CONTOH RESENSI BUKU SUNDA
CONTOH RESENSI BUKU SUNDA
Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.
Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale
Jika ada pertanyaan seputar CONTOH RESENSI BUKU SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.
Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar CONTOH RESENSI BUKU SUNDA.
CONTOH RESENSI BUKU SUNDA
Misteri Bacaan Barudak
Misteri Haur Geulis (MHG) museur kana lalampahan pakanci Diran saparakanca nu diaping ku guruna. Basa ngadéngé béja aya budak anu leungit (Si Umar). Diran anu kapangaruhan ku buku Misteri Anak Hilang téh boga maksud pikeun nyusud budak nu leungit téa. Cenah mah sasab ka Leuweung Tutupan.
Horéng Si Umar mah henteu kalangsu, tapi ngilu ka lanceuk téréna(Si Supri) ka Citepus. Niatna mah rék ulin, tapi kalah ka kamalinaan. Si Umar kapang gih, tapi barudak nu tilu (Diran, Emod, jeung Rina) laleungit. Nu nyampak téh ukur surat ti Rina. Eusina nitah sangkan nu ditinggalkeun ulah deudeupeun.
Budak nu tiluan téa, inditna téh subuh kénéh, méméh batur harudang. Nu dijug jugna Leuweung Tutupan. Barudak méng kol ka kénca, lain lempeng ka kulonkeun sakumaha pituduh Aki Minta. Puguh baé kalangsu ka lembur séjén. Capé laleum pang, nyimpang heula ka warung. Kasam pak aya budak duaan keur jarajan. Cék tukang warung mah éta barudak gé urang Haur Geulis. Si Diran mah ngaléos da ka béngbat ku pintonan ronggéng. Sabot Si Diran euweuh, Rina wakca yén manéhna mah ngilu téh duméh rék ngabolaykeun rarancang Diran, ku cara ngaléjokeun jalan sorangeun, sarta rék akon-akon gering ngarah bisa balik deui.
Sabréhan mah ti MHG téh asa ngaharib-harib atawa memper mémper kana buku Guha Karang Legok Pari (GLKP)beunang Hidayat Soesanto nu kungsi dilélér Hadiah Samsoedi taun 1994. Bisa nyebutkeun kitu téh duméh duanana, boh MHG atawa GLKP pada-pada museur dina jejer carita téma mistéri, sarta tokohna sarua budak badeur dina MHG mah Diran, ari dina GKLP mah Ogi. Sarua deuih tokohna kapangaruhan ku buku anu dibacana. Diran kapangaruhan ku buku Misteri Anak Hilang, ari Ogi ku Trio Detektif Cilik.
Papadaning kitu, bawirasa MHG mah lain épigon Gelarna hiji karya sastra téh éstu teu datang torojogan, datang ti alam kasuwungan. Karya sastra dicipta dumasar kana konvensi sastra nu geus nyampak. Cindekna teks sastra téh kudu dibaca kalawan kasang tukang téks-téks nu séjén. Taya hiji gé karya nu bener-bener orsinil, sabab angger aya pakaitna jerung karya-karya saméméhna. Ahlhasil, GKLP mah bisa dianggap minangka mun ceuk Riffaterre mah hipogramna MHG.
Dina enas-enasna, MHG paling copélna gé diwangun ku opat unsur tradisi nu geus nyampak dina tradisi carita budak Sunda. Kahiji, tokoh anu diasongkeun ku Dadan anu miboga sipat badeur atawa bangor téh saenyana geus kapanggih dina carita-carita budak Samsoedi (Carita Si Dirun, Budak Minggat Babalik Pikir), Ahmad Bakri (Kabandang ku Kuda Lumping) atawa Yus Rusyana (Si Donca). Malah beh dieu mah sok dijadikeun serial dina majalah Mangle, cara Dén Angar karangan Langlang Jomantara dina rohangan Mangle Alit, atawa Si Bedegong karangan Aan Merdeka Permana dina koran Galura.
Kadua, jejer misteri saenyana geus nyampak dina karangan Marga sulaksana (Dianth Pati), Nanie Sudarma (Rasial Geulang Rantay), Samsu (Laleur Bodas), atawa karangan-karangan Ahmad Bakri (Mayit dina Dahan Jengkol, Rajapati di Pananjung jeung Bedog Si Rajapati). Ari nu maké kasang tukang kahirupan budak mah nyampak dina karangan Ki Umbara (Si Bedog Panjang) Katilu, carita-carita anu aya pakuat-pakaitna jeung lalampahan (pakanci) geus kapanggih dina karangan karangan Rd. Ardiwinata (Carios Raden Ustama) atawa Moh. Ambri (Numbuk di Sue).
Bawirasa, gelarna MHG beunang Dadan Sutisna téh geus bisa ma geuhan tradisi carita barudak Sunda nu geus nyampak ti baheula mula bari diadumanuskeun jeung karancagé nu diwangun ku nu ngarangna.
(Dicutat tina majalah Cupumanik No. 8/2004, karangan Atép Kurnia)
Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai CONTOH RESENSI BUKU SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 1
https://bahasasunda.id/materi-resensi-basa-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 2
https://bahasasunda.id/contoh-resensi-bahasa-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 3
https://bahasasunda.id/materi-resensi-bahasa-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 4
https://bahasasunda.id/contoh-resensi-sunda-kelas-xii/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 5
https://bahasasunda.id/resensi-novel-pangeran-kornel-bahasa-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 6
https://bahasasunda.id/contoh-resensi-musik-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 7
https://bahasasunda.id/contoh-resensi-pertunjukan-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 8
https://bahasasunda.id/contoh-resensi-sunda-singkat/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 9
https://bahasasunda.id/resensi-film-soekarno-bahasa-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 10
https://bahasasunda.id/resensi-buku-nelenengkung-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 11
https://bahasasunda.id/resensi-novel-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 12
https://bahasasunda.id/contoh-resensi-buku-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 13
https://bahasasunda.id/contoh-resensi-buku-bahasa-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 14
https://bahasasunda.id/contoh-resensi-drama-sunda/
LINK MATERI & CONTOH RESENSI SUNDA 15
https://bahasasunda.id/contoh-resensi-film-sunda/
Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.
Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE
Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih.

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
MODUL SMATER BASA SUNDA
BUKU PRASADA BASA
GOOGLE TRANSLATE
Perhatian!, materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.
A. MATERI RESENSI
Istilah tinjauan berasal dari resentie Belanda, diserap dari resecio Latin, recencere, dan revidere, yang berarti menyampaikan (menceritakan) lagi. Dengan kata lain, ulasan yang disebut adalah untuk mengevaluasi atau mengevaluasi sebuah karya, seperti buku, film atau drama dan musik pertunjukan (konser). Tujuan dari tinjauan ini adalah untuk mengadopsi kegiatan mengevaluasi atau menilai suatu karya atau pertunjukan seni yang bertujuan untuk memberikan informasi dan mencerminkan kelebihan dan kekurangan bagi pembaca atau penonton
B. STRUKTUR RESENSI
Dilihat dari bentuknya, biasanya review memiliki empat struktur:
IDENTITAS KERJAIdentitas karya biasanya menentukan identitas utama suatu karya. Dalam ulasan film adalah judul film, sutradara, produser, tahun rilis, aktor / aktris, dll.
RINGKASAN CERITA
Dalam ulasan buku ini, konten bgin menggali ringkasan dari isi buku. Biasanya diuraikan dalam setiap bab. Tujuan bagian ini adalah untuk menganalisis konten suatu karya.
LIHAT KONTEN
Peninjau harus mencerminkan keunggulan atau keunggulan dan kerugian atau kerugian dari konten pekerjaan yang ditinjau.
penutup
Bagian dari konten saya ini adalah kesimpulan dari isi ulasan. Saya biasanya juga mengungkapkan harapan mereka yang menulis ulasan tentang pekerjaan yang mereka tinjau.
CONTOH RESENSI BUKU SUNDA
Misteri Membaca Anak
Mystery Haur Geulis (MHG) berfokus pada perjalanan paman Diran Saparakanca yang ditemani gurunya. Ketika mendengar kabar tersebut ternyata ada seorang anak laki-laki yang hilang (Si Umar). Diran yang terpengaruh oleh buku Mystery of the Lost Child dimaksudkan untuk mengusir bocah yang hilang itu. Dia bilang aku terikat ke Cover Forest.
Bukan, Si Umar tidak capek, tapi syukur kepada adiknya (Si Supri) untuk Citepus. Saya sangat ingin bermain, tapi kalah dengan kepolosan. Umar dibentuk, tetapi ketiga anaknya (Diran, Emod, dan Rina) menghilang. Satu-satunya pengecualian adalah surat dari Rina. Jangan bilang agar yang kiri tidak menghadap.
Anak ketiga, perjalanannya masih subuh, sebelum seseorang bangun. Tutupan Hutan Jug Jugna. Anak-anak membelokkan kubis ke kiri, tidak lurus ke barat seperti pemandu Aki Minta. Orang malas bergegas ke lembur lain. Bosan paling banyak tenggelam, menyimpang dulu ke toko. Kasam pak ada dua anak laki-laki untuk kelulusan. Penjaga toko saya memeriksa bahwa anak-anak akan menjadi Haur Beautiful. Si Diran mah ngaléos da ka bêbat oleh ku ronggeng view Ketika Si Diran pergi, Rina mengatakan bahwa dia kesakitan sebelum Anda ingin membatalkan rencana Diran, dengan mempercepat jalan Anda sendiri, dan Anda ingin sakit sehingga Anda dapat kembali.
Kebanyakan saya dari MHG merasa bingung atau mirip dengan buku Guha Karang Legok Pari (GLKP) milik Hidayat Soesanto yang dianugerahi Samsoedi Prize pada tahun 1994. Boleh dibilang sebelumnya keduanya baik MHG maupun GLKP fokus pada topik ceritanya Tema misteri, dan karakter bocah badeur yang sama di MHG Diran saya, tetap ada di GKLP Ogi saya. Hal yang sama berlaku untuk karakter yang terpengaruh oleh buku yang sedang dibaca. Diran dipengaruhi oleh buku Mystery of the Lost Child, ari Ogi oleh Trio Detective Cilik.
Demikian pernyataan MHG saya bukan epigon Derajat sebuah karya sastra benar-benar tidak datang torojogan, datang dari ranah kemakmuran. Karya sastra dibuat berdasarkan konvensi sastra yang ada. Pastikan teks sastra dibaca dengan latar belakang teks lainnya. Tidak akan ada yang benar-benar orisinal, selama ada asosiasi hiu dari karya-karya sebelumnya. Hasilnya, GKLP saya dapat dianggap seolah-olah Riffaterre mengucapkan hipogram MHG saya.
Di tengah panasnya, MHG setidaknya akan terdiri dari empat elemen tradisi yang pernah muncul dalam cerita tradisi R&B. Pertama, sosok yang dilamar Dadan yang bersifat badeur atau nakal sudah ditemukan dalam cerita bocah Samsoedi (Kisah Si Dirun, Budak Minggat Babalik Pikir), Ahmad Bakri (Kabandang oleh Kuda Lumping) atau Yus Rusyana (Si Donca). Bahkan di sini saya selalu membuat serial di majalah Mangle, karangan cara Dén Angar Langlang Jomantara di ruang Mangle Alit, atau karangan Si Bedegong Aan Merdeka Permana di koran Galura.
Kedua, topik misterius muncul dalam karya Marga Sulaksana (Dianth Pati), Nanie Sudarma (Rasial Geulang Rantay), Samsu (Lalat Putih), atau karya Ahmad Bakri (Mayat di Dahan Jengkol, Pembunuhan di Pananjung dan Bedog Si Rajapati) , Hari dimana saya menggunakan latar belakang kehidupan masa kecil saya muncul di karangan Ki Umbara (Si
Bedog Panjang) Ketiga, cerita yang sangat berkaitan dengan perjalanan (pakanci) ditemukan dalam karangan Rd. Ardiwinata (Carios Raden Ustama) atau Moh. Ambri (Numbuk di Sue).
Bawirasa, gelar MHG persembahan Dadan Sutisna sudah mampu mengikuti tradisi cerita anak-anak R&B yang sudah ada sejak jaman dahulu saat berbagi dengan karancagé binaan pejuang.
(Dikutip dari majalah Cupumanik No. 8/2004, oleh Atep Kurnia)