KAULINAN BARUDAK SUNDA

CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA

CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA
CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA

CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang disuguhkan dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA yang kurang dipahami, Kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah, nantinya akan admin jawab satu persatu.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA

CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA
[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=SJccDxrhIPk[/embedyt]
CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA

CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA

ORAY-ORAYAN

Oray-orayan luar-leor mapay sawah
Entong ka sawah, parena keur sedeng beukah
Oray-orayan luar-leor mapay kebon
Entong ka kebon, loba barudak keur ngangon
Oray-orayan luar-leor mapay leuwi
Mending ge teuleum, di leuwi loba nu mandi
Saha nu mandi?
Anu mandi di pandeuri.
ri……………….ri…………ri………….ri……….

( Dicutat tina buku “ BINTJARUNG no 157, kénging Mang Koko sareng M.O Koesman taun 1959,kaca 23 – 25 )

Dina ngawihkeun éta kaulinan,barudak dijadikeun tilu jajar,sajajarna sapuluh urang. Unggal jajaran nangtungna nguntuy katukang, ti mimiti pangjangkungna nu jadi huluna, tepi ka nu pangpendékna nu jadi buntutna, bari pacekel-cekel cangkéng. Unggal jajaran kudu bisa maju luar léor nurutan oray,tapi antayan teu meunang pegat.

Mimitina unggal jajaran luar – léor bari ngawih bareng, tutas ngawih unggal hulu nyoba macok buntut oray nu séjénna, bari disada “ kok…kok…kok…kok “,lamun aya budak ( Buntut ) nu katéwak ku hulu, éta budak dikaluarkeun. Kitu baé saterusna, tepi ka engkéna aya jajaran nu angger panjangna,ogé aya jajaran nu jadi mondokan. Nu angger panjangna éta nu meunang.

Dina waktu ngawih, hulu teu meunang waka macok buntut, lilana waktu pikeun macok buntut dikira-kira waé ku hidep,upamana waé satengah menit “ Kok-kokan “, ti dinya terus ngarawih deui.

Hadéna mah dibéré tangara ( Sora surilit ) dina waktu prung jeung nutup kawih.

Ieu kaulinan dijalankeunana  di jero kalang tina kapur, gedéna kalang gumantung lobana jumlah budak jeung jajaran. Jajaran cukup tilu ogé, ngan budak nu jadi oray bisa leuwih ti sapuluh urang.

Oray-orayan teu meunang kaluar tina kalang. Upama di jero luar – léor, hég aya budak nu dihaja kaluar tina kalang, manéhna dianggap “ Kapacok “, ku kituna manéhna dikaluarkeun ti jero kalang. Kalangna ulah leutik teuing, tepi ka jajaran pasesedek.

TOKECANG

Tokécang-tokécang,
Moncor ka handapeun palang,
Nangtungna patukang-tukang,
Tokécang-tokécang
Teu meunang pakenyang-kenyang.
Tokécang-tokécang.
Ayeuna moncorna nukang,
Balik ka tempatna tadi,
Taliti-tarapti,
Sing pahareup-hareup deui

CARA  NGARAGAKEUNANA           :

Barudak dijadikeun sababaraha gundukan. Sagundukna opatan-opatan, leungeunna pacekel-cekel, sarta nyanghareupna ka jero. Jadi barudak nangtungna téh nguriling tur pahareup-hareup. Bari ngawih leungeunna diayun-ayun lalaunan nurutkeun wirahma lagu.

Palebah nutupkeun pada ka hiji, duaan moncor ka handapeun nu duaan deui, budak nu diponcoran muterkeun bandanna, nepi ka engké maranéhna nangtungna patukang-tukang. Leungeun tetep pacekel-cekel, teu meunang lésot.

Dina pada kadua barudak nangtungna masih kénéh tetep patukang-tukang. Dina nutup kawih pada kadua, anu tadi moncor ayeuna kudu moncor deui ngolongan leungeun baturna. Moncorna mundur, budak nu duaan deui kawas tadi muterkeun bandanna, nepi ka engkéna barudak téh nangtungna pahareup-hareup deui.

Kitu baé saterusna nepi ka sababaraha kali anu moncorna kudu piligenti. Gundukan budak henteu kudu diwangun ku opatan baé,gumantung kana kaayaan.


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai KAULINAN BARUDAK SUNDA lainnya seperti di bawah ini:

LINK MATERI & CONTO KAULINAN BARUDAK
https://bahasasunda.id/contoh-kaulinan-barudak-bahasa-sunda/


LINK MATERI & CONTO KAULINAN BARUDAK

https://bahasasunda.id/kaulinan-barudak/

jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.
Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
MODUL SMATER BASA SUNDA
BUKU PRASADA BASA

BERGABUNG DALAM GROUP BELAJAR BAHASA SUNDA
GROUP WHATSAPP
GROUP TELEGRAM
GROUP LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE


GOOGLE TRANSLATE
CONTOH KAULINAN BARUDAK BAHASA SUNDA

Toray-orayan
Oray-orayan luar-leor pamay sawah
Jangan pergi ke lapangan, parena untuk medium beukah
Oray-orayan di luar leor pamay garden
Jangan ke taman, banyak anak yang tidur
Ular yang menyimpang sudah berakhir
Mending ge dive, di lebih banyak pemandian
Siapa yang mandi?
Mandi di belakang.
………………. ………… ri ri ri ri .. …………. ……..

(Dikutip dari buku “BINTJARUNG no 157, untuk Mang Koko dan M.O Koesman tahun 1959, halaman 23 – 25)

Dalam menyajikan permainan, anak-anak terdiri dari tiga baris, berturut-turut sepuluh orang. Setiap baris vertikal mengikuti masa lalu, dari awal ketinggian ke kepala, ke yang terpendek ke ekor, sambil berpegangan erat. Setiap baris harus bisa maju melampaui ular, tetapi penantian tidak rusak.

Pertama, setiap baris terluar – iming-iming sambil menjilati, tutas menjilati kepala masing-masing mencoba mencocokkan ekor ular lainnya, sambil membunyikan “mengapa… mengapa… mengapa… mengapa”, jika ada anak laki-laki (Ekor) yang tertangkap di kepala, anak laki-laki tersebut disingkirkan. Jadi lain kali, sampai nanti ada baris yang dipatok panjangnya, ada juga baris yang bersarang. Regulasi panjang adalah pemenangnya.

Pada saat memberi, kepala tidak mendapatkan buntut waka matok, lamanya waktu sampai ekor matok diperkirakan hanya dengan hidep, misalnya hanya setengah menit “kok-kokan”, dari situ terus menjangkau lagi.

Sebaiknya dibunyikan tangara (bunyi Surilit) pada saat prung dan tutup kawih.

Permainan ini dijalankan di dalam ring kapur, besar kecilnya ring tergantung dari jumlah anak laki-laki dan pangkatnya. Pangkatnya cukup tiga juga, hanya anak laki-laki yang menjadi ular bisa lebih dari sepuluh orang.

Harimau tidak keluar dari ring. Kalau di dalam luar – léor, heg ada anak laki-laki yang sengaja keluar dari ring, dia dianggap “Kapacok”, jadi dia dikeluarkan dari dalam ring. Mereka tidak boleh terlalu kecil, di pinggir baris pasesedek.
Tokecang
Tokecang-Tokecang,
Moncor ke bagian bawah bilah,
Mundur,
Tokecang-Tokecang
Jangan salah paham.
Tokecang-Tokecang.
Sekarang moncorna kembali,
Kembali ke tempat semula,
Hati-hati-tarapti,
Itu masa depan lagi

CARA PENGGUNAAN:

Anak-anak membuat beberapa gundukan. Mereka berempat membungkuk, tangan mereka digenggam, dan wajah mereka ke dalam. Jadi anak-anak yang berdiri berputar-putar dan maju. Sambil memegang ayunan tangan pelan-pelan sesuai irama lagu.

Lebah-lebah itu mendekat ke satu, dua moncong ke bawah dua lagi, bocah itu merebut untuk memainkan bandana, sampai kemudian mereka berdiri di belakang. Tangan tetap tergenggam, tidak kendur.

Di detik itu anak-anak yang berdiri masih tertinggal. Di penghujung detik ke detik, moncor yang dulu punya sekarang harus moncor lagi memegang tangan temannya. Moncorna mundur, kedua bocah itu kembali seperti semula bermain bandana, hingga nanti anak-anak itu berdiri bersebelahan lagi.

Jadi orang berikutnya hingga beberapa kali moncorna haruslah piligenti. Gundukan anak laki-laki tidak harus terdiri dari empat orang, tergantung situasinya.


error: Content is protected !!