BIANTARA SUNDA

BIANTARA SUNDA SINGKAT

BIANTARA SUNDA SINGKAT

Assalamualaikum wr wb
Siswa-siswi yang Bapak banggakan, terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi rangkuman materi pelajaran bahasa Sunda untuk keperluan pembelajaran daring di Sekolah kita. Dikemas dalam bentuk media audio-visual, agar memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, serta memberikan pengalaman belajar yang baru di abad 21.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id mempunyai Youtube Channel, berisi video-video dokumentasi, hasil karya siswa-siswi di sekolah kita, dan video edukasi pembelajaran bahasa Sunda yang akan Bapak sampaikan setiap pertemuan di kelas. Supaya tidak ketinggalan kalian bisa kunjungi Youtube Channel dengan cara klik link di bawah ini. www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale


Jika ada pertanyaan seputar BIANTARA SUNDA SINGKAT
yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi di kolom komentar atau bisa menghubungi Bapak melalui Whatsapp.

Semoga dengan adanya blog ini bisa membantu pembelajaran daring di sekolah kita supaya lebih efektif dan memberikan banyak manfaat bagi kalian semua.
Selamat belaja
r
BIANTARA SUNDA SINGKAT.

CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)
CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)
CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)
CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)
CONTOH TEKS PIDATO (BIANTARA)

BIANTARA SUNDA SINGKAT

PAMAPAG GUBERNUR JAWA BARAT

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Sampurasun,

Puji sinareng sukur salawasna mung kagungan Gusti Alloh nu Maha Welas oge Maha Asih, kalayan Rahmat sareng inayahna, alhamdulillah dina taun 2011 ayeuna tiasa lumangsung kongrés Basa Sunda IX. Teu kendat sadaya sukur urang sanggakeun ka Mantenna anu parantos maparin mangpirang-pirang kani’matan magrupi kajembaran kabudayaan.

Dina ieu kasempetan, sim kuring ngaraos bingah taya papadana tiasa kempel ngariung silaturahmi sareng para wargi sadaya nu sami-sami kagungan kareueus tur kahéman kana kabudayaan Sunda. Salasawios unsur budaya nu janten udagan urang saréréa nyaéta basa, basa Sunda nu dipidamba ku urang salaku basa indung mangrupa cicirén bangsa kanggo nanjungkeun kaluhungan budaya urang di ranah nasional. Ku kituna simkuring umajak ka para wargi sadayana kanggo miara tur ngamumulé basa Sunda, di antarana ngalangkungan tarékah dilarapkeunna basa Sunda dina kahirupan sapopoé di masarakat Sun-da kiwari, aplikasina dilarapkeun dina sagala widang saperti widang atikan, kaséhatan, pertanian, ilmu bumi, psikologi, jeun nu lianna. Dipiharep tarékah kitu téh tiasa ngabantos kana pangwangunan Pemerintah Provinsi Jawa Barat nu kaunggel dina peraturan Daerah No.5 Taun 2003 ngeunaan miara basa, sastra, jeung aksara daérah.

Ku ayana akselerasi (percepatan) di sagala widang, tiasa dijantenkeun pamecut kanggo nanjeurkeun kabudayaan hususna dina widang basa, sastra, jeung aksara daérah, némbongkeun préstasi enggoning ngahirup-huripkeun, miara tur ngamumulé basa katut budaya Sunda.

Sim kuring miharep, ku dilaksanakeuna kongrés ieu bakal numuwuhkeun rasa cinta kana kabudayaan Sunda anu salajengna bakal maparin pangaruh kanggo mageuhan kabudayaan nasional. Hal ieu tumali sareng téma kongrés ayeuna nyaéta “Ngamumulé basa mageu-han jatidiri bangsa”. Dina ngalaksanakeun pangwangunan diperyogikeun upaya silih rojong ti sadaya pihak, hal ieu mangrupi kawajiban urang saréréa, lain ngan ukur kawajiban pihak pamaréntah.

Sim kuring ngawilujengkeun kanggo sadaya para wargi sadaya, mudah-mudahan kagiatan kongrés ieu bakal tiasa ngungkab rupa-rupa tarekah, kumaha sangkan basa Sunda tetep dipikacinta, dipiara tur dipaké ku masarakatna dina kahirupan sapopoé, geusan mageuhan tatapakan kahirupan budaya nasional Indonésia.

Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bandung, 1 Juli 2011 Gubernur Jawa Barat,
Dr. (H.C.) H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si.

Dicutat tina majalah Cupumanik
No.97-98 Taun IX No.1-2 Agustus-Séptémber 2011, kaca 12-13.

(Panggelar Basa Sunda Pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas XI, penerbit Erlangga, medal taun 2017, Kaca 12)

SUMBER & REFERENSI

Dirangkum dari beberapa modul & buku:

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2019. Modul Pangajaran Kaparigelan Basa Sunda Lisan. Bandung : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2015. Pamekar Diajar Basa Sunda: pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas XI. Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Tentu saja blog ini masih jauh dari kata sempurna, masih banyak kesalahan dan kekurangan, maka dari itu jika diantara kalian mempunyai kritik dan saran yang ingin disampaikan, dipersilahkan untuk mengisi kolom komentar atau menghubungi Bapak. Kedepannya blog ini akan dievaluasi secara berkala sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi kalian semua siswa-siswi yang bapak sayangi.

Jika ada karya dari penulis yang dimuat di blog ini, dan tidak berkenan untuk dipakai sebagai bahan ajar, silahkan bisa menghubungi Bapak untuk kemudian melakukan tindakan yang diperlukan, jika ada indikasi pelanggaran konten, anatara lain bapak akan melakukan tindakan dengan cara menghapus konten tersebut.

Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai BIANTARA SUNDA SINGKAT lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI BIANTARA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-biantara-sunda/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH BIANTARA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/biantara/

LINK 50+ KUMPULAN SOAL BIANTARA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM

FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE

TIKTOK

Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, berikan dukungan dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kelas kalian. Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.

GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

MATERI PIDATO BAHASA SUNDA
A. PENGERTIAN PIDATO

Pidato adalah berbicara di depan orang banyak, dengan konten sesuai dengan tujuan yang ingin Anda sampaikan. Pidato biasanya menggunakan bahasa hormat karena itu menghormati audiens yang mengisap pidato

Itu termasuk pidato informal misalnya pidato ulang tahun, keramaian lembur, acara hiburan, dan rekan senegaranya. Hari meliputi pidato formal seperti pidato di rapat, rapat, upacara agung, dan acara resmi lainnya.

Metode atau teknik bicara yang harus diketahui meliputi,
1. Metode Penalaran atau metode menghafal, adalah ucapan yang dikirimkan sesuai dengan teks yang telah disiapkan sebelumnya. Tentu saja ucapan ditransmisikan atau dihafal setelah teks
2. Metode membaca teks, adalah pidato yang menggunakan teks dalam praktek, pidato membaca apa pun yang ada dalam teks
3. Metode pencatatan inti (extemporaneous), adalah pidato dengan catatan hal-hal penting yang ingin Anda sampaikan.
4. Metode langsung (impromtu), adalah pidato langsung tanpa menyiapkan teks. Biasanya dilakukan oleh orang-orang yang telah berhati-hati atau ahli dalam menyampaikan pidato

2. STRUKTUR TEKS PIDATO

Pidato memiliki struktur umum, terdiri dari bagian pengantar, konten dan penutup.
1. Bagian pengantar termasuk salam pengantar, kata pengantar (terutama untuk Muslim), salam hormat kepada audiens, dan terima kasih kepada penyelenggara acara yang telah memberikan kesempatan.
2. Bagian konten menjelaskan tujuan atau tujuan pidato, dan menyampaikan konten pidato.
3. Bagian penutup biasanya berisi kotak jika ada banyak kata yang salah atau tidak pantas selama percakapan, meringkas isi pidato, berdoa, dan mengakhiri pidato dengan salam penutup.

BIANTARA SUNDA SINGKAT

Assalamu’alaikum wr. wb.
Segala puji bagi Allah Yang Maha Tinggi di Alam. Semoga damai dan berkah menyertai kita semua, Nabi Muhammad

Ayah dan ibu guru menghormati sim
saya.

Hari ini telah menjadi hari yang indah bagi saya dan teman-teman saya. Tapi ternyata hari itu sangat menyedihkan. Saya senang kakak ipar saya bisa lulus, sedih karena kakak ipar saya harus mengirim saya ke sekolah ini, begitu juga ibu dan ayah saya guru.

Sudah waktunya untuk mencampakkannya dan melanjutkan hidup. Dalam pratinjau adalah harapan kemarin sim saya pergi ke sekolah ini, dibesarkan oleh orang tua. Kemudian pilih teman-teman Anda, pilih kebutuhan Anda, dan lalai untuk mengenal para guru. Sekarang, secara umum, sampai akhir tahun ketiga. Saya tidak berpikir, setelah tiga tahun saya bersekolah di sini, sekarang saya harus tunduk.

Selama tiga tahun saya belajar sains di sini, banyak sekali pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Baik rasa manis maupun pahitnya. Terutama pengalaman belajar bersama Ibu dan Ayah Guru. Mereka semua kemudian akan melekat dalam pengamatan, memperluas kebijaksanaan, semakin besar nilainya.

Saya yakin lagi, selama sim saya belajar di sekolah ini, banyak sekali tingkah laku sim saya sebagai pasangan yang harus memenangkan hati Ibu dan Ayah Guru. Dalah dengan rasa saparakanca sim saya sangat-tanpa sadar nyengir. Rasakan kembali betapa iba bapak dan ibu merawat anak balangor seperti sim saya. Ngomong-ngomong, kuharap Ibu dan Ayah Guru pingsan dengan rela memaafkan simku bersama.

Ibu dan Ayah Guru menghormati sim saya.

Jangan lupa kawan saya dan saya mohon maaf, semoga adik-adik saya yang mau belajar, dan semangat belajar arti menelusuri ilmu sampai akhir, agar apa yang dicita-citakan ipar saya tercapai dengan tekad. Neda pidu’a supaya sim saparakanca ginulur rahayu saya, tarik ulur sampai bisa mandiri mengatur hidup sendiri.

Ayah ibu…

Selamat datang kembali. Saya berharap kebaikan Bunda dan Ayah dalam mendidik pasangan saya agar bisa beramal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Da sim I saparakanca tertentu tidak bisa membalas budi. Sekedar akan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga apapun yang telah diberikan oleh Bunda dan Ayah dengan awam kepada sim saparakanca saya, dikembalikan dengan pahala yang berlipat ganda ukurannya.
Selamat datang nona ibu. Selamat datang Ayah. Hanya dua dari sim saya yang ditangguhkan dan saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Semoga Tuhan melindungimu.

Wassalamu’alaikum wr. wb

PATURAY TINEUNG
Bismillahirrohmanirrohim.
Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Kepala Sekolah, Guru, undangan, teman sekelas, dan teman sekelas yang bersama saya dan merawat saya.
Sebelumnya saya ingin mengingatkan Anda bahwa dalam bahasa yang kurang cocok, menyebarkan cerita, tidak menggunakan tata bahasa, tidak malas, jika Anda bukan ahli. Selain diliputi berbagai perasaan yang bergemuruh memenuhi dada, ada bahagia bercampur sedih, ada rasa sedih dan cemas, batinku mendahuluiku dalam penciptaan.
Kepala Sekolah dan Orang Tua
Guru semua, sim saya semua wangkid ini memiliki berbagai instruksi yang akan disampaikan kepada Pangeran
Orang tua dan semuanya.
Pertama, terima kasih, takut sim saya penuh dengan emosi, dari yang tidak dikenal bodoh, sekarang bukan orang jahat juga. Itu tidak lain, tetapi dengan panduan dan juru tulis dari Ibu dan Ayah. Dalam pembenaran ini, untuk semua sim saya, itu sangat berat untuk ditanggung, berat untuk diterima. Haruskah bagaimana dan dengan apa saya memberi saya semua tanda terima pengembaliannya? Da tidak ada kekayaan duniawi yang seimbang dengan kebaikan Ibu dan Ayah. Sim saya semua hanya bisa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga Tuhan melimpahkan pahala kebaikan kepada semua guru saya, yang telah melakukan kesulitan, kelelahan, kegelisahan, pusing, di tempat mendidik sim saya semua. Aamiin dari Robbal ‘alamin.
Kedua, sim saya semua mohon ampun kepada Guru Ibu dan Bapak Guru. Untuk dimaafkan dari ujung atas rambut dari bawah basah sahibas, takut sim saya semua merasa sangat tidak akan luput dari rasa bersalah, baik yang Anda rasakan atau yang tidak Anda rasakan, neda agung adalah pengemis pengampunan terluas , dengan keberanian malam, dengan hati sutra.
Ketiga, saya berdoa kepada seluruh Jihad Ibu dan Ayah, agar di penghujung malam saya dapat memanfaatkan ilmu yang diterima dari Ibu dan Ayah, untuk menjadi orang yang berguna bagi orang banyak, untuk individu. , setidaknya tidak menjadi orang yang merugikan orang lain.
Itulah wajah instruksi sim saya semua kepada Ibu dan Ayah semua.
Sekarang widian sim saya akan mengutip angen-angen untuk saudara saya, untuk siswa kelas tujuh dan kelas delapan.
Saudaraku, kamu telah maphum bahwa saudaramu akan segera meninggalkan sekolah ini, dan memang tolabul ilmu di sekolah ini telah selesai. Bukan boa asalkan kita berbaur bersama di sekolah ini, ada tahun ada dua tahun, nasehat untuk mengerti, selalu ada kesalahan. Jadi, jadilah salahnya, apakah Anda merasakannya atau tidak merasakannya, kita saling memaafkan, saling memaafkan, jangan sampai ada kekhawatiran di hati. Anggur saling mendoakan, yang meninggal menemukan kebahagiaan, yang kiri mengaturnya untuk mencari pengertian.
Terima kasih banyak, saya turut prihatin mendengarnya.
Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamu ‘alaikum warrohmatullohi wabarokatuh.
(MODUL PENGAJARAN BAHASA SUNDA KELAS 9)

Assalamu’alaikum wr. wb.,
Segala puji bagi Allah Sang Pencipta alam. Solawat sinareng
Salam kami sampaikan kepada semua Nabi Muhammad yang kami hormati.
Ibu dan Ayah Guru menghormati sim saya.

Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagi keluargaku. Tapi ternyata itu adalah hari yang sangat menyedihkan. Senang takut kakak ipar bisa lulus, sedih karena kakak ipar harus membimbing sekolah ini, sekaligus membimbing Ibu dan Ayah Guru.
Masing-masing, waktu harapan tidak terasa jolna dan pergi. Dalam preview adalah harapan kemarin sim saya pergi ke sekolah ini, dirawat oleh penuaan. Kemudian pilih dan pilih teman, pilih dan pilih, dan lalai untuk mengenal guru. Sekarang, perasaan yang sangat umum, sampai akhir tahun ketiga. Saya rasa tidak, setelah tiga tahun saya sekolah di sini, harus diserahkan.

Selama tiga tahun belajar sains di sini, banyak pengalaman yang tak terlupakan. Baik yang manis maupun yang pahit. Apalagi pengalaman belajar bersama dua Ibu

Ayah guru. Mereka semua kemudian akan berpegang teguh pada pengawasan, meregangkan kebijaksanaan mereka, lebih besar nilainya.
Tentu saja, selama sim saya belajar di sekolah ini, banyak perilaku sim saya yang menyayat hati.

Ibu dan Ayah Guru. Dalah dengan saparakanca sim saya merasa banyak, saya tahu saya akan berguling. Rasakan lagi betapa kasihnya Ayah dan Ibu mengurus anak balangor seperti sim ku. Dengan cara ini, saya berharap Ibu dan Ayah Guru mau memaafkan teman saya.

Ibu dan Ayah Guru menghormati sim saya.
Jangan lupa untuk meminta maaf kepada sobat, semoga sobat yang mau belajar, dan semangat yang sobat cita-citakan bisa tercapai dengan penuh penekanan. Neda pidu’a agar sim saparakanca ginulur saya diberkati, tunda sampai saya bisa mandiri mengatur hidup saya sendiri.
Ayah ibu…
Selamat datang nona. Semoga kebaikan Bapak dan Ibu dalam mendidik sim saparakanca saya menjadi amal ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Da sim saya saparakanca pasti tidak akan bisa membalas kebaikan itu. Hanya akan berdoa seseorang kepada Tuhan Yang Maha Esa, biarkan apa pun yang telah Anda berikan kepada saya
Mom dan Dad dengan berbaring ke saparakanca sim saya, kembali dengan hadiah yang lipat dalam ukuran.
Selamat datang di Bu Ibu. Selamat datang di Bapa. Aku menyesal mendengarnya, tapi aku menyesal mendengarnya. Semoga Tuhan melindungimu.
Wassalamu’alaikum wr. wb.
(PELAJARI BAHASA SUNDA KELAS 10 PENGEMBANG)

error: Content is protected !!