CARITA WAYANG SUNDA

CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT

CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT

CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT

CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT
CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT

CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT

Antara Asih jeung Adil

Hiji mangsa sabada ngudag-ngudag uncal di leuweung, Arjuna, Nakula, jeung Sadéwa, bawaning ku halabhab, ngarinum di situ. Geus ngarinum patinggolépak maraot. Singhoréng cai talaga téh ngandung racun. Yudistira pohara susaheunana. Manéhna tuluy sasambat ka déwa, hayang maot babarengan.

Ceuk déwa, lamun bisa ngajawab tilu pertanyaan, Yudistira baris kaidinan ménta dihirupkeun deui salah sahiji ti antara tilu urang dulurna nu tiluan. Pertanyaan téa, tiluanana gé kajawab ku Yudistira. Manéhna kaiidinan ménta dihirupkeun deui saurang ti antara tilu dulurna nu maraot. Yudistira pohara bingungeunana. Lila manéhna nimbang-nimbang, saha kira-kirana di antara tilu dulurna nu maraot nu kudu dihirupkeun deui. Da puguh kabéhanana ogé adi-adina anu dipikaasih. Kahayang mah kabéh dihirupkeun. Tapi dewa ngan méré kasempetan hiji baé ti antara Arjuna, Nakula, jeung Sadéwa.

Sanggeus lila nimbang-nimbang, Yudistira ahirna ménta Nakula nu dihirupkeun deui téh. Déwa pohara héraneunana. Naha bet henteu Arjuna anu ku Yudistira pangdipikaasihna jeung anu disiapkeun pikeun neruskeun kaprabon. Arjuna téh apan pangéran adipati.

Walon Yudistira, “Lamun Arjuna anu hirup deui, atuh para putra Ibu Kunti harirup kabéh. Ari putra Ibu Madri paraéh kabéh. Éta henteu adil. Lamun Ibu Madri terangeun kana éta kateuadilan tada teuing kanyenyerianana. Tapi lamun Nakula anu hirup deui, jadi Ibu Kunti jeung Ibu Madri pada kapapaténan ku anakna hiji séwang. Éta adil. Ka Arjuna lain henteu nyaah, tapi kanyaah téh henteu kaci ngalindih kaadilan.”

Déwa pohara panujueunana kana timbangan Yudistira anu sakitu adilna. Pikeun ganjaranana, dulurna anu tiluan kabéhanana dihirupkeun deui.

(Basa Sunda Urang Pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas XII, Penerbit Geger Sunten, Medal Taun 2017, Kaca 39-40)

LATIHAN SOAL

a. Sempalan tina épik naon carita wayang di luhur téh?
b. Kumaha anu dimaksud adil ku Yudistira téh?
c. Dina éta carita disebut-sebut aya déwa. Pangaruh tina naon éta téh?
d. Ceuk hidep, éta carita téh kaharti ku akal henteu?
e. Piwuruk naon anu bisa kapetik ku urang tina éta carita?

KUNCI JAWABAN


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI CARITA WAYANG SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-carita-wayang/


LINK 15+ KUMPULAN CONTOH CARITA WAYANG SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/carita-wayang/


LINK 50+ KUMPULAN SOAL CARITA WAYANG SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/


Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini
:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE


Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU RANCAGÉ DIAJAR BASA SUNDA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA
MODUL PANGAJARAN BASA SUNDA
MODUL PPG BASA SUNDA



GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

MATERI CERITA WAYANG SUNDA
A. PENGERTIAN CERITA WAYANG

Wayang adalah kisah yang selalu ditampilkan dalam pertunjukan boneka, berasal dari India, dengan babonna (sumber) Ramayana oleh Walmiki dan Mahabarata oleh Wiyasa (Viyasa).

Menurut kamus Danadibrata, wayang adalah asal dari kata shadow (bayangan). Arti dari jalur imajiner (diperkirakan) dari fondasi orang-orang, baik kelahiran maupun batin, diwujudkan dalam peta boneka dan dilakukan oleh seorang dalang sambil diiringi oleh gamelan.

Berasal dari india. Masukkan kami bersama dengan masuknya agama Hindu. Oleh parawali digunakan media untuk menyebarkan Islam. Di Tatar, boneka pertama kali disebarkan secara lisan, dengan kecepatan penulisan dalam naskah kuno dan pidato. Pertama ada pertunjukan wayang kulit (pengaruh dari Jawa), kemudian kami menciptakan wayang golek (lingkaran) yang populer dan kemudian menikmatinya hingga hari ini.

CARITA WAYANG SUNDA SINGKAT

Antara Cinta dan Keadilan

Seminggu mengejar di hutan, Arjuna, Nakula, dan Sadewa dibawa halabhab, minum di telaga. Telah meminum patinggolepak maraot. Air singhoreng talaga mengandung racun. Yudistira sangat sedih. Dia kemudian menangis kepada para dewa, ingin mati bersama.

Dewa itu berkata, jika ia bisa menjawab tiga pertanyaan, Yudistira akan diizinkan untuk meminta satu dari tiga saudara laki-lakinya dihidupkan kembali. Pertanyaannya, ketiganya akan dijawab oleh Yudistira. Dia meminta izin untuk menghidupkan kembali salah satu dari tiga kerabatnya yang telah meninggal. Yudistira sangat bingung. Lama sekali dia merenung, siapa kira-kira salah satu dari tiga kerabatnya yang sudah meninggal yang harus dibangkitkan. Da malas utuh seperti halnya kakak dan adik tercinta. Semua keinginan saya dihidupkan kembali. Namun para dewa hanya memberi satu orang kesempatan dari antara Arjuna, Nakula, dan Dewi.

Setelah melalui pertimbangan yang panjang, Yudistira akhirnya menanyakan siapa yang dihidupkan kembali. Para dewa sangat aneh. Mengapa tidak bertaruh Arjuna yang oleh Yudistira tercinta dan yang siap melanjutkan kerajaan. Arjuna adalah penguasa adipati.

Yudistira menjawab, “Jika Arjuna hidup kembali, saya akan membiarkan semua putra Bu Kunti hidup. Putra Bu Madri, Ari, membunuh mereka semua. Itu tidak adil. Saat Bu Madri menjelaskan bahwa ketidakadilan itu tidak terlalu menyakitkan. Tetapi jika Nakula hidup kembali, maka Ibu Kunti dan Ibu Madri atas meninggalnya anaknya yang disewakan. Itu adil. Bagi Arjuna itu tidak salah, tapi mengesampingkan keadilan itu salah. ”

Para dewa sangat langsung ke sisik Yudistira yang begitu cantik. Untuk upahnya, saudara ketiganya dibangkitkan.

• Tentukan dengan mata:
Sebuah. Cuplikan epik seperti apa cerita film di atas?
b. Seberapa adil Yudistira?
c. Dalam cerita itu dikatakan bahwa ada dewa. Efek apa itu?
d. Dia tersenyum, ceritanya bisa dimengerti bukan?
e. Nasihat apa yang bisa kita dapatkan dari cerita itu?

error: Content is protected !!