ARTIKEL SUNDA

ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA

ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA
ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA

ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA.

ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA
ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA

ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA

Dogér Kontrak

Singhoréng, lain basa wungkul anu nungtutan laleungit téh. Kasenian ogé, geus loba anu hirup teu neut paéh teu hos. Malah anu tumpur gé, lain saeutik. Jigana, keur Indonésia, anu beunghar ku seni budaya, leungitna hiji dua kasenian téh moal pati karasa, da loba téa. Tapi ari ku masarakat anu sapopoéna kungsi pagilinggisik jeung kasenianana mah, pasti bakal karasa pisan leungitna téh. Aya sababaraha sabab, nu ngabalukarkeun leungitna seni budaya téh. Loba malah. Ngan nu gedé pangaruhna mah nya tangtu baé lantaran éta kasenian téh langka ditanggap hareupeun umum jeung teu diwariskeun ka entragan sapandeurieunana.

Leuheung mun aya nu “maling”, da pasti kanyahoan ari kangaranan maling seni jeung budaya mah. Saréréa bisa milu narékahan sangkan éta seni budaya bolay dipalingna. Contona waé, hasil seni budaya urang nu “dipaling” ku Malaysia, pan bisa diuruskeun ku pamaréntah sangkan teu jadi dipimilik ku batur. Tapi ari nu nungtut leungit ku sorangan mah, hésé dicegahna, lantaran prosésna biasana teu kanyahoan. Nu kaleungitanna teu sadar yén aya hasil seni budayana anu leungit.

Tapi kétah, nu maling jaman ayeuna mah da palinter. Geuning Malaysia ogé, sanggeus diprotés ku bangsa urang lantaran ngadaptardaptarkeun seni budaya urang jadi hak milikna, ayeuna mah maling senina téh teu ngaliwatan daptar sacara légal, tapi ku cara nu kacida lemesna. Upamana, ayeuna ceuk nu kungsi ka ditu, di Malaysia kasenian degung jeung angklung geus wajib diajarkeun di sakola-sakola ti mimiti SD nepi ka SMA. Sedeng di nagara urang, dalah di Jawa Barat anu ngabogaan éta kasenian, teu singna aya kawajiban ngajarkeun. Ampir sakabéh siswa ti mimiti SD, SMP, nepi ka SMA, nu kungsi ditanya nyebutkeun saumur hirupna can kungsi nyabak angklung. Waditra degung onaman kungsi nempo-nempo waé mah. Sok padahal angklung téh banda budayana sorangan. Kilangbara atuh pamaréntah nyadiakeun alatna ngabagi ka sakola-sakola, atuh nitah-nitah wéh. Pan ieu mah henteu.

Bisa jadi, hiji waktu jaga, barudak ngora urang Malaysia leuwih palinter maén degung jeung angklung, tibatan barudak ngora di Jawa Barat. Teu munasabah mun hiji waktu mah seni degung jeung angklung téh dianggap seni bogana urang Malaysia, lantaran di ditu tumuwuhna leuwih subur batan di lemah caina sorangan. Geus aya pangakuan ti batur kitu mah, geus teu kudu didaptarkeun ka lembaga anu nangtayungan hak cipta sagala, da geus pasti bakal dianggap jadi hak milikna. Jadi seni urang téh keur ngeureuyeuh dipaling sacara lemes, bari jeung nu bogana teu sadareun. Eling-éling ké mun geus bener-bener jadi banda batur.

Eta mah conto gedéna. Conto leutikna, di daérah-daérah di Jawa Barat, geus loba kasenian anu maluguran. Upamana di kabupatén Subang. Baheula, aya kasenian anu sohor pisan, disebutna Dogér Kontrak. Ieu kasenian tumuwuh subur dina jaman perkebunan kontrak keur jayajayana di Kabupatén Subang.

Nu matak dingaranan Dogér Kontrak téh lantaran grup kasenianna sok ngamén ka kontrak-kontrak perkebunan. Asalna mah anu dihiburna ukur kalangan kuli-kuli perkebunan. Nu kaasup jalma pangkat téh paling ogé mandorna. Tapi lila-lila mah ieu kasenian téh dipikaresep ku tuantuan Walanda. Tah sabada dipintonkeun hareupeun tuan-tuan Walanda, ieu kasenian téh “dikemas” deui jadi tontonan nu leuwih narik ati, boh tina gerak tari boh tina pakéan (kostum).

Saprak merdéka sarta perkebunan teu dikawasa deui ku tuan-tuan Walanda, ieu kasenian téh tetep nanjung. Ditanggapna teu ngan saukur di perkebunan deui, tapi geus mimiti ditanggap ku masarakat dina acaraacara husus. Nu lalajona geus mimiti nyebar ti mimiti pangagung nepi ka kalangan rayat biasa. Tapi kabéhdieunakeun, duka pangaruh naon, ieu kasenian téh mimiti pareum sarta carang nu nanggap deui. Bisa jadi lantaran aya dogér téa, dianggap ngandung unsur negatip nu kurang luyu jeung ajén moral masarakat.

Ieu pintonan nu dipaénkeun ku paling saeutik genep belas urang téh, kaasup nu tari jeung pangrawit (nayaga), dibuka ku ngahaleuangkeun lagu Kembang Gadung. Réngsé lagu, paradogér asup kana kalang, ngibing diluluguan ku primadonana. Ditengah kalang ditancebkeun oncor keur nyaangan nu ngibing. Jadi, anu ngibing téh ngurilingan oncor. Paradogér ngibing dina gerak tari keurseus dipirig lagu Banjar Sinom. Ti dinya robah kana gerak tari ketuk tilu sarta dipirig ku lagu Sulanjana. Tah dina ibinganna ogé teu asal réngkénék, tapi aya aturan-aturan anu tangtu.

Sabada ibing poko dipidangkeun, paradogér mimiti nawaran kaul ka nu lalajo. Boh primadona boh dogér biasa, tuluyna ngibing papasangan jeung nu kaul. Mun taya nu ngibingan, biasana ngibing papasangan jeung sasama dogér deui waé.

Jigana, adegan ieu pisan anu loba disurahan negatip téh. Lantaran biasana anu milu kaul ngibing téh parajawara anu tangtu baé kaum lalaki. Mun ayeuna mah disebut bajidor téa. Unggal bajidor boga ceungceuman dogér sorangan nu mun manggung di mana waé sok dituturkeun. Husus ngadon ngibingan.

Manglebarkeun, kiwari kasenian Dogér Kontrak geus méh tumpur. Tong boroning urang luar, dalah urang Subang-na sorangan geus loba nu teu apal kana ieu kasenian. Sok padahal ieu kasenian téh euyeub ku pintonan tari anu némbongkeun kaparigelan luhur. Kitu deui dina lagu jeung tatabeuhanna.

LATIHAN SOAL

1. Naha hasil seni budaya urang loba anu diaku ku deungeun?
2. Hasil budaya naon waé anu geus diaku jadi milik bangsa deungeun téh?3. Kasenian naon anu ayeuna geus diajarkeun di sakola-sakola di nagara deungeun?
4. Naon sababna di sakola-sakola di Jawa Barat teu diajarkeun?
5. Lamun diantep, bakal kumaha nasib kasenian urang téh?
6. Dogér kontrak kasenian ti daérah mana?
7. Naha bet disebut Dogér Kontrak?
8. Sabaraha urang pamaénna?
9. Tari naon waé anu dipintonkeun dina dogér kontrak?
10. Kumaha nasib seni Dogér Kontrak ayeuna?
11. Naon sababna seni Dogér Kontrak disurahan negatip?
12. Naon sababna urang Subang geus teu arapaleun deui kana senina sorangan?


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI ARTIKEL SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-artikel-sunda/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH ARTIKEL SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/artikel-sunda/


LINK 50+ KUMPULAN SOAL ARTIKEL SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/

Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE

Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA
MODUL PANGAJARAN BASA SUNDA



GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

MATERI ARTIKEL BUDAYA
A. BENTUK WACANA

Wacana memiliki bentuk tertentu. Munculnya bentuk-bentuk wacana karena adanya perbedaan cara penyampaian isi wacana. Ada wacana yang cara penyampaian isinya melalui narasi, ada yang dideskripsikan, ada yang dijelaskan, dan ada pula yang dijelaskan sambil diberi alasan.

Dari empat cara penyajian isi suatu wacana yang berbeda, lahir empat bentuk wacana yang berbeda, yaitu naratif, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi.

Naratif adalah wacana yang menceritakan urutan peristiwa atau peristiwa secara berurutan, baik itu nyata (faktual) maupun fiksi (imajinatif).

Eksposisi atau deskripsi adalah wacana yang mendeskripsikan dan mengedarkan suatu objek, prosesnya, tujuannya, dan tujuannya. Wacana eksposisi dimaksudkan untuk memperluas pengetahuan seseorang. kadang disebut wacana prosedural karena menggambarkan bagaimana melaksanakan suatu tugas seperti resep kue, resep makanan, dan formula obat. Deskripsi, deskripsi, atau candraan adalah wacana yang menggambarkan atau menggambarkan aktivitas indera (penglihatan, pendengaran, perasaan, sentuhan, dan penciuman) sebagai hasil dari pengalaman.

Dalam wacana Deskriptif menggambarkan objek secara detail dan detail sambil digariskan satu persatu secara detail. Tujuan deskripsi adalah untuk memotret atau melaporkan apa pun yang diketahui tanpa komentar.

Dalam wacana argumentatif, penjelasan biasanya disertai dengan alasan yang didasarkan pada fakta. Konten deskriptif selalu menyampaikan hal-hal yang masuk akal (logis) bagi orang lain untuk mempercayainya. Wacana argumentatif kadang disebut juga dengan wacana ilmiah atau wacana hortatoris, wacana argumentatif dimaksudkan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu yang disebut wacana persuasif. Misalnya pidato kampanye, dan periklanan.

Isi wacana wacana Anapon mampu beredar ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, pendidikan dan banyak lagi. Materi ajar yang ingin Anda bahas sekarang adalah soal membahas budaya R. Kebudayaan adalah bermacam-macam hal, termasuk manusia, adat istiadat, seni, bahasa, dan banyak lagi.

ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA

Kontrak Doger
Singhoreng, bukan satu-satunya bahasa yang menuntut penghilangan paksa. Seni juga, memiliki banyak orang yang hidup tidak mati netral tidak hos. Bahkan tumpur itu, tidak sedikit. Menurut saya, bagi Indonesia yang kaya akan seni budaya, hilangnya satu atau dua kesenian itu tak terukur, banyak hal. Tapi hidup dengan masyarakat yang kesehariannya harus goyang dan kesenian saya, pasti akan merasakan banyak kerugian tersebut. Ada beberapa sebab yang menjadi penyebab hilangnya seni budaya tersebut. Bahkan banyak. Hanya saja pengaruh saya yang lebih besar tentunya orangnya karena seni tersebut jarang dirasakan publik dan tidak diwariskan kepada entragan berikutnya.

Leuheng kalau ada “maling”, pasti tidak diketahui menjauhi pencurian seni dan budaya. Setiap orang bisa ikut serta dalam upaya membuat seni budaya bolay dicuri. Misalnya produk seni budaya kita “dicuri” oleh Malaysia, wajannya bisa dikelola pemerintah agar tidak menjadi milik orang lain. Tapi tuntutan hilang sendiri, sulit dicegah, karena prosesnya biasanya tidak diketahui. Yang kalah tidak sadar bahwa ada karya seni budaya yang hilang.

Tapi yang terpenting, pencuri hari ini tidak pintar. Sebagian besar Malaysia juga, setelah diprotes oleh bangsa kita karena mendaftarkan seni budaya kita sebagai milik mereka, kini pencurian seni itu tidak melalui daftar secara legal, tetapi dengan cara yang sangat mulus. Misalnya, sekarang dia pernah ke sana, di Malaysia seni menyanyi dan angklung sudah diwajibkan di sekolah-sekolah dari SD hingga SMA. Sedangkan di negara kita, dan di Jawa Barat yang memiliki kesenian tidak ada kewajiban untuk mengajar. Hampir seluruh siswa dari SD, SMP, hingga SMA yang diminta mengaku seumur hidupnya belum pernah mencoba angklung. Waditra degung onaman telah melihat sekelilingku. Terkadang angklung adalah warisan budayanya sendiri. Kilangbara I pemerintah menyediakan alat untuk disalurkan ke sekolah, saya pesan weh. Panci ini tidak.

Boleh jadi, suatu saat asuh, anak-anak muda Malaysia lebih pandai bermain degung dan angklung, dibandingkan anak-anak muda di Jawa Barat. Tidak masuk akal jika dulu seni menyanyi dan angklung dianggap sebagai seni rakyat Malaysia kita, karena di sana tumbuh subur daripada di air itu sendiri. Namun, ada pengakuan dari pihak lain bahwa tidak harus terdaftar di lembaga yang melindungi hak cipta apa pun, dan pasti akan dianggap sebagai properti. Jadi karya seni kita adalah karya yang dicuri dengan lembut, sementara pemiliknya tidak sadar. Ingatlah bahwa Anda benar-benar milik orang lain.

Itu bukan contoh yang bagus. Contoh kecil, di daerah di Jawa Barat banyak sekali kesenian yang populer. Misalnya di Kabupaten Subang. Di masa lalu, ada seni yang sangat terkenal, yang disebut Doger Kontrak. Seni ini berkembang pesat selama masa kontrak perkebunan untuk sukses di Kabupaten Subang.

Pemerannya diberi nama Doger Contract karena kelompok seni selalu memperhatikan kontrak perkebunan. Awalnya saya hanya dihibur di antara para buruh perkebunan. Itu termasuk orang yang berpangkat adalah mandor paling baik. Namun dalam jangka panjang kesenian ini menarik bagi bantuan Belanda. Sehingga ketika ditampilkan di hadapan para empu Belanda, kesenian ini “dikemas” kembali menjadi tontonan yang lebih menarik, baik dari gerak tari maupun dari kostum (kostum).

Sejak kemerdekaan dan perkebunan tidak lagi dikuasai oleh para empu Belanda, kesenian ini masih dijunjung tinggi. Tak hanya dirasakan di perkebunan lagi, tapi sudah mulai dirasakan oleh masyarakat pada acara-acara khusus. Pandangan tersebut mulai menyebar dari awal advokasi kepada masyarakat awam. Tapi belakangan ini, sayangnya apa efeknya, seni ini mulai mati dan kacang-kacangan merespon lagi. Bisa jadi karena ada teh doger yang dianggap mengandung unsur negatif yang kurang sesuai dengan nilai moral masyarakat.

Pertunjukan yang dibawakan oleh sedikitnya enam belas orang ini, termasuk penari dan penyanyi (nayaga), dibuka dengan perilisan lagu Kembang Gadung. Di akhir lagu, paradoks memasuki ring, chorus diawali dengan primadona. Di tengah ring diikat oncor untuk menerbangkan drone. Jadi, desas-desus ada di sekitar oncor. Paradog bernyanyi dalam gerakan tari diiringi lagu Banjar Sinom. Dari situ berubah menjadi gerakan tari tiga ketukan dan diiringi lagu Sulanjana. Yah, setidaknya aku tidak menyerah tanpa menjelaskan diriku sendiri terlebih dahulu.

Ketika ibing utama ditampilkan, paradigma mulai menawarkan sumpah kepada pemirsa. Baik primadona maupun doger biasa, lalu ngibing berpasangan dengan syahadat. Jika tidak ada yang bingung, biasanya rancu lagi pasangan dengan sesama doger saja.

Saya pikir, adegan ini sangat banyak pembicaraan negatif. Karena biasanya mereka yang mengikrarkan baiat adalah pejuang laki-laki tertentu. Kalau sekarang saya sebut bajidor thea. Setiap bajidor memiliki doger whisper tersendiri yang selalu diikuti manggung dimana saja. Donasi khusus.

Sebar, sekarang seni Kontrak Doger hampir mati. Laras boron kami

Di luar, Dalah Subang sendiri banyak yang tidak mengingat kesenian ini. Meski terkadang seni ini kaya dengan pertunjukan tari yang menampilkan keterampilan tinggi. Begitu pula dengan lagu dan tatabeuhanna.

LATIHAN ARTIKEL TENTANG KESENIAN SUNDA

  1. Mengapa banyak karya seni budaya kita populer di kalangan orang asing?
  2. Hasil kebudayaan apapun yang diklaim sebagai milik bangsa
    asing adalah?
  3. Seni apa yang saat ini diajarkan di sekolah-sekolah
    negara asing?
  4. Apa alasan sekolah di Jawa Barat tidak diajarkan?
  5. Jika dibiarkan, bagaimana nasib seni kita?
  6. Kontrak seni Dogér dari daerah mana?
  7. Mengapa taruhan tersebut dinamakan Doger Contract?
  8. Berapa banyak orang yang menjadi pemain?
  9. Tarian apa yang ditampilkan di kontrak doger?
  10. Bagaimana nasib seni Doger Contract sekarang?
  11. Apa alasan mengapa seni Doger Kontrak dikatakan negatif?
  12. Apa alasan kami tidak mengeluh kembali ke dalamnya
    seni sendiri?


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!