BIANTARA SUNDA

CONTOH BIANTARA SUNDA SINGKAT

CONTOH BIANTARA SUNDA SINGKAT

Assalamualaikum wr wb
Siswa-siswi yang Bapak banggakan, terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi rangkuman materi pelajaran bahasa Sunda untuk keperluan pembelajaran daring di Sekolah kita. Dikemas dalam bentuk media audio-visual, agar memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, serta memberikan pengalaman belajar yang baru di abad 21.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id mempunyai Youtube Channel, berisi video-video dokumentasi, hasil karya siswa-siswi di sekolah kita, dan video edukasi pembelajaran bahasa Sunda yang akan Bapak sampaikan setiap pertemuan di kelas. Supaya tidak ketinggalan kalian bisa kunjungi Youtube Channel dengan cara klik link di bawah ini. www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale


Jika ada pertanyaan seputar CONTOH BIANTARA SUNDA SINGKAT yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi di kolom komentar atau bisa menghubungi Bapak melalui Whatsapp.

Semoga dengan adanya blog ini bisa membantu pembelajaran daring di sekolah kita supaya lebih efektif dan memberikan banyak manfaat bagi kalian semua.
Selamat belaja
r
CONTOH BIANTARA SUNDA SINGKAT.

CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)
CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)
CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)
CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)
CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)

CONTOH BIANTARA SUNDA SINGKAT

MIELING TEPUNG TAUN KAMERDEKAAN INDONESIA

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabaarokaatuh.

Bapa Pembina OSIS anu ku sim kuring dipihormat,

Bapa/Ibu Guru anu ku sim kuring dipihormat,

Saderek sadaya réngréngan pangurus OSIS anu ku sim kuring dipikacinta.


Langkung ti payun mangga urang sasarengan ngedalkeun puji sukur ka Allah Swt. réhna urang tiasa riung mungpulung di ieu tempat kalayan séhat wal’afiat. Solawat sinareng salam, mugi ngocor salalamina ka jungjunan urang sadaya, Nabi Muhammad saw.

Hadirin anu sami linggih,
Salajengna sim kuring seja ngahaturkeun réwu nuhun laksa keti kabingahan ku kasumpingan sadérék sadaya kana rapat OSIS dinten ieu. Peryogi kauninga ku sadayana, pangna urang ngariung téh nyaéta badé ngabadantenkeun perkawis rarancang kagiatan dina raraga miéling tepung taun kemerdékaan Indonésia. Sok sanaos ari kana derna acara puncak mah masih kénéh lami, nanging ari tatahar mah kedah ti ayeuna kénéh.

Hadirin anu sami linggih.
Acara miéling tepung taun kamerdékaan nagara urang téh saleresna parantos janten agénda rutin di sakola urang. Unggal taun tangtos baé diayakeun rupi-rupi kagiatan kanggo ngareuah-reuah atanapi ngaramékeunana. Sapertos taun pengker, urang ngayakeun balap karung, balap bakiak, neda kurupuk, ngagebug cai, nyandak kaléci dina séndok nu digégél, dugi ka olahraga nu kalebet daria sapertos putsal sareng maén poli ogé diayakeun. Sanaos teu dipaparin hadiah ogé geuning pamilon atanapi peserta mah sakitu seueurna. Méh waé teu kalombakeun sadayana, da kasengker ku waktos téa.

Ku kituna, dina ieu kempelan hayu urang badantenkeun sing asak, kagiatan naon baé nu bakal dilaksanakeun dina miéling kamerdékaan taun ieu. Naha badé olagraga wungkul atanapi ditambihan ku kasenian ongkoh. Upamina, dina olahraga, méh resep kumaha upami guru-guru diajak ngiring janten pamilon, diabenkeun sareng siswa. Jigana bakal nambihan ramé. Atuh bilih badé aya kasenian, tiasa waé dina panungtungna dipungkas ku jaipongan, dance, atanapi karaoké lagu Sunda. Panginten bakal resep, saparantosna capé ngiringan lomba, dihibur ku kasenian.

Tapi éta mah sakadar ideu, panginten nu pastina mah kin urang badantenkeun langkung paos, méh sadayana sapuk sarta mupakat.

Hadirin anu sami linggih.

Rupina cekap sakieu baé pamapag ti sim kuring, hapunten bilih aya basa nu kirang merenah kadanguna. Billahi taufik walhidayah, wasalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakattuh.

(MODUL PANGAJARAN BASA SUNDA)

LATIHAN SOAL

  1. Sebutkeun babagianna, méh jéntré alusna mah maké tabél:
    a. Salam bubukana
    b. Pangbagéa (kata sapaan)
    c. Alinéa bubuka
    d. Alinéa eusi
    e. Alinéa panutup
    f. Salam panutup
  2. Caritakeun deui eusi biantara di luhur maké basa hidep sorangan!
  3. Téangan rakitan basa anu jadi mamanis basa jeung ngandung purwakanti!
  4. Téangan conto naskah biantara séjénna, naha dina buku atawa dina internét, tuluy wincik jiga di luhur!

SUMBER & REFERENSI

Dirangkum dari beberapa modul & buku:

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2019. Modul Pangajaran Kaparigelan Basa Sunda Lisan. Bandung : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2015. Pamekar Diajar Basa Sunda: pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas XI. Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Tentu saja blog ini masih jauh dari kata sempurna, masih banyak kesalahan dan kekurangan, maka dari itu jika diantara kalian mempunyai kritik dan saran yang ingin disampaikan, dipersilahkan untuk mengisi kolom komentar atau menghubungi Bapak. Kedepannya blog ini akan dievaluasi secara berkala sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi kalian semua siswa-siswi yang bapak sayangi.

Jika ada karya dari penulis yang dimuat di blog ini, dan tidak berkenan untuk dipakai sebagai bahan ajar, silahkan bisa menghubungi Bapak untuk kemudian melakukan tindakan yang diperlukan, jika ada indikasi pelanggaran konten, anatara lain bapak akan melakukan tindakan dengan cara menghapus konten tersebut.

Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai CONTOH BIANTARA SUNDA SINGKAT lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI BIANTARA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-biantara-sunda/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH BIANTARA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/biantara/

LINK 50+ KUMPULAN SOAL BIANTARA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM

FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE

TIKTOK

Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, berikan dukungan dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kelas kalian. Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.

GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

MATERI PIDATO BAHASA SUNDA
A. PENGERTIAN PIDATO

Pidato adalah berbicara di depan orang banyak, dengan konten sesuai dengan tujuan yang ingin Anda sampaikan. Pidato biasanya menggunakan bahasa hormat karena itu menghormati audiens yang mengisap pidato

Itu termasuk pidato informal misalnya pidato ulang tahun, keramaian lembur, acara hiburan, dan rekan senegaranya. Hari meliputi pidato formal seperti pidato di rapat, rapat, upacara agung, dan acara resmi lainnya.

Metode atau teknik bicara yang harus diketahui meliputi,
1. Metode Penalaran atau metode menghafal, adalah ucapan yang dikirimkan sesuai dengan teks yang telah disiapkan sebelumnya. Tentu saja ucapan ditransmisikan atau dihafal setelah teks
2. Metode membaca teks, adalah pidato yang menggunakan teks dalam praktek, pidato membaca apa pun yang ada dalam teks
3. Metode pencatatan inti (extemporaneous), adalah pidato dengan catatan hal-hal penting yang ingin Anda sampaikan.
4. Metode langsung (impromtu), adalah pidato langsung tanpa menyiapkan teks. Biasanya dilakukan oleh orang-orang yang telah berhati-hati atau ahli dalam menyampaikan pidato

2. STRUKTUR TEKS PIDATO

Pidato memiliki struktur umum, terdiri dari bagian pengantar, konten dan penutup.
1. Bagian pengantar termasuk salam pengantar, kata pengantar (terutama untuk Muslim), salam hormat kepada audiens, dan terima kasih kepada penyelenggara acara yang telah memberikan kesempatan.
2. Bagian konten menjelaskan tujuan atau tujuan pidato, dan menyampaikan konten pidato.
3. Bagian penutup biasanya berisi kotak jika ada banyak kata yang salah atau tidak pantas selama percakapan, meringkas isi pidato, berdoa, dan mengakhiri pidato dengan salam penutup.

CONTOH BIANTARA SUNDA SINGKAT

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabaarokaatuh.

Bapak Guru OSIS yang saya hormati,

Orang tua guru sangat saya hormati,

Saudara dan saudari dari semua administrator OSIS yang saya cintai.

Lebih lanjut mohon kami bersama-sama mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT. Syukurlah kita bisa berkumpul di tempat ini dengan wal’afiat yang sehat. Salam dan salam, semoga mengalir selamanya untuk kehormatan kita semua, Nabi Muhammad.

Hadirin duduk bersama,

Selanjutnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah datang bersama saya ke pertemuan OSIS Anda hari ini. Perlu dicatat oleh semua, tujuan kami adalah fokus pada perencanaan kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi kemerdekaan Indonesia. Kadang-kadang meskipun saya menginap di puncak acara puncak saya masih lama, tetapi saya tinggal harus mulai sekarang.

Penonton sama-sama duduk.

Peringatan tahun kemerdekaan negara kita memang menjadi agenda rutin di sekolah kita. Setiap tahun, tentunya ia memiliki berbagai macam kegiatan untuk dirayakan atau dirayakan. Seperti tahun lalu, kami mengadakan lomba karung, balapan bakiak, bola pecah, kena air, lemparan di atas sendok yang tertutup rapat, bahkan olahraga daria seperti putsal dan poli play juga diadakan. Meskipun saya tidak diberikan hadiah, sebagian besar peserta atau peserta saya hadir. Hampir tidak ada persaingan sama sekali, dan waktu itu berantakan.

Nah, dalam koleksi kali ini mari kita lihat secara matang, apa saja kegiatan yang akan diadakan dalam rangka memperingati kemerdekaan tahun ini. Baik pergi untuk olahraga saja atau ditambah dengan seni ongkoh. Misalnya dalam olahraga, hampir seperti bagaimana jika guru diajak berpartisipasi sebagai peserta, disuguhkan dengan siswa. Saya pikir itu akan menambah kerumunan. Saya bilang akan ada kesenian, hanya bisa diakhiri dengan lagu jaipongan, tari, atau karaoke. Pikir itu akan menyenangkan, benar-benar lelah mengiringi balapan, dihibur oleh seni.

Tapi itu bukan sekedar ide, kupikir yang pasti tubuh kerabatku lebih paos, hampir semua setuju dan setuju.

Penonton sama-sama duduk.

Sepertinya karung yang dibungkus dengan tali serut. Saya turut berduka cita. Billahi taufik walhidayah, wasalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakattuh.

  1. Sebutkan bagian-bagiannya, hampir secara detail saya menggunakan tabel:
    Sebuah. Salam bubukana
    b. Happy (kata ucapan)
    c. Alinéa bubuka
    d. Paragraf konten
    e. Paragraf sampul
    f. Salam penutup
  2. Ceritakan kembali isi pidato di atas dengan menggunakan bahasa tebal
    diri!
  3. Temukan majelis bahasa yang mengasuh dan berisi bahasa
    aliterasi!
  4. Temukan contoh naskah pidato lainnya, baik dalam buku atau
    di internet, lalu detail seperti di atas!

TEPUNG TAHUN AKI MURTAL

Assalamu’alaikum wr. wb.

Segala puji, puji, dan syukur, puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya Dia-lah yang memberikan banyak kani’matan kepada kita semua. Antara berkah iman, berkah Islam dan berkah kesehatan sampai kita tetap berada di jalan yang dipikirkan oleh Mantenna.

Lebih lanjut berkat kehadirannya, Orangtua warga RT 02 Panorama. Semoga kebaikan Bapak dan Ibu, dengan datangnya undangan dari keluarga Mama Haji Murtali, dibalas dengan kebaikan lagi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amin!

Alhamdulillah kita semua bisa berkumpul bersama di tempat ini. Berarti itu jamuan Thanksgiving, baterai Mama Haji Murtali, hari ini genap tujuh puluh lima tahun. Namun, meskipun acara Thanksgiving dirayakan tahun ini, tidak ada acara tiup lilin. Karena di keluarga sim saya, perilaku seperti itu tidak ada.

Tujuan dari memeluk Ibu dan Ayah adalah untuk berdoa bersama kepada Yang Maha Kuasa, khususnya putra, cucu, dan cicit, belum lagi semua doa, selalu diberkati dengan sukacita dan rasa syukur. Amin!

Kepada Mama Haji, mewakili anak, cucu, cicit, dan anggota keluarga lainnya, semuanya tersampaikan. Selamat datang Aki, Aki sekarang berusia tujuh puluh lima tahun. Saya semua senang dan sangat bahagia, Aki diberkati dengan umur panjang. Tapi, yang terpenting, saya tetap terlihat sehat wal afiat. Meskipun tentu saja tidak sehat adalah aranom.

Keduanya, anak, cucu, dan cicit, terima kasih Aki. Demikian pula kembali ke almarhum Enin Haji. Untuk rasa cinta dan kasih sayang, kepemilikan mendidik anak, cucu, dan cicit, hingga bisa seperti sekarang ini. Saya yakin, terutama anak, cucu, dan cicit bisa seperti sekarang ini, semua buah dari cinta dan kasih sayang Aki.

Dari ayah, ibu, dan bibi saya, saya sering mendengarkan tihothatna Aki dan Enin suwargina, di mana mereka mendidik anak-anak mereka. Meski Aki bukan orang kaya, namun hanya niat dan tekad Palay untuk memberikan pendidikan kepada kelima putranya, jika api tidak berkobar. Tak lepas kondisi aki Aki jauh dari menyeduh di pojokan pintu gan, berlayar di tengah rumah. Jangan mundur baterai hanya menguntungkan petani biasa.

Apa yang bisa dilakukan oleh Aki, dengan dukungan almarhum Enin Haji, dengan tidak adanya Aki, asal mereka kemudian bisa sekolah. Alhasil, meski sebentar, sang pembicara membela keduanya, sehingga mazhab keuangan, akhirnya satu per satu bertemu dengan cita-cita. Termasuk cita-cita Aki.

Anak kelima dapat menyelesaikan pendidikannya. Apalagi saya di sana untuk bisa melanjutkan sekolah ke luar negeri sama sekali, dan memiliki kalung gua yang mengerikan. Semua tentu saja buah dari cinta dan horor Aki.

Maka tak ada lagi yang bisa dibayangkan, selain mengucap ribuan syukur, hanya bisa mengadu kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar Aki tetap dalam lindungan-Nya. Aki tetap diberkahi dengan kekuatan dan kesehatan, sehingga ia dapat memanfaatkan sisa usianya ke depan.

Memang benar semua anak Aki dan separuh cucu Aki sudah bisa hidup mandiri. Namun, pendidikan, kasih sayang, kasih sayang, dan dukungan dari Aki tetap dibutuhkan. Saya lakukan jika ada ulah anak, cucu, dan cicit, yang dianggap kurang sreg oleh Aki untuk di tembak, Aki tidak bosan bosan.

Untuk cinta dan kengerian Aki yang tak tertandingi, saya semua tidak bisa merespons sebagaimana mestinya. Jadi jangan kurang tawakup dan kurangi rasa cinta dan takutnya kepada Aki. Semoga kita semua tetap menjadi umat yang dipisahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amin!

Pertahankan kerja bagus Aki!
Alhamdulilah nadanya lumayan gede, nadanya lumayan lebar untuk maafin, bukan gitu, tapi tentunya sim saya gem, banyak bahasa yang kurang cocok untuk aplikasinya, banyak kalimat yang tidak pantas di rasakan ke hati.

Wabillahi taufik wal hidayah. Wassalamu’alaikum wr. wb.

Untuk memahami isi bacaan di atas, kemas jawabannya atau jelaskan pertanyaan di bawah ini!

  1. Siapa yang ulang tahun? Kapan ulang tahunmu?
  2. Mengapa Ratih mau disuruh bicara? Siapa pendatang baru di acara makan tahun ini?
  3. Dia tersenyum, bagus bukan pidato Ratih?
  4. Apa alasan tidak ada acara tiup lilin?
  5. Apa alasan mengapa bahasa yang digunakan kebanyakan bahasa fasih?
  6. Apakah Mama Haji Murtali kaya atau tidak? Dari mana Anda mendapatkan informasi itu?
  7. Berapa banyak dari kita adalah putra, cucu, dan cicit?
  8. Mengapa Ratih pok back-pok untuk berterima kasih pada kakeknya? Nona cutat pok-pokanana, mereka berlima!
  9. Bagaimana Ratih mengakhiri pidatonya?
  10. Pertahankan Aki yang baik! Apa artinya?
    (Cahara Basa Sunda Untuk Siswa Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK, penerbit Geger Sunten, terbitan tahun 2017, Hal 2-5)
error: Content is protected !!