos seueur anak, incu, buyut urang sunda anu teu tiasa sareng alim nyarios ku basa sunda.”
Kang Ahmad: “Éta téh éfék tina urbanisasi, seueur kota-kota ageung di tatar sunda anu jadi targét urbanisasi, saperti Bandung, Bogor, Bekasi, Karawang.”
Rama:  “Naha kumaha tiasa kitu, Kang?”
Kang Ahmad:            “Kapan tatar sunda téh caket sareng ibu kota nagara nyaéta Jakarta, seueur éfék sapertos pangwangunan ogé janten énggal pisan, tapi seuseueurna para imigran ti daérah anu sanés seueur atanapi sakedikna ngakibatkeun degradasi budaya sunda.”
Alis:     “Naon hubunganana degradasi budaya sareng anu ngagunakeun basa sunda, Kang?”
Kang Ahmad: “Kapan salah sahiji unsur tina budaya téh nyaéta         basa. Basa sunda  jeung budaya sunda mangrupa hiji hal anu raket  pisan hubunganana teu bisa dipisahkeun.”
Rama:  “Upami ku urang dibandungan dina kahirupan            sadidinten,      katingalna para rumaja ayeuna seueur anu kirang          wanoh kana basa sunda téh.”
Kang Ahmad: “Henteu sadayana rumaja Jawa Barat ngabogaan         sikep saperti kitu, tapi hal ieu kudu jadi                         kaprihatinan urang saréréa, sabab saha deui anu          bakal miara basa sunda téh iwal ti urang sadayana,                kacida teungteuingeunana lamun urang sunda teu         wawuh kana basana sorangan mah.”
Alis:     “Naon margina kang, rumaja ayeuna kirang reueus       kana basa sunda?”
Kang Ahmad:“Lamun dipaluruh salah sahiji sababna nya éta             ayana anggapan yén basa sunda téh hésé diulik, hésé dilarapkeun dina kahirupan sapopoé, teu demokratis, kuno, teu ngindung ka waktu teu              ngabapa ka jaman cenah.”
Rama:  “Padahal mah nya, jaman ayeuna geus disebut éra       globalisasi jeung éra informasi, babari pikeun urang               neuleuman basa sunda téh, réa sumber boh tina tip,       radio, buku, majalah atawa koran.”
Kang Ahmad: “Da kumaha atuh ieu mah mun lalajo tipi nu                            dilalajoan téh saukur film luar negeri jeung acara         musik wungkul. Sinetron basa sunda, wayang, hiburan tradisional sunda jeung acara nu maké basa sunda mah jigana tara ditilik-tilik acan. Lain ulah nyaho kana budaya deungeun,   tapi budaya sorangan ditampolérkeun.”
Alis:     “Kacida deudeuhna lamun jaga anak incu urang           basa sundana déét pisan,  kabeungharan kecapna bisa diitung ku ramo, komo   kamampuh ngarang dina basa sunda jeung ngaaprésiasikeun sastra sunda.”
Rama:  “Deudeuh teuing ki sunda. Kuring umajak, ngamumulé basa lain tanggung jawab pamaréntah wungkul, lain tanggung jawab  sastrawan jeung budayawan sunda wungkul, tapi tanggung jawab urang saréréa, para rumaja.”
Kang Ahmad: “Basa sunda téh milik urang, milik urang sunda,            milik nagara sunda téh  Indonesia, maju mundurna basa sunda, mekar henteuna basa sunda gumantung ka urang, para  rumaja.”
Alis:     “Kumaha carana kang, ngamumulé basa sunda              téh?”
Kang Ahmad:“Cara ngamumulé mah nya éta Maké basa sunda dina sapopoéNgaleungitkeun rasa gengsi pikeun ngagunakeun basa sunda Ngajarkeun ka barudak di sakitar urang nyarita ku basa sunda Lingkungan nu kudu ngadukung basa sundaKudu boga rasa ka éra yén urang téh urang sunda Tah kudu kitu sigana mah urang téh.”  
Rama: “Muhun nya kang, pami urang nyaah ka ki sunda,”
Alis:     “Bingah ayeuna mah abi téh teu sorangan geuning      nyaah ka ki sunda téh.”

(Prasada Basa Pikeun Murid SMP/MTS Kelas VII, Penerbit Langen Sari, Medal Taun 2014, Kaca 10-12)

LATIHAN SOAL

  1. Nyaritakeun naon paguneman di luhur?
  2. Saha waé anu gunem catur dina éta paguneman téh?
  3. Naon sababna rumaja ayeuna kurang reueus kana basa Sunda?
  4. Kumaha carana urang bisa neuleuman basa Sunda?
  5. Aya 5 (lima) cara pikeun ngamumulé basa Sunda nurutkeun paguneman diluhur, sebutkeun naon waé!
  6. Sanggeus maca paguneman di luhur, cik ku hidep sebutkeun naon baé anu kudu diperhatikeun dina maca paguneman téh!
  7. Pek jieun paguneman jeung batur sabangku terus ragakeun dihareupeun kelas kalawan merenah!

Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai CONTOH TEKS PAGUNEMAN SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI PAGUNEMAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-paguneman-sunda-materi-pembelajaran/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH PAGUNEMAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/paguneman-sunda/


LINK 50+ KUMPULAN SOAL PAGUNEMAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/

Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE

Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGÉ DIAJAR BASA SUNDA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA
MODUL PANGAJARAN BASA SUNDA
MODUL PPG BASA SUNDA



GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

PERCAKAPAN SUNDA
A. DEFINISI PERCAKAPAN

Percakapan merupakan kegiatan berbicara dua arah yang dilakukan oleh lebih dari satu orang untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, keinginannya sesuai dengan tujuan yang diceritakan. Dalam membaca percakapan ini kita harus daria, karena sangat penting agar maksud dan tujuan keinginan kita dapat dipahami oleh pembicara

Unsur-unsur percakapan:
1 Ada pembicara
2 lawan berbicara
3 Ada subjek

Aturan yang harus diperhatikan dalam menyampaikan percakapan:
1 Ingat tujuan yang dimaksudkan
2 Bersabarlah di depan pembicara
3 Hormati setiap pendapat yang diungkapkan oleh orang lain
4 Jujurlah, baik hati, jangan malu-malu (beri kesempatan pada orang lain untuk berbicara)

Berbagai percakapan:
1 Monolog adalah percakapan yang dibawakan oleh seorang aktor
2 Dialog adalah percakapan yang disampaikan oleh lebih dari satu aktor.
3 Prolog adalah percakapan yang disampaikan pada pendahuluan. 4 Epilog adalah percakapan yang disampaikan di akhir cerita.

Dalam praktek membaca percakapan perlu memperhatikan beberapa hal yaitu:
1. Bacalah dulu dalam hati yang hampir menggelitik isi percakapan
2. Perhatikan tanda baca dalam teks percakapan.
3. Membaca dengan menggunakan lenthong yang sesuai sesuai dengan tanda baca yang ada.

CONTOH TEKS PAGUNEMAN SUNDA

Pastikan Anda melacak mil yang Anda miliki dan jika dan kapan mereka kedaluwarsa. (Percakapan Rama, Kang Ahmad, dan Alis yang Masih Bangga Pakai Bahasa Sunda)

Ayah: “Mengapa negara kita berkembang tetapi perkembangannya memiliki banyak efek negatif?”… “
Alis: “Yah, begitu juga dengan budaya kita. Sedangkan karya seni sudah jarang terdengar seperti wayang sudah jarang dipertunjukkan dalam hajatan, apalagi saya punya banyak anak, cucu, cicit yang tidak bisa dan saleh berbicara bahasanya. “
Kang Ahmad: “Itu akibat urbanisasi, banyak kota besar di Tatarstan yang jadi sasaran urbanisasi, seperti Bandung, Bogor, Bekasi, Karawang.”
Ayah: “Bagaimana bisa, Kang?”
Kang Ahmad: “Ketika Tatar Sunda dekat dengan ibu kota negara adalah Jakarta, banyak efek seperti pembangunan juga menjadi sangat baru, tetapi kebanyakan pendatang dari daerah lain atau kurang lebih menyebabkan degradasi budaya sunda.”
Alis: “Apa hubungan degradasi budaya dan mereka yang menggunakan bahasa Sunda, Kang?”
Kang Ahmad: “Ketika salah satu elemen budaya adalah bahasa. Bahasa cinta dan budaya cinta adalah sesuatu yang sangat tidak terpisahkan. ”
Ayah: “Jika kita tersedot ke dalam kehidupan sehari-hari, sepertinya banyak remaja saat ini yang kurang paham dengan bahasa cinta.”
Kang Ahmad: “Tidak semua remaja Jawa Barat bersikap seperti itu, tapi ini harus menjadi perhatian semua orang, karena siapa pun yang akan mengurusi bahasa R itu kecuali kita semua, apalagi jika kita R tidak paham dengan bahasa saya sendiri.”
Alis: “Apa gunanya, remaja sekarang kurang bangga dengan bahasa mereka?”
Kang Ahmad: “Kalau dicari salah satu penyebabnya adalah adanya anggapan bahwa bahasa cinta sulit dipelajari, sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak demokratis, kuno, tidak dipahami zaman dan tidak sesuai zaman katanya.”
Ayah: “Meskipun demikian, sekarang ini yang disebut dengan globalisasi dan malu informasi, apalagi untuk kita belajar bahasanya, banyak sumber baik dari tips, radio, buku, majalah atau koran.”
Kang Ahmad: “Dari apa yang saya lakukan saya menonton televisi yang saya tonton hanyalah film asing dan pertunjukan musik saja. Sinetron, film, hiburan tradisional Sunda, dan acara-acara yang menggunakan bahasa Sunda mungkin masih dalam sorotan. Orang lain tidak tahu tentang budaya asing, tetapi budaya mereka sendiri adalah model. “
Alis: “Sangat dekat jika mengasuh cucu kita dalam bahasa sunda dengan sangat hati-hati, kekayaan kata-katanya bisa dihitung dengan jari, bahkan kemampuan menggubah bahasa sunda dan menghargai sastra sunda.”
Ayah: “Ada terlalu banyak cinta. Menurut saya, mengembangkan bahasa bukan tanggung jawab pemerintah saja, bukan tanggung jawab sastrawan dan budayawan Sunda saja, melainkan tanggung jawab semua orang, para remaja. ”
Kang Ahmad: “Bahasa Sunda milik kita, orang sunda milik kita, negeri sunda milik Indonesia, bahasa sunda bergerak mundur, ketiadaan bahasa sunda tergantung kita, para remaja.”
Alis: “Bagaimana, bahasa cinta itu?”
Kang Ahmad: “Cara penyembuhan saya adalah itu

  1. Gunakan bahasa R setiap hari
  2. Hilangkan rasa gengsi dengan menggunakan bahasa cinta
  3. Ajari anak-anak di sekitar kita untuk berbicara bahasa cinta
  4. Lingkungan harus mendukung bahasa cinta
  5. Harus memiliki rasa malu bahwa kita adalah peternak
    Jadi saya pikir begitu. “

Ayah: “Baiklah, jika kita pergi ke RFA,”
Alis: “Senang sekarang abi saya bukan diri saya sendiri tapi pergi ke ki R adalah.”

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!