
15+ CONTOH WAWANCARA BAHASA SUNDA
15+ CONTOH WAWANCARA BAHASA SUNDA
Assalamualaikum wr wb
Siswa-siswi yang Bapak banggakan, terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi rangkuman materi pelajaran bahasa Sunda untuk keperluan pembelajaran daring di Sekolah kita. Dikemas dalam bentuk media audio-visual, agar memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, serta memberikan pengalaman belajar yang baru di abad 21.
Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id mempunyai Youtube Channel, berisi video-video dokumentasi, hasil karya siswa-siswi di sekolah kita, dan video edukasi pembelajaran bahasa Sunda yang akan Bapak sampaikan setiap pertemuan di kelas. Supaya tidak ketinggalan kalian bisa kunjungi Youtube Channel dengan cara klik link di bawah ini. www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale
Jika ada pertanyaan seputar 15+ CONTOH WAWANCARA BAHASA SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi di kolom komentar atau bisa menghubungi Bapak melalui Whatsapp.
Semoga dengan adanya blog ini bisa membantu pembelajaran daring di sekolah kita supaya lebih efektif dan memberikan banyak manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar 15+ CONTOH WAWANCARA BAHASA SUNDA.
15+ CONTOH WAWANCARA BAHASA SUNDA
Hasil Ngawawancara
Patugas Museum KAA
(Laporan disusun wangun tanya jawab)
Siswa : “Aya wartos lebet Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) mah bénten sareng ka museum-museum atanapi tempat wisata liana. Naon béntenna téh Pa?
Patugas : ”Leres, Wisata sajarah ka KAA mah teu dipulut biaya nanaon. Ngan sok sanajan haratis, tetep baé masarakat mah bangun nu haroréameun. Masarakat mah mending milih ulin ka mol, diskotik, atawa outlet manan ka museum.
Siswa: “Naha nya Pa, naon margina sapertos kitu?”
Patugas : “Kawasna mah masarakat teu acan pada arapaleun kana pentingna titinggal sajarah. Padahal sajarah téh mangrupa eunteung. Salian ti kitu, anggapan masarakat kana wangunan museum gé masih kénéh héngkér.
Siswa : Naon nu dimaksad héngkér téh Pa?”
Patugas : “Masarakat masih kénéh nganggap yén museum téh hiji wangunan karamat, teu sambarang jalma bisa asup ka museum. Komo ka museum KAA mah, anggapan masarakat mah, nu bisa asup ka ieu museum téh ngan keur jalma-jalma penting wungkul. Padahal mah teu kitu. Saha baé ogé bisa ngajugjug ka Museum KAA, teu diiwalkeun,”
Siswa : Naon waé informasi nu tiasa dipaluruh di KAA téh Pa?”
Patugas : “Kiwari mah Museum KAA téh geus dilengkepan ku arsip jeung dokuméntasi dina wangun multimedia nu ditunda dina computer. Sakur nu ngajugjug bisa nengetan jeung ngimeutan pasualan sajarah, unak-anik, katut ragam budaya ti sakuliah bangsa-bangsa Asia jeung Afrika.”
Siswa : “Masarakat mana waé nu sok sarumping ka KAA téh Pa?”
Patugas : “Tepi ka kiwari nu ngajugjug ka Museum KAA téh lolobana barudak sakola. Kituna mah pantes, kapan sajarah ngeunaan KAA téh asup kana kurikulum pendidikan dasar jeung menengah. Malah mah dina sabulanna téh nu daratang ka Museum KAA téh jumlahna nepi ka 10.000 urang.
Siswa : “Nganggo média promosi naon Pa, nu dilakukeun ku pihak KAA ka masarakat dunya?”
Patugas : “Di antarana téh Museum KAA milu aub dina Asia Africa Art Festival (AAAF). Hal éta minangka tarékah pikeun ngawawarkeun atawa publikasi jeung promosi Museum KAA ka balaréa.
Siswa : “Kinten-kinten koléksi di KAA aya nu ti mana waé Pa?”
Patugas : “Seueur Néng, sajabi ti rupa-rupa barang langka, aya ogé Koléksi barang penting jeung ahéng séjénna kiriman ti bangsabangsa Asia Afrika. Nu bisa dimangpaatkeun pikeun bidang paélmuan kaasup sajarawan jeung mahasiswa.
Siswa : Dupi kasang tukang ngadegna ieu museum KAA téh kumaha sareng iraha?
Patugas : “Kasang tukang ngadegna Museum KAA téh patali jeung lumangsungna Komperensi Asia Afrika (KAA) tanggal 24 April 1955. éta kajadian téh mangrupa peristiwa sajarah dina dunya politik luar negeri Indonésia turta peristiwa gedé pikeun bangsa-bangsa di Asia jeung Afrika.
Siswa : “Saha harita anu ngadegkeunana?”
Patugas : “Anu naratas ngadegna Museum KAA téh nya éta Mentri Luar Negri RI manten (1978-1988), nu jenengan Prof. Dr. Muchtar Kusumatmadja, S.H., LL.,M. turta alfukahna Joop Ave, minangka Ketua Panitia 25 Tahun Konferensi Asia Afrika jeung nu ngajabat Diréktur Jéndral Potokol dan Konsuler Departemén Luar Negri, rukun gawé jeung Departemen Penerangan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Daérah Tingkat I Propinsi Jabar, sarta Universitas Pajajaran, diistrénan tanggal 24 April 1980 ku Présidén Suharto.”
Siswa : “Sajabi ti ningalian koléksi, urang tiasa ningal naon deui di KAA téh Pa?”
Patugas : “Di Museum KAA ogé urang bisa nyaksian film documenter taun 50-an. Tempatna di ruhangan audio visual. Sajaba ti film dokumenter, ogé urang bisa nyaksian fi lm-fi lm ngeunaan kabudayaan ti nagara-nagara Asia Afrika.
(Diropéa tina Koran Sunda: 19 April 2006)
LATIHAN
Conto téks laporan wawancara di luhur, di jerona munel pisan ku informasi, pék téangan informasi anu ngawengku pananya 5W+1H!
what (naon) : ………
where (dimana) : ………
when (iraha) : ………
who (saha) : ………
why (naha) : ………
how (kumaha) : ………
Wawancara jeung Yaris Riyadi:
Nuhun, Viking!
Keur pamaén Persib mah, bobotoh téh gedé pisan pangaruhna. Kumaha ari Viking ceuk pamaén? Yulianto Agung ti Cupumanik wawancara (CM) jeung Yaris Riyadi (YR), pamaén nu geus welasan taun ngabéla kleub Persib. Ieu cutatanana: CM: Minangka pamaén senior, akang tangtos wanoh jeung bobotoh. Kumaha numutkeun Akang kontribusi Viking kanggo pamaén Persib?
YR: Kontribusi bobotoh, pangpangna Viking, saé pisan. Karaos pisan ku pamaén mah. Viking teu weléh satia masihan sumanget, upamina mun nuju tanding. Boh upami maén di Bandung boh nuju maén tandang. Mun nuju maén tandang, Viking sok ngabring ngadukung Persib, sanaos sakedik tapi éta téh kacida ageung pangaruhna kanggo pamaén mah.
CM: Sakapeung sok aya bobotoh anu teu tuhu kana aturan, upamina baé babalédogan ka tengah lapang. Kumaha pamendak Akang?
YR: Panginten éta téh émosi bobotoh nu jolna tina rasa fanatik anu ageung ka Persib. Da saleresna mah, teu di urang waé nu kitu téh. Tong boro di Indonésia, dalah di Éropa gé nu méngbalna tos maju, masih aya anu kitu. Mun kahoyong mah Viking sareng bobotoh sanésna tiasa kontrol, tong kaleuleuwihi teuing. Ka pamaén gé tangtos baé matak mangaruhan méntal, upamina janten kesel atanapi maén janten teu fokus. Tapi da ayeuna mah nu kitu téh tos ngirangan, kantun hiji dua, teu kawas kapungkur.
CM: Naha tiasa disebatkeun ayeuna mah bobotoh téh langkung déwasa?
YR: Muhun, katingalna mah kitu. Bobotoh, pangpangna Viking, tos langkung saé. Panginten kadéwasaan tiasa diwangun bari ngeureuyeuh. Tapi mungkin waé aya pangaruh ti organisasi (Vikingréd) ka para anggotana, upamina ti ketuana masihan wawasan ka bobotoh. Mugi baé sadayana janten engeuh, yén kalakuan bobotoh nu kirang merenah téh sanés baé ngarugikeun pamaén, tapi langkung ti kitu. Klub upamina didengda, bobotoh teu tiasa nongton, sponsor ngirangan kapercantenanana, jsté.
CM: Kumaha harepan Akang keur Viking ka payun?
YR: Nuhun pisan ka Viking nu tos ngadukung Persib. Mudah-mudahan dukungan ti Viking sareng ti bobotoh sanésna tiasa diwales ku préstasi Persib anu saé. Mugi Viking teras satia ngadukung Persib, tiasa langkung tartib sareng sportif. Supados sadayana tenang, boh pamaénna, boh kleubna, boh nu mikaresep méngbal umumna. Viking téh suporter anu ayana tos lami pisan apan, sawadina tiasa dianggo conto ku bobotoh sanésna. Nuhun-nuhun janten pionér suporter sportif di Indonésia. Sareng hiji deui, upami tiasa mah Viking sareng The Jack akur atuh, supados Persib sareng Persija henteu teras-terasan dirugikeun ku tindakan bobotoh anu awon.
(Dicutat tina majalah Cupumanik No. 48 Taun IV, Juli 2007)
SUMBER & REFERENSI
Dirangkum dari beberapa buku:
Sudaryat, Yayat. Spk. 2017. Panggelar Basa Sunda pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas X. Bandung : Erlangga
Héndrayana, Dian. 2016. Rancagé Diajar Basa Sunda (Pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas X). Bandung: Pustaka Jaya.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2015. Pamekar Diajar Basa Sunda: pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas X. Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Tentu saja blog ini masih jauh dari kata sempurna, masih banyak kesalahan dan kekurangan, maka dari itu jika diantara kalian mempunyai kritik dan saran yang ingin disampaikan, dipersilahkan untuk mengisi kolom komentar atau menghubungi Bapak. Kedepannya blog ini akan dievaluasi secara berkala sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi kalian semua siswa-siswi yang bapak sayangi.
Jika ada karya dari penulis yang dimuat di blog ini, dan tidak berkenan untuk dipakai sebagai bahan ajar, silahkan bisa menghubungi Bapak untuk kemudian melakukan tindakan yang diperlukan, jika ada indikasi pelanggaran konten, anatara lain bapak akan melakukan tindakan dengan cara menghapus konten tersebut.
Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai 15+ CONTOH WAWANCARA BAHASA SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:
Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE
TIKTOK
Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, berikan dukungan dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kelas kalian. Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih.
GOOGLE TRANSLATE
Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.
15+ CONTOH WAWANCARA BAHASA SUNDA
Hasil Wawancara
Museum Patugas KAA
(Laporan disiapkan dalam bentuk tanya jawab)
Siswa: “Ada berita di Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) saya
berbeda dengan museum atau tempat wisata
liana. Apa perbedaan Pa?
Petugas: ”Benar, wisata sejarah ke KAA saya tidak memungut biaya apapun.
Terkadang bahkan gratis, membuat komunitas saya tetap terjaga
yang memalukan. Orang-orang saya masih memilih untuk memainkan tahi lalat,
disko, atau outlet manan ke museum.
Siswa: “Kenapa Ayah, berapa marginnya seperti itu?”
Petugas: “Sepertinya masyarakat belum mengeluh
pentingnya peninggalan sejarah. Padahal sejarah adalah a
cermin. Selain itu, persepsi masyarakat terhadap bangunan tersebut
Museum masih akan menggantung.
Siswa: Apa maksudmu gantungan itu Ayah? ”
Petugas: “Orang-orang masih menganggap museum itu satu
bangunan suci, tidak sembarang orang bisa masuk museum.
Bahkan untuk museum KAA saya, opini publik saya, itu
untuk bisa masuk museum ini hanya untuk orang-orang penting
hanya. Padahal saya tidak. Siapapun juga bisa menebak
ke Museum KAA, tidak diawetkan, ”
Mahasiswa: Adakah informasi yang dapat dicari di KAA adalah Pa? ”
Petugas: “Saat ini Museum KAA sudah dilengkapi dengan arsip
serta dokumentasi dalam bentuk multimedia
komputer. Setiap orang yang memandangnya, ingin mencobanya
masalah sejarah, keingintahuan, dan keragaman budaya dari seluruh penjuru
bangsa Asia dan Afrika. “
Mahasiswa: “Adakah komunitas yang selalu mirip dengan KAA itu Pa?”
Petugas: “Sampai hari ini pengunjung Museum KAA kebanyakan
anak sekolah. Jadi saya pantas mendapatkannya, ketika sejarah adalah tentang
KAA termasuk dalam kurikulum pendidikan dasar dan
medium. Nyatanya, dalam sebulan adalah pendatang baru
Museum KAA memiliki total hingga 10.000 orang.
Siswa: “Pakai media promosi apa saja yang dilakukan oleh pesta
KAA kepada komunitas dunia? ”
Petugas: “Diantaranya adalah Museum KAA yang terlibat di Asia Afrika
Festival Seni (AAAF). Itu adalah pelatihan untuk
memperkenalkan atau menerbitkan dan mempromosikan Museum KAA
untuk orang banyak.
Siswa: “Apa ada koleksi di KAA yang berasal dari mana saja, Bapak?”
Petugas: “Banyak Neng, selain berbagai barang langka, juga tersedia
Koleksi barang penting dan aneh lainnya yang dikirim dari negara tersebut
Asia Afrika. Itu bisa dimanfaatkan untuk lapangan
ilmuwan termasuk sejarawan dan mahasiswa.
Mahasiswa: Apakah latar belakang berdirinya museum KAA ini adalah bagaimana
dan kapan?
Petugas: “Latar belakang berdirinya Museum KAA terkait
Konferensi Asia Afrika (KAA) berlangsung pada tanggal 24
April 1955. Peristiwa itu merupakan peristiwa bersejarah di dalam
Dunia politik luar negeri Indonesia merupakan ajang besar bagi negara-negara di Asia dan Afrika.
Siswa: “Lalu siapa yang mendirikannya?”
Petugas: “Pelopor berdirinya Museum KAA adalah Menteri Luar Negeri
Negri RI Manten (1978-1988) yang bernama Prof. Dr. Muchtar
Kusumatmadja, S.H., LL., M. turf alfukahna Joop Ave, sebagai
Ketua Panitia Peringatan 25 Tahun Konferensi Asia Afrika dan
menjabat sebagai Direktur Jenderal Departemen Portugis dan Konsuler
Di luar negeri, bekerja dengan Departemen Informasi,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Daerah
Tingkat I Provinsi Jawa Barat, dan Universitas Pajajaran, dilatih
pada 24 April 1980 oleh Presiden Suharto. “
Siswa: “Selain melihat koleksinya, kita bisa melihat isinya
KAA adalah Pa? ”
Petugas: “Di Museum KAA kita juga bisa menyaksikan film dokumenter
50-an. Itu terletak di ruang audio visual. Selain film
dokumenter, juga kita bisa menyaksikan fi lm-fi lm tentang budaya
dari negara-negara Asia dan Afrika.
(Diperbarui dari Koran Sunda: 19 April
Wawancara dengan Yaris Riyadi:
Ya, Viking!
Untuk pemain Persib saya, bobotnya sangat besar. Bagaimana kata para Viking? Yulianto Agung dari wawancara Cupumanik (CM) dan Yaris Riyadi (YR), pemain yang sudah puluhan tahun membela klub Persib. Ini kutipannya: CM: Sebagai pemain senior, ini pasti akan terjadi berkali-kali. Menurut Akang, kontribusi Viking terhadap pemain Persib?
YR: Kontribusi bobot, Viking, sangat bagus. Merasa sangat banyak oleh para pemain saya. Bangsa Viking pun tidak berani memberikan dorongan, misalnya bertempur. Entah main di Bandung atau main di luar negeri. Kalau soal bermain tandang, Viking selalu mendukung Persib, meski sedikit tapi berdampak besar pada pemain saya.
CM: Terkadang ada orang yang tidak mengikuti aturan, seperti seseorang yang pergi ke tengah lapangan. Apa ideku?
YR: Pikirnya itu emosi lepas yang berasal dari fanatisme besar ke Persib. Faktanya, kita sama sekali tidak seperti itu. Hampir tidak di Indonesia, dan di Eropa Anda akan menemukan bahwa bolanya sudah maju, masih ada yang seperti itu. Jika saya ingin Viking dan sisa pasukan bisa mengendalikan, laras terlalu banyak. Bagi pemain Anda pasti akan terpengaruh secara mental, misalnya menjadi kesal atau bermain menjadi tidak fokus. Tapi mulai sekarang yang jadi udah dikurangi, tinggal satu atau dua saja, tidak seperti dulu.
CM: Dapatkah Anda memberi tahu saya sekarang bahwa saya lebih tua dari saya?
YR: Ya, terlihat seperti itu. Bobotoh, kepala suku Viking, ternyata lebih baik. Pemikiran kedewasaan bisa dibangun saat bekerja. Namun tidak menutup kemungkinan ada pengaruh dari organisasi (Vikingréd) kepada anggotanya, misalnya dari ketua untuk memberikan wawasan kepada pasangan. Saya berharap dia semua diyakinkan, bahwa tindakan curang yang kurang nyaman bukanlah karena dia merugikan pemain, tetapi lebih dari itu. Klub didenda, klub tidak bisa menonton, sponsor kehilangan kepercayaan, dan sebagainya.
CM: Apa harapan Anda agar Viking maju?
YR: Terima kasih banyak kepada Viking yang telah mendukung Persib. Semoga dukungan dari Viking dan yang lainnya dibalas dengan prestasi Persib yang baik. Saya berharap Viking terus mendukung Persib, bisa lebih tertib dan sporty. Supaya semua orang tenang, baik para pemainnya, sama-sama klubnya, sama-sama mereka yang menggemari sepakbola secara umum. Viking adalah pendukung lama apan, jadi dia bisa dijadikan contoh oleh kelompok lain. Terima kasih telah menjadi pelopor pendukung olahraga di Indonesia. Dan satu hal lagi, jika saya bisa Viking dan The Jack setuju dengan saya, agar Persib dan Persia tidak terus menerus dirugikan oleh perbuatan jahat.
(Dikutip dari Majalah Cupumanik No. 48 Tahun IV, Juli 2007)
2006)

