
MATERI WARTA SUNDA
MATERI WARTA SUNDA
Assalamualaikum wr wb
Siswa-siswi yang Bapak banggakan, terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi rangkuman materi pelajaran bahasa Sunda untuk keperluan pembelajaran daring di Sekolah kita. Dikemas dalam bentuk media audio-visual, agar memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, serta memberikan pengalaman belajar yang baru di abad 21.
Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id mempunyai Youtube Channel, berisi video-video dokumentasi, hasil karya siswa-siswi di sekolah kita, dan video edukasi pembelajaran bahasa Sunda yang akan Bapak sampaikan setiap pertemuan di kelas. Supaya tidak ketinggalan kalian bisa kunjungi Youtube Channel dengan cara klik link di bawah ini. www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale
Jika ada pertanyaan seputar MATERI WARTA SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi di kolom komentar atau bisa menghubungi Bapak melalui Whatsapp.
Semoga dengan adanya blog ini bisa membantu pembelajaran daring di sekolah kita supaya lebih efektif dan memberikan banyak manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar MATERI WARTA SUNDA.
MATERI WARTA SUNDA
A. DAFTAR ISI
A. Materi Warta Bahasa Sunda
B. Contoh Warta Bahasa Sunda
C. Latihan Soal Warta Bahasa Sunda
D. Kunci Jawaban
E. Rangkuman Materi Warta Bahasa Sunda
B. PETUNJUK
Di bawah ini adalah MATERI WARTA SUNDA dalam bentuk PDF, pahami terlebih dahulu petunjuk penggunaannya untuk memberikan kenyamanan dalam belajar materi tersebut silahkan kalian bisa menggunakan menu-menu yang tersedia pada PDF ini.
1. klik view Fullscreen untuk menampilkan seluruh materi pada layar sehingga kalian bisa dengan leluasa membaca materi tersebut
2. klik simbol “+” atau “-“ untuk mengatur ukuran PDF mau diperbesar atau diperkecil sesuaikan dengan kenyamanan kalian
3. Klik simbol serach atau find dokumen untuk mencari kata kunci secara langsung sesuai dengan kata yang akan kalian cari
4. klik tanda panah untuk memilih opsi lainya jika kalian ingin mengatur tampilan PDF sesuai dengan yang kalian butuhkan
5. Refresh halaman jika materi PDF tidak muncul
MATERI WARTA
BAHASA SUNDA PDF
Di bawah ini adalah materi wawancara bahasa Sunda PDF, silahkan kalian baca terlebih dahulu, demi kenyamanan membaca silahkan gunakan sesuai dengan petunjuk diatas,
CONTOH MATERI WARTA
BAHASA SUNDA PDF
Setelah membaca dan memahami materi pada PDF diatas, silahkan kalian bisa membaca contoh-contoh wawancara di bawah ini. unutk melihat dan mempelajari kumpulan contoh wawancara lainnya kalian bisa klik link berikut
https://bahasasunda.id/category/warta/
LATIHAN SOAL WARTA
BAHASA SUNDA PDF
Setelah memahami materi silahkan kalian isi latihan soal wawancara bahasa Sunda di bawah ini. untuk mengerjakan soal lainnya kalian bisa klik link berikut ini
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/
KUNCI JAWABAN SOAL WARTA
BAHASA SUNDA
Setelah mengerjakan soal, kalian bisa melihat kunci jawaban yang sudah tersedia pada PDF di bawah ini untuk menilai dan mengevaluasi
RANGKUMAN MATERI WARTA
BAHASA SUNDA PDF
Berikut adalah rangkuman dari materi wawancara bahasa Sunda, kalian bisa mencatat kembali rangkuman ini pada buku catatan bahasa Sunda masing-masing.
SUMBER & REFERENSI
Sumber dan referensi blog ini dirangkum dari beberapa modul & buku:
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2019. Modul Pangajaran Kaparigelan Basa Sunda Lisan. Bandung : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2019. Modul Pangajaran Kaparigelan Basa Sunda Tulis. Bandung : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2015. Pamekar Diajar Basa Sunda: pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas X. Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2015. Pamekar Diajar Basa Sunda: pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas XI. Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2015. Pamekar Diajar Basa Sunda: pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas XII. Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Tentu saja blog ini masih jauh dari kata sempurna, masih banyak kesalahan dan kekurangan, maka dari itu jika diantara kalian mempunyai kritik dan saran yang ingin disampaikan, dipersilahkan untuk mengisi kolom komentar atau menghubungi Bapak. Kedepannya blog ini akan dievaluasi secara berkala sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi kalian semua siswa-siswi yang bapak sayangi.
Jika ada karya dari penulis yang dimuat di blog ini, dan tidak berkenan untuk dipakai sebagai bahan ajar, silahkan bisa menghubungi Bapak untuk kemudian melakukan tindakan yang diperlukan, jika ada indikasi pelanggaran konten, anatara lain bapak akan melakukan tindakan dengan cara menghapus konten tersebut.
Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai MATERI WARTA BAHASA SUNDA SMA KELAS 11 lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:
LINK KUMPULAN MATERI WARTA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-warta-sunda/
LINK 15+ KUMPULAN CONTOH WARTA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/warta/
LINK 50+ KUMPULAN SOAL WARTA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/
Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE
TIKTOK
Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, berikan dukungan dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kelas kalian. Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih.
LITERASI GURU
Konsep kurikulum menurut pandangan para ahli dapat dipandang dari tiga konteks, yaitu kurikulum sebagai mata pelajaran, kurikulum sebagai kegiatan pengalaman dan kurikulum sebagai perencanaan.Perkembangan kurikulum yang terjadi di Indonesia setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, setidaknya kita telah mengalami sepuluh kali perubahan kurikulum. Mulai dari kurikulum 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, kurikulum berbasis kompetensi 2004, KTSP 2006 dan kurikulum 2013. Indonesia telah banyak belajar dari kurikulum-kurikulum tersebut. Dari kesepuluh kurikulum tersebut jika dilihat dari jenisnya terbagi menjadi 3 yaitu
: 1) kurikulum sebagai rencana pelajaran (kurikulum 1947 – 1968), 2) kurikulum berbasis pada pencapaian tujuan (kurikulum 1975 – 1994) dan 3) kurikulum berbasis kompetensi (kurikulum 2004 – 2013).
Peran utama dari kurikulum yang dinilai sangat penting, yaitu peran konservatif, kreatif dan kritis evaluatif. Peran kurikulum harus berjalan seimbang dan harmonis, agar dapat sesuai dan memenuhi tuntutan keadaan. Jika tidak maka dalam implementasinya akan terjadi ketimpangan atau ketidaksesuaian yang berdampak pada kegagalan dari suatu implementasi yang tidak membekalkan secara tepat kepada siswa terkait apa yang di pelajari, bagaimana mempelajari dan mengapa dipelajari. Menyelaraskan ketiga peranan tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak dalam proses pendidikan termasuk guru sebagai ujung tombak pelaksana kurikulum.
Kurikulum pada dasarnya merupakan suatu sistem. Artinya,kurikulum merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Karena antar komponen saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam rangka pencapaian tujuan. Komponen-komponen kurikulum diistilahkan sebagai anatomi kurikulum yang terdiri dari komponen tujuan, isi, aktivitas belajar dan evaluasi yang digambarkan sebagai suatu keterpaduan.Tantangan kurikulum yang harus dihadapi di era masa depan adalah bonus demografi, teknologi di ruang kelas, globalisasi dan perubahan kebijakan pendidikan, pendidikan abad 21.
Guru memegang peran strategis ditengah–tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih dengan segala kemugnkinan perubahan dan pergeseran nilai. Secara yuridis profesi guru diakui secara sah sebagai bidang pekerjaan khusus yang memerlukan keahlian khusus. Tugas pokok dan fungsi guru semakin mendapatkan tantangan penyesuaian dalam menghadapi tantangan abad 21. Menurut UUGD No 14 tahun 2015 tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Tugas pokok guru adalah ; (1) merencanakan pembelajaran atau pembimbingan; (2) melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan; (3) menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan; (4) membimbing dan melatih peserta didik; dan (5) melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan Beban Kerja Guru. Guru selama melaksanakan tugas pokok dan fungsinya harus menyesuaikan tuntutan perkembangan ipteks, masyarakat dan kebutuhan peserta didik. Guru perlu kreatif dan inovatif di dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya bahkan dituntut mampu memprediksi perkembangan tugas pokok dan fungsinya.

