WAWANCARA BAHASA SUNDA

TEKS WAWANCARA BAHASA SUNDA TENTANG KESEHATAN

TEKS WAWANCARA BAHASA SUNDA TENTANG KESEHATAN

Assalamualaikum wr wb
Siswa-siswi yang Bapak banggakan, terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi rangkuman materi pelajaran bahasa Sunda untuk keperluan pembelajaran daring di Sekolah kita. Dikemas dalam bentuk media audio-visual, agar memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, serta memberikan pengalaman belajar yang baru di abad 21.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id mempunyai Youtube Channel, berisi video-video dokumentasi, hasil karya siswa-siswi di sekolah kita, dan video edukasi pembelajaran bahasa Sunda yang akan Bapak sampaikan setiap pertemuan di kelas. Supaya tidak ketinggalan kalian bisa kunjungi Youtube Channel dengan cara klik link di bawah ini. www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale


Jika ada pertanyaan seputar TEKS WAWANCARA BAHASA SUNDA TENTANG KESEHATAN yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi di kolom komentar atau bisa menghubungi Bapak melalui Whatsapp.

Semoga dengan adanya blog ini bisa membantu pembelajaran daring di sekolah kita supaya lebih efektif dan memberikan banyak manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
TEKS WAWANCARA BAHASA SUNDA TENTANG KESEHATAN.

MATERI CARITA PANTUN
MATERI CARITA PANTUN
MATERI CARITA PANTUN
MATERI CARITA PANTUN
MATERI CARITA PANTUN

TEKS WAWANCARA BAHASA SUNDA TENTANG KESEHATAN

Hasil Wawancara
Ngeunaan Bahaya Narkoba jeung Hiv
(Laporan disusun wangun tanya jawab)

Nu Nanya : “Pa, punten abdi badé nyuhunkeun katerangan, kintenkinten naon baé masalah anu dipayunan ku pamaréntah akibat tina narkoba téh?”

Narasumber : “Kiwari narkoba mémang jadi masalah, lain baé keur pamaréntah, tapi keur sakumna masarakat, ogé lain ukur di Indonesia, tapi di unggal nagara di sakuliah dunya. Ari nu jadi sababna narkoba téh bisa ngaruksak mental bangsa, utamana barudak ngora.”

Nu nanya : “Kumaha kaayaan jalma anu ngagunakeun narkoba dina mangsa kiwari téh Pa?”

Narasumber : “Justru éta kaayaanana geus matak pikahariwangeun. Nu nyalahgunakeun narkoba ti taun ka taun téh lain ngurangan, geuning kalah ngaronjat. Tah ieu téh pagawéan anu beurat pikeun pamaréntah mah .”

Nu Nanya : “naon waé anu karandapan ku jalma anu ngagunakeun narkoba téh, Pa?”

Narasumber : “Sakur nu nyalahgunakeun narkoba, utamana nu ngagunakeun jarum suntik, baris nimbulkeun masalah séjénna, salasahijina nyebarna virus HIV.”

Nu Nanya : “Kinten-kinten naon nu nyababkeun éta jalma wani-wani
ngagunakeun narkoba?”

Narasumber : “Ari nu jadi sababna mah rupa-rupa, aya faktor psikologis, biologis, sosial, katut spiritual saperti kurangna bingbingan atikan agama. Lamun jalma nu geus katagihan sok hésé ngeureunkeunana. Matak urang ulah sakali-kali kumawani ngagunakeun narkoba, lamun geus katagihan mah hésé ubarana.”

Nu Nanya : “Kumaha sangkan ieu kasus narkoba téh teu nerekab ka generasi ngora?”

Narasumber : “Sangkan ieu masalah téh teu nerekab, perlu diihtiaran kalawan soson-soson, di antarana ku cara ngalibetkeun pamaréntah, LSM, kaasup ogé média massa, jeung pusat réhabilitas HIV/AIDS.”

Nu Nanya : “Tarékah naon kinten-kintenna sangkan jalma-jalma hususna generasi ngora teu kalibet ngagunakeun narkoba?”

Narasumber : “Anu leuwih utama mah dijaga timimiti lingkungan kulawarga. Barudak salaku generasi ngora dididik ku atikan agama sangkan pengkuh kaimanannana. Salian ti éta, méré nyaho sangkan barudak apal yén narkoba téh barang haram anu dilarang ku agama jeung pamaréntah. Sabab bakal ngaruksak méntal jeung runtuhna nagara.

Nu Nanya : “Naha tina narkoba tiasa ngaruntuhkeun nagara?”

Narasumber : “Nya muhun, pan narkoba mah bisa ngaruksak pisik jeung méntal. Awak ruksak, pikiran kaganggu, teu bisa konséntrasi, da pikiranana pinuh ku lamunan nu teu pararuguh. Tah lamun generasi ngora geus kitu, saha anu baris ngolah nagara? Antukna nagara moal aya nu maliré. Tah ieu pisan anu dipikahariwang ku sakumna masarakat Indonesia téh.”

LATIHAN

Sabada maca pedaran jeung conto laporan wawancara di luhur pék pigawé ieu pancén di handap!

1. Anu ditanyakeun ka petugas HIV di luhur téh ngawengku pertanyaan model 5 W jeung 1H. Pék ku hidep paluruh mana anu kaasup (what, who, where, which, when, jeung How)!

what (naon) : ………
where (dimana) : ………
when (iraha) : ………
who (saha) : ………
why (naha) : ………
how (kumaha) : ………

Conto laporan hasil wawancara wangun artikel

Ramlan Si Pinter nu Humoris
Ramlan téh béntang pelajar di sakola mah. Budakna pinter, tapi henteu sombong. Malah soméah pisan ka sasaha ogé. Lian ti éta mun diajak ngobrol téh pikaresepeun, lantaran sipatna anu humoris.

Unggal taun Ramlan mah juara kelas baé. Can lila Ramlan dikirim ka provinsi, miluan olimpiadeu matematika tingkat SMA. Balikkna meunang gelar juara deui baé. Kumaha cara diajar Ramlan nepi ka jadi budak pinter?

Horéng diajarna mah cenah biasa baé. Sapoé rata-rata dua jam diajarna téh. peuting jeung waktu subuh. Tapi dilaksanakeun unggal poé. Naha dipapaksa ku indung bapana?

“Ah henteu, sok maksakeun nyalira baé. Mamah sareng Bapa mah ukur masihan sumanget,” pokna basa diajak ngobrol di kantin sakola, anyar-anyar ieu.

Prinsipna dina diajar alus pisan. Ramlan ngaku yén dirina lain budak jenius, tapi saha baé bisa jadi pinter lamun daék jeung rajin diajar. Paribasa Sunda anu unina cikaracak ninggang batu laun-laun jadi legok, ku Ramlan mah diamalkeun pisan.

Asal muasalna mah cenah indungna kungsi nyarita yén batu gé anu sakitu teuasna, ku cikaracak anu teras-terasan nyakclak mah, teu burung legok. “Hartosna, sanajan urang bodo, lamun terus-terusan usaha jeung rajin diajar, tangtu bakal bisa, bakal pinter,” pokna, bari tuluy nyebutkeun yén éta caritaan indungna téh napel baé cenah dina ingetanana.

Ku sabab kitu, sanajan lain anak nu beunghar tur teu loba waktu anu luang, Ramlan mah mentingkeun pisan pikeun diajar jeung ngapalkeun. Malah citacitana téh henteu kapalang. Cenah mun kaparengkeun, Ramlan téh hayang jadi érsiték.

Naha bet hayang jadi arsitek?
“Rorompok anu ayeuna ditempatan ku kulawarga abdi, asa teu kungsi dioméan sakaémut mah. Tos siga aki-aki mun jalmi mah. Abdi sok ngémut, emh, mun aing jadi arsiték, Mamah sareng Bapa téh badé dipangdamelkeun pangiuhan anu merenah. Teu kudu méwah, tapi matak betah aranjeunna,” pokna semu kagagas.
Urang duakeun baé, muga-muga cita-cita Ramlan téh tinekanan. Amin!

SUMBER & REFERENSI
Dirangkum dari beberapa buku:

Sudaryat, Yayat. Spk. 2017. Panggelar Basa Sunda pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas X. Bandung : Erlangga

Héndrayana, Dian. 2016. Rancagé Diajar Basa Sunda (Pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas X). Bandung: Pustaka Jaya.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2015. Pamekar Diajar Basa Sunda: pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas X. Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Tentu saja blog ini masih jauh dari kata sempurna, masih banyak kesalahan dan kekurangan, maka dari itu jika diantara kalian mempunyai kritik dan saran yang ingin disampaikan, dipersilahkan untuk mengisi kolom komentar atau menghubungi Bapak. Kedepannya blog ini akan dievaluasi secara berkala sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi kalian semua siswa-siswi yang bapak sayangi.

Jika ada karya dari penulis yang dimuat di blog ini, dan tidak berkenan untuk dipakai sebagai bahan ajar, silahkan bisa menghubungi Bapak untuk kemudian melakukan tindakan yang diperlukan, jika ada indikasi pelanggaran konten, anatara lain bapak akan melakukan tindakan dengan cara menghapus konten tersebut.

Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai TEKS WAWANCARA BAHASA SUNDA TENTANG KESEHATAN lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM

FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE

TIKTOK

Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, berikan dukungan dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kelas kalian. Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.

GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

TEKS WAWANCARA BAHASA SUNDA TENTANG KESEHATAN

Hasil Wawancara
Tentang Bahaya Narkoba dan Hiv
(Laporan disiapkan dalam bentuk tanya jawab)

Pertanyaan: Ayah, tolong saya minta penjelasannya, kintenkinten
masalah yang didahului oleh pemerintah
Apa konsekuensi dari narkoba? ”
Sumber: “Saat ini narkoba menjadi masalah, bukan untuk manusia
pemerintah, tetapi untuk seluruh masyarakat, juga tidak hanya
di Indonesia, tetapi di setiap negara di dunia.
Hari itu adalah mengapa narkoba sangat merusak mental
bangsa, terutama anak kecil. “
Pertanyaan: Bagaimana kondisi pengguna narkoba di
Masa depan adalah Ayah? “
Sumber: “Justru situasinya mengkhawatirkan.
Penyalahgunaan narkoba dari tahun ke tahun adalah hal lain
berkurang, tapi kalah bertambah. Jadi ini pekerjaan
itu berat bagi pemerintah saya. “
Pertanyaan: Apa pun yang terjadi pada orang yang menggunakannya
Apa obatnya, Ayah? ”
Sumber: “Siapapun yang menyalahgunakan narkoba, terutama yang
menggunakan jarum suntik, akan menimbulkan masalah
lainnya, salah satunya adalah penyebaran virus HIV. “
Pertanyaan: Mungkin apa yang membuat orang itu berani
menggunakan narkoba? ”
Sumber: “Alasannya bermacam-macam, ada faktor psikologis,
biologis, sosial, dan spiritual seperti kekurangan
kebingungan pendidikan agama. Jika orang tersebut kecanduan
selalu sulit dihentikan. Jangan sekali-kali
berani menggunakan narkoba, jika Anda kecanduan
sulit untuk disembuhkan. “
Pertanyaan: Bagaimana agar kasus narkoba ini tidak menyebar
generasi muda? “
Sumber: “Agar masalah ini tidak menyebar, perlu ditangani
dengan lapisan, di antaranya melalui keterlibatan
pemerintah, LSM, termasuk media massa, dan pusat
Rehabilitasi HIV / AIDS. “
Pertanyaan: Apa cara terbaik untuk membuat orang istimewa
Generasi muda tidak terlibat dalam narkoba? “
Sumber: “Yang terpenting adalah menjaga lingkungan sejak awal
keluarga. Anak-anak sebagai generasi muda dididik oleh
pendidikan agama membuat keyakinannya teguh. Sebagai tambahannya
artinya, memberi tahu anak-anak bahwa narkoba itu
Barang ilegal dilarang oleh agama dan pemerintah.
Karena itu akan merusak mental dan meruntuhkan negara.
Pertanyaan: Dapatkah narkoba merusak negara?
Sumber: “Wah, wadah obat saya bisa merusak tubuh
dan mental. Tubuh rusak, pikiran terganggu, tidak mampu
konsentrasi, dan pikirannya penuh dengan fantasi yang bukan
pararuguh. Jadi kalau generasi mudanya begitu, siapa itu
akan memproses negara? Akhirnya negara itu tidak akan diabaikan.
Jadi ini sangat dikhawatirkan oleh seluruh masyarakat
Indonesia. ”

Contoh laporan wawancara dalam bentuk artikel
Ramlan Si Pinter nu Humoris
Ramlan adalah bintang pelajar di sekolah saya. Anak laki-laki itu pintar, tapi tidak sombong. Bahkan sangat ramah kepada siapapun juga. Selain itu berbicara itu menyenangkan, karena lucu.

Setiap tahun Ramlan adalah juara kelas saya. Bisa lama Ramlan dikirim ke provinsi, untuk ikut olimpiade matematika tingkat SMA. Kembali untuk memenangkan gelar lagi. Bagaimana Ramlan belajar menjadi anak pintar?

Tidak, aku diberitahu dia biasa. Rata-rata dua jam sehari diajarkan. malam dan waktu fajar. Tapi diadakan setiap hari. Kenapa dia dipaksa oleh orang tuanya?

“Ah tidak, selalu paksakan dirimu. Ayah dan ibu saya hanya memberi saya semangat, ”ucapnya saat berbincang di kantin sekolah, belum lama ini.

Prinsip dalam belajar sangat bagus. Diakui Ramlan, dirinya bukanlah bocah jenius, tapi siapa pun bisa pintar jika mau dan rajin belajar. Pepatah bahwa unina cikaracak ninggang batu lama kelamaan menjadi legok, oleh Ramlan saya banyak berlatih.

Semula saya katakan ibunya pernah mengatakan bahwa batunya akan keras sekali, oleh cikaracak yang terus-menerus nyakclak saya, bukan burung legok. Maksud saya, meskipun kita bodoh, jika kita terus berusaha dan rajin belajar, tentu kita akan bisa, kita akan pintar, katanya, sambil mengatakan bahwa cerita ibunya lekat dengan orangnya. kata dalam ingatannya.

Oleh karena itu, meski bukan anak orang kaya dan tidak banyak waktu luang, Ramlan sangat penting untuk dipelajari dan dihafal. Bahkan ambisinya tidak salah lagi. Ia mengatakan selain itu, Ramlan sangat ingin menjadi seorang arsitek.

Mengapa Anda bertaruh ingin menjadi seorang arsitek?
“Grup yang sekarang ditampung oleh keluarga saya, saya harap tidak pernah terlupakan. Tos siga aki-aki mun jalmi mah. Aku selalu ingat, eh, jika aku menjadi seorang arsitek, Ayah dan Ibu akan membuatkan warna yang cocok. Nggak harus mewah, tapi harus nyaman buat mereka, ”ujarnya.
Kami mencintainya, semoga cita-cita Ramlan ditekankan. Amin!

error: Content is protected !!