KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA
CARITA PONDOK,  KUMPULAN SOAL BASA SUNDA

50+ KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA

KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA
KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA

KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA.

KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA
KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA

KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK MATERI & CONTO CARITA PONDOK SUNDA 1
https://bahasasunda.id/contoh-carpon/
LINK MATERI & CONTO CARITA PONDOK SUNDA 2
https://bahasasunda.id/contoh-carpon-sunda/
LINK MATERI & CONTO CARITA PONDOK SUNDA 3
https://bahasasunda.id/contoh-carpon-bahasa-sunda/

LINK MATERI & CONTO CARITA PONDOK SUNDA 4
https://bahasasunda.id/contoh-carpon-basa-sunda/

LINK MATERI & CONTO CARITA PONDOK SUNDA 5
https://bahasasunda.id/contoh-carita-podok-kuburan/

LINK MATERI & CONTO CARITA PONDOK SUNDA 6
https://bahasasunda.id/contoh-carita-pondok-sunda/

LINK MATERI & CONTO CARITA PONDOK SUNDA 7
https://bahasasunda.id/contoh-carita-pondok/
LINK MATERI & CONTO CARITA PONDOK SUNDA 8
https://bahasasunda.id/materi-carita-pondok/

LINK MATERI & CONTO CARITA PONDOK SUNDA 9
https://bahasasunda.id/materi-carita-pondok-sunda/

Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini
:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE

Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA



GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

A. PENGERTIAN CERITA PENDEK

Cerpen (carpon) atau dalam bahasa Indonesia cerpen Carpen), dalam cerpen bahasa Inggris, adalah sebuah karya fiksi (fiksi) berupa prosa (prosa) dan termasuk karya sampeur seorang Rea yang mengatakan bahwa carpon adalah sebuah karya yang populer dan menarik, karena isinya banyak yang menceritakan kehidupan manusia sehari-hari. Dikisahkan dengan cara yang sederhana, ringkas, dan menarik yang disebut cerpen tersebut sesuai dengan bentuk cerpennya. Tidak banyak yang dikatakan, biasanya hanya sesaat. Tokoh-tokohnya tidak banyak, mereka fokus pada satu atau dua peristiwa, alur sederhana tidak direncanakan, tidak banyak gerakan di latar belakang, dan memiliki tema dan amanat yang ingin disampaikan oleh penulis.

Ukurannya yang pendek sebenarnya tidak relative Ada beberapa carpon yang dianggap panjang, seperti carpon “Mandate in His Last Pass” oleh Mh. Rustandi Kartakusumah. Namun, umumnya tidak pendek antara 5-10 halaman jika dalam sebuah majalah. Bahkan di koran saya itu hanya segelas. Membaca akan berakhir antara 10-15 menit

Yang disebut karya sastra sempurna itu karena pengaruh karya asing, dari Belanda (Eropa). Istilah carpon belum dijelaskan, masih disamakan dengan dongeng. Namun, tidak seperti dongeng yang diceritakan, kisah ini tidak dicari oleh pejuang (anonim), dan disebarkan secara lisan. Kisah carpon saya dirancang seolah-olah ya-ya terjadi, ada perkelahian, dan tersebar secara tertulis.

Pada awal abad ke-20 semakin banyak orang yang menulis karpon, terutama ketika majalah Papa Nonoman dan Parahiyangam terbit. Dan kemudian carpon ini banyak yang dikumpulkan dan keluar sebagai buku. Saat ini, buku koleksi karpon pertama dalam kesusastraan Sunda adalah Dogdog Pan, sebuah karya pengarang berinisial G.S., diterbitkan oleh Balé Pusta pada tahun 1930. Lebih dari buku cerpen pertama berbahasa Indonesia yang diterbitkan, Teman Duduk oleh M. Kasim (1936).

Komentar Dinonaktifkan pada 50+ KUMPULAN SOAL CARITA PONDOK SUNDA
error: Content is protected !!