PANGALAMAN PRIBADI SUNDA

PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT

CONTOH TEKS PANGALAMAN PRIBADI BAHASA SUNDA

PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT.

PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT
[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=rGKxpfA5DAw[/embedyt]
PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT

PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT

PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT 1

Wasta abdi, Hastian. Pangaresep atanapi hobi abdi kaétang seueur, kantenan apan abdi mah kasebat urang lembur, jadi resep ameng rupirupi kaulinan urang lembur wé sapertos medar langlayangan, ngadu kaléci, panggal, gatrik, jajangkungan sareng barén. Abdi gé resep ngurek sareng nguseup deuih. Ari peré sakola sok kanjat dua iangan ngurek téh, isuk-isuk jeung burit, bubuhan seueur pasawahan di lembur abdi mah, laléndo seueur belutan. Pami nguseup mah resepna ari tos hujan, sok mapay-mapay susukan, pan tos hujan mah caina kiruh ngagulidag, lauk téh sok laliar ari tos hujan mah. Di nu caina rada linduk sakapeung mah sok clom giriwil, kitu wé bangsaning bogo, jaér, sareng lélé.

Perkawis cita-cita, sakapeung mah sok rada isin ngedalkeunana, malah tina réréncangan sakelas teu aya nu sami, abdi téh jaga hoyong janten bupati atanapi walikota. Abdi téh mani sok kabayang, ongkoh kantos ningal Pa Wali sumping ka lembur abdi, mani berwibawaaa… téh. Tah, jaga pami cita-cita abdi laksana, bakal jiga kitu abdi gé. Kacipta Mamah sareng Bapa reueusna.

Waktos cita-cita abdi didugikeun ka pun biang, mamah namprakkeun dampal panangan, “Ya Alloh, mugi ieu cita-cita pun anak dikobul…amin”, gerentesna bari neuteup sareng ngusapan sirah abdi.

PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT 2
Pangalaman nu ditulis dina catetan poéan

Senén, 24 Juli 2013
Poé munggaran asup sakola, nu ngabasakeun ka abdi téh rupa-rupa pisan. Aya nu nyebut Nitis, Surti, malah aya nu nyebut Ingkang ogé. Tah, lebah nu pandeuri disebut mah abdi téh asa teu narima, da puguh ngaran Ingkang mah bau-bau ngaran lalaki. Komo éta mah Bu Rohayatin, ari pok téh, “Héy, Rumingkang di bumi alam …,” cenah. Banyol maksudna mah, teu ieuh asup haté, da kapan sidik ngaran abdi téh NITIS SURTI RUMINGKANG.

Kemis, 27 Juli 2013

Mimiti loba kawawuhan, babaturan, malah nu geus akrab pisan ogé henteu ngan Rika jeung Hésti wungkul, katambahan ku Léni, Iis, jeung Onéng. Atuh nambih resep waé sakola téh, henteu jiga poé munggaran sasat kawas hayam panyambungan. Komo ari pareng istirahat, abdi genepan babarengan jajan di warung sakola. Karasa beuki sumanget sakola téh.

Waktu jam kalima, Bapa Nana nu ngawulang basa Sunda teu sumping, aya pambengan saurna mah. Di kelas raribut, marotah, pangpangna mah barudak lalaki nu marijah pisan téh. Mimitina tina silihlandih ngaran, ka nu kulitna hideung sari-sari hawuk dilandi Si Gereng, nu bodas sari-sari bulé teu kapalang dilandi Si Bulé, aya ogé nu dilandi Si Gantar pedah awakna jangkung. Ari ka kuring, aya nu ngalandi Si Ntik, duka naon alesanana. Ngan, waktu balik, ditanyakeun ka Léni, pajar téh duméh kuring leutik, bodas, jeung camperenik. Leuheung atuh, ceuk haté.

PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT 3

“Pa, naon béntenna piknik sareng karyawisata?” ceuk Janglar ka Pa Maman. “Béda… aya bédana. Pik-nik mah tujuanana sakadar pikeun sukan-sukan, botram, atawa ngadon hiburan wung-kul. Ari karyawisata mah tujuanana pikeun nambahan pangaweruh, tangtu baé bari sakalian sukan-sukan atawa hiburan,

“ waler Pa Maman. Pa Maman téh guru kuring jaman di SD. Anjeunna kapapancénan ngaping parasiswa karyawisata ka Pangandaran.

“Naha geuning ka Pangandaran, Pa?” Tisna tumanya bangun nu héran.

“Ari kitu?”

“Sumuhun, naha henteu langkung cocog upami ka Peneropongan Bosscha…musieum…” ceuk Tisna.

“Ih, ngahaja milih ka Pangandaran téh. Kahiji, jarakna deukeut. Lamun di jalanna lancar, ti Tasik ka Pangandaran mah dua jam satengah ogé tepi. Jadi di ditu urang leuwih loba waktu…pangpangna mah moal capé teuing di jalan deuih. Atuh kaduana, obyék wisata Pangandaran  mah kaitung lengkep sarta loba hubunganana jeung pangajaran. Géografi upamana, engké hidep baris dibéré pancén ku bapa pikeun nalungtik guha alam. Pangajaran basa Sunda, saur Pa Udin maranéh baris dibéré pancén pikeun nalungtik basa dialék Pangandaran. Pon nya kitu deui pelajaran-pelajaran séjénna. Tah, samulangna ti Pangandaran téh maranéh kudu ngalaporkeun hasilna nu mangrupa karya tulis. Laporanana mah perkelompok baé saluyu jeung pancénna,”saur Pa Maman, ngécéskeun.

Barudak bangun sarugemaeun pisan kana penjelasan Pa Maman. Najan piinditeunana poé Saptu minggu hareup, tapi haneutna rencana karyawisata téh ti ayeuna gé geus karasa. Di sakola, teu kaop ruang-riung, nu jadi bahan guneman téh teu weléh Pangandaran jeung Pangandaran baé. Sok sanajan umumna mah geus padaapal obyék wisata Pangandaran, tapi da kacipta piresepeunana ari indit rombongan mah. Mangkaning rencanana téh rék nginep sapeuting, malem Minggu, leuh kabayang isukisuk téh ngabring ka basisir ngadon ngalalajoan srangéngé medal.

“Ti ayeuna maranéh kudu geus nyieun kelompok studi, pangpangna nu geus dalaptar. Husus kelompok géografi mah engké di ditu bapa nu baris ngapingna,” Pa Maman mungkas cariosanana


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK MATERI & CONTOH PANGALAMAN PRIBADI SUNDA 1
https://bahasasunda.id/pangalaman-pribadi-sunda-singkat/

LINK MATERI & CONTOH PANGALAMAN PRIBADI SUNDA 2
https://bahasasunda.id/pangalaman-pribadi-sunda-tentang-liburan/

LINK MATERI & CONTOH PANGALAMAN PRIBADI SUNDA 3
https://bahasasunda.id/contoh-pangalaman-pribadi-sunda/

LINK MATERI & CONTOH PANGALAMAN PRIBADI SUNDA 4
https://bahasasunda.id/contoh-teks-pangalaman-pribadi-bahasa-sunda/

LINK MATERI & CONTOH PANGALAMAN PRIBADI SUNDA 5
https://bahasasunda.id/pangalaman-pribadi-sunda/

Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini
:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE


Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PRASADA BASA



GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

PANGALAMAN PRIBADI SUNDA
  1. BACA PENGALAMAN PRIBADI

Langkah-langkah untuk membaca
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membaca secara berbeda, termasuk:

  1. Suara harus berbeda dan jelas
  2. lentil lembut dan nyaman.
  3. Pidato harus benar dan nyaman.
  4. Sikap dan perumpamaan harus baik dan mengagumkan
  5. temukan tema pengalaman pribadi yang Anda baca
  6. memahami isi wacana pengalaman pribadi dengan benar.
  7. menjawab pertanyaan dari isi wacana
  8. Gambarkan kata-kata wacana dengan benar.

Membaca merupakan proses menerjemahkan dan mendefinisikan / menamai bahasa tertulis dengan cara menyerap, menafsirkan, mengapresiasi, dan bereaksi terhadap ide-ide yang disampaikan dari bahasa tertulis. Atau dapat dikatakan bahwa membaca adalah suatu kegiatan (proses) yang tujuannya untuk memperhatikan maksud penulis, baik maksud penembak (implisit) maupun maksud narator (implisit).

Dalam proses membaca memang perlu adanya keberadaan dan ketelitian. Oleh karena itu, pembaca diharapkan mampu memperoleh pengetahuan tentang aspek bentuk dan makna bahasa yang digunakan dalam struktur kalimat. Jadi, dapat dikatakan bahwa setiap proses membaca, tidak dapat dipahami apabila pembaca tidak mengetahui kata atau bahasa dan makna / makna yang mendukung dalam bacaan tersebut. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam proses membaca memang pembaca harus. (l) momen untuk bahasa / kata dan (2) momen untuk makna yang mendukung kata dalam kalimat.

PANGALAMAN PRIBADI SUNDA SINGKAT

PENGALAMAN PRIBADI SUNDA PENDEK 1

Pribadi saya, Hastian. Hobi atau hobiku banyak dihitung, tapi hobiku adalah kita lembur, jadi aku suka semua jenis permainan lembur seperti layang-layang terbang, dadu, kepala, gatric, range dan bar. Saya ingin menggali dan menghisap lagi. Hari sekolah selalu menanjak dua penggalian, di pagi hari dan di pantat, saya menaruh banyak beras di lembur saya, banyak belut. Pami menyebalkan, saya suka tinggal di tengah hujan, saya selalu menikmati makan, panci saya di tengah hujan, airnya bergolak, ikan selalu lari di tengah hujan. Di air yang agak encer itu kadang saya selalu clom giriwil, jadi kami orang bogo, jaer, dan lelé.

Mengenai cita-cita, terkadang saya selalu sedikit malu untuk mengungkapkannya, bahkan dari teman sekelas saya tidak sama, saya yang bertugas ingin menjadi bupati atau walikota. Saya semen selalu roda, ongkoh pernah lihat Pa Wali datang lembur saya, kompeten semen… tersebut. Yah, setidaknya aku tidak menyerah tanpa menjelaskan diriku sendiri terlebih dahulu. Membuat Mamah dan Ayah bangga.

Saat mimpiku diceritakan ke bunda, ku usap telapak tanganku, “Ya Tuhan semoga mimpi ini terpenuhi… amin”, ucapnya sambil melihat dan mengusap kepalaku.

PENGALAMAN PRIBADI SUNDA PENDEK 2

Pengalaman ditulis di catatan harian
Senin, 24 Juli 2013
Hari pertama sekolah, bahasa saya sangat beragam. Ada yang bilang Nitis, Surti, bahkan ada yang bilang Ingkat juga. Nah, lebah yang memanggilku tidak ada harapan, dan nama malas yang kucium adalah nama laki-laki. Padahal, bukan Bu Rohayatin, ari pok itu, “Hai, Rumingkang di alam bumi …,” ujarnya. Lucu maksud saya, ini tidak ada di hati, dan bila membekas nama saya adalah NITIS SURTI RUMINGKANG.

Kamis, 27 Juli 2013

Pertama-tama kenalan, sahabat, bahkan yang sudah sangat akrab pun tidak hanya Rika dan Hesti saja, ditambah Leni, Iis, dan Oneng. Saya ingin menambahkan bahwa sekolah itu seperti, tidak seperti hari pertama berlalu seperti ayam sambung. Bahkan saat istirahat, saya makan enam kali bersama di kafe sekolah. Semakin semangat sekolah.

Jam kelima, Romo Nana yang sedang belajar bahasa tidak datang, ada pelatihan setelah saya. Di kelas yang penuh badai dan penuh gejolak, yang terpenting dari anak-anak saya adalah laki-laki. Pertama dari nama pengganti, kepada orang yang kulitnya sari-sari hawuk mengatakan kepada Si Gereng, sari-sari putih bulé tidak sembarangan mengatakan kepada Si Bulé, ada juga yang menyuruh Si Gantar untuk memberi manfaat pada tubuhnya yang tinggi. Hari ini bagi saya, ada pendaratan Si Ntik, sedih apa alasannya. Cuma, dulu, tanya ke Leni, sekolah di hadapanku kecil, putih, dan camperenik. Tanganku, kata hatiku.

PENGALAMAN PRIBADI SUNDA PENDEK 3

“Ayah, apa bedanya piknik dan liburan?” Janglar berkata pada Pa Maman. “Beda… ada perbedaan. Pik-nik bukan hanya untuk olahraga, botram, atau hiburan wung-kul. Perjalanan hari saya dimaksudkan untuk menambah pengetahuan saya, tentunya sambil bermain olah raga atau hiburan,

“Jawab Pa Maman. Pa Maman adalah guru waktu saya di sekolah dasar. Ia diminta mengantarkan beasiswa pelajar ke Pangandaran.

“Kenapa pergi ke Pangandaran, Ayah?” Tisna tumanya terbangun karena terkejut.

“Ari kitu?”

“Iya, kenapa tidak lebih cocok kalau ke Bosscha Touring… museum…” kata Tisna.

“Ih, sengaja memilih ke Pangandaran lah. Pertama, jaraknya dekat. Jika jalannya mulus, dari Danau ke Pangandaran saya dua setengah jam jauhnya. Jadi di sanalah kami melewati banyak waktu … yang terpenting, saya tidak akan terlalu lelah dalam perjalanan pulang. Saya melakukan keduanya, tempat wisata pangandaran dianggap lengkap dan banyak kaitannya dengan pendidikan. Geografi misalnya, nanti hidep akan diberi tugas oleh bapaknya untuk menjelajahi gua-gua alam. Mengajar bahasa Sunda, Pa Udin mengatakan, mereka akan diberi tugas untuk mempelajari dialek Pangandaran. Pound begitu kembali ke pelajaran lainnya. Jadi kesimpulan dari Pangandaran adalah mereka harus melaporkan hasil dokumen tersebut. Laporan saya dikelompokkan sesuai dengan fakta yang ada, ”kata Pa Maman menjelaskan.

Anak-anak yang terbangun sangat puas dengan penjelasan Pa Maman. Meski akhir pekan sabtu minggu depan, namun hangatnya rencana perjalanan ini mulai sekarang kita akan merasakannya. Di sekolah bukan ruang-keramaian, yang menjadi bahan tutur belum lagi orang dan orangnya. Kadang-kadang, meski biasanya saya ingat tempat wisata Pangandaran, tapi senang tinggal bersama rombongan saya. Namun rencananya adalah bermalam, Minggu malam, dan besok pagi berangkat ke pantai untuk menyaksikan matahari terbenam.

“Mulai sekarang mereka harus membuat kelompok belajar yang sebagian besar sudah terdaftar. Apalagi saya kelompok geografi nanti di sana bapak yang akan membimbing, ”pungkas Pa Maman

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!