CONTOH PANUMBU CATUR BASA SUNDA
PANUMBU CATUR

CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA

CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA
CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA


CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA.

MATERI PANUMBU CATUR BASA SUNDA

CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA

Topik Debat

Ari hidep geus boga account (alamat) facebook? Geus boga sabaraha urang babaturan? Hidep apal saha nu nyieun facebook (FB dibaca éfbé). Taya lian ti nonoman nu ngaranna Mark Zuckerberg, mahasiswa nu kuliah di Harvard College. Alatan nyiptakeun FB, ceuk majalah Forbes, Mark téh kaasup jalma beunghar di alam dunya. Jalma nu sok maké FB téh disebutna facebookers. Kiwari FB téh kaasup jaringan sosial atawa média sosial dina internet nu panglobana diaksés. Cenah mah saalam dunya téhkurang leuwih aya 175 juta urang nu sok daring (dalam jaringan) atawa online (OL) dina FB. Tina jumlah sakitu, kurang leuwih 25 jutana aya di Indonesia. Boa ayeuna mah geus nambahan deui jumlahna.

Ku mahabuna FB, timbul sawatara masalah Aya nu pro aya nu kontra. Kelompok nu pro boga pamadegan yen FB teh loba mangpaatna. Ari kelompok nu kontra boga pama degan yén FB teh loba mudorotna.

Tah masalah pro-kontra FB téh ku barudak kelas XI didebatkeun. Nu debatna téh ti kelompok Pro nya Tisna jeung Doni, ari ti kelompok Kontra aya Dedi jeung Sri. Minangka panumbu caturna aya Esti.

leu di handap aya toks paguneman debat antara dua kelompok, nyaéta Kelompok Pro jeung Kelompok Kontra Narta aya saurang nu jadi Panumbu Catur. Pek hiden ngelompok tiluan-tiluan pikeun meranketun éta debat! Giliran sakelompok-sakelompok ka hareup!

Kelompok Pro :Tisna jeung Doni
Kelompok Kontra :Dedi jeung Sti
Panumbu Catur :Esti

Esti: Assalamualaikum Wr. Wb
Sampuran
Alhamdulillah, dinten ieu urang sadaya tiasa kumpul ngariung dina acara debat Plontra Facetook Peryogi kauninga ku réréncatigan sadaya. ayeuna téh keur mahabu facelook (FB dibaca h Loba pisan mangpaatna ku avana Fn toh Tapi teu sacutik deuih kagorénganana. Ku kituna, urang padungdengkeun wé ayeuna Cing kumaha pamadegaan ngeunaan hal ieu?

Tisna: Tiasa abdi ngadugikeun pamadegan?

Ésti : Tuh cing kumaha ceuk Tisana ti kelompok Pro

Tisna: “Numutkeun aidt, FB teh kacida diperlukeunana. Aya sawatara mangpaat ku ayana FB, Upamana wa bisa ngalobuan babaturan bisa silih tukeur informasi jeung batut, bisa ngirim ehail Malah FB teh bjsa dijadikeun lahan bisnis,

Dedi : “Punteri abdi kirang sapagodos sareng Tisna”

Esti : “Cing, kumaha ari ceuk Dedi?” Ti kelompok Kontra.

Dedi : “Numutkeun abdi mah FB teh loba goréngna batan alusna. Kahrji, loba budak sakola nu ngedul diajar lantaran OL wać. Kaidiua, teu saeutik basa nu digunakeun dina FB kasar bari pacampur antara basa Sunda Indonesia, jeung Inggris. Katilu. aya ficebuokers anu ngahaja ngahina ka batur atawa ka pamaréntah. Keopat. loba nu ngasupkeun poto-poto jorang (pormo). Kalima, aya sawatara ibu ibu anu menta ditalak (dicerai) lantaran salakina salingkuh ngaliwatan FB. Kagenep, barudak sakola FB-an di kelas waktu keur dinar Lantaran ayeuna mah geus loba HP anu bisa dipake FB-an. Ku kituna. abdi mah kurang satuju ku ayana FB téh”

Sri: “Abdi gé sapamadegan jeung Dedi. Loba pisan kagorénganana FB teh!

Ésti : Tah, kitu geuning pamadegan Dedi jeung Sri mah. Kumaha aya deui nu bade mairan?”

Doni: “Manawi abdi badé mairan.”

Ésti :”Mangga, kumaha ceuk Doni?”

Doni: “Bisa jadi FB téh kitu. Tapi urang ge ulah ngaleuleungit mangpaat tina FB. Geura we, urang bisa loba babaturan.
Malah aya kajadian, kolot anu kaleungitan anakna geus belasan taun, kapanggih tina FB. Urang gé bisa ngobrol jeung batur sacara langsung tina FB téh. Ku kituna, bisa silaturahmi jeung duduluran Lian ti éta, siswa bisa ngirim tugas ka guruna ngaliwatan e-mail dina FB Itung-itung ngalatih kabisa dina make komputer jeung internet. Sangkan henteu gaplek. Dina jaman globalisasi mah urang téh kudu bisa ngigelan jeung ngigelkeun jaman. Kitu tah ceuk abdi mah. Jadi, FB téh loba pisan mangpaatna.

Tisna : “Ah, pokona FB téh teu perlu. Loba pisan masalah tina FB tch

Doni: “Ah, éta mah ceuk Tisna we. Boa-boa Tisna teu boga alamat Fateh lantaran teu bisa muka internet.
Tisna: “Ah, bisa, piraku muka Internet teu bisa. Da abdi mah teu gaptek.

Ésti: “Heup heula. Ayeuna urang cindekkeun heula, Ayana FB téh aya mangpaatna ava ogé gonéngna. Nu sidik kumaha nu makéna, boga niat hade tangtu wae FB téh dimangpaatkeun keur kahadean: Tapi mun FB téh dipaké caliweura,nya tangtuna jadi goréng. Kumaha, aya nu rék mairan?”

Doni : “Satuju, mémang kitu, FB mah teu salah. Nu salah mah nu makéna.”

Sri : “Enya, abdi gé satuju mun kitu kacindekanana mah.”

Esti : “Kumaha nurutkeun Tisana jeung Dedi

Tisna : “Abdi gé satuju.”

Ésti : “Ari Dédi, satuju teu?”

Dédi : “Satuju yen FB mah teu salah. Nu salah nu makéna

Esti: Alhamdulillah bucat bisul ari geus satuju saréréa mah. Ku kituna, debat Pro-Kontra Facebook téh urang cukupkeun nepi ka dieu heula. Sim kuring salaku panumbu catur ngahaturkeun nuhun kana perhatosan ti sadayana Wassalamualaikum Wr. Wb.”

(Panggelar Diajar Basa Sunda Pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas XI, Penerbit Erlangga, Medal Taun 2017, Kaca 51-53)

LATIHAN SOAL

1. Perkara naon anu disawalakeun di luhur téh?
2. Saha nu kapeto jadi panumbu catur dina sawala di luhur? Naon wae pancén panumbu catur dina kagiatan sawala téh?
3. Kumaha kacindekan tina hasil sawala di luhur téh?


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI PANUMBU CATUR SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-panumbu-catur-sunda/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH PANUMBU CATUR SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/panumbu-catur/

LINK 50+ KUMPULAN SOAL PANUMBU CATUR SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/



Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini
:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE


Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGÉ DIAJAR BASA SUNDA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA
MODUL PANGAJARAN BASA SUNDA
MODUL PPG BASA SUNDA


GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

MATERI PANUMBU CATUR BASA SUNDA

A. PENGERTIAN MODERATOR

Pemain catur atau moderator terkadang disamakan dengan penyelenggara atau MC (mater of ceremony). Tautan catur dengan MC tidak berbeda. Seorang pemain catur adalah orang yang memegang kendali (mengatur dan mengelola) dalam kegiatan lingkungan (sesei). Pemegang acar saya mengendalikan semua kegiatan.
Moderator sebenarnya adalah orang yang menjadi mediator (hakim atau wasit) dalam suatu kegiatan, baik mediasi / pertemuan atau diskusi. dalam suatu acara diskusi, pemain catur harus memiliki sikap netral, objektif atau tidak memihak terhadap salah satu pihak. Jika ada konflik di tengah-tengah acara, bidak catur harus bisa menjadi penengah.

B. LANGKAH DALAM PEMIMPIN MODERATOR
  1. Kontrol kasus yang sesuai dengan topik / tema acara, lalu susun kalimat pengantar sebelum memberikan kesempatan kepada pembicara.
  2. Ketahui situasi dan latar belakang audiens (audiens) untuk memilih diksi atau kosakata yang sesuai.
  3. Ketahui peran pewawancara atau narasumber.
  4. Ketahui urutan kejadian, lamanya waktu yang disediakan untuk nara sumber, durasi sesi tanya jawab, dan jumlah sesi tanya jawab.
  5. Simpan catatan singkat tentang waktu yang diberikan kepada nara sumber.
  6. Siapkan notebook untuk mencatat poin-poin penting yang disajikan oleh sumber.
  7. Siapkan kostum atau pakaian yang sesuai dengan tema acara.
  8. Siapkan timer waktu.
C. HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN OLEH MODERATOR
  1. Datang lebih awal dari para peserta
  2. Periksa sistem suara (mikrofon), kesiapan slide materi presentasi.
  3. Perkenalkan diri Anda ke sumber-sumber sebelumnya.
  4. Siapkan biodata atau CV kami (curriculum vitae) yang akan dibaca oleh penyelenggara acara sebelum kami memoderasi prosesnya.
  5. Pertama baca abiodata dari setiap topik dan pastikan kita dapat membaca konten biodata dengan benar.
D. MEMAHAMI MODERATOR
  1. PERKENALAN
    Tugas pertama bidak catur adalah membuka presentasi, diskusi, seminar, lokakarya, atau debat. Bahasa ucapan, ucapan terima kasih, dan menunggu kesempatan untuk menjadi pemain catur.
  2. SELAMAT TERHADAP PELANGGAN
    untuk menunjukkan perasaan yang baik dan menyenangkan, alangkah baiknya jika sambutan datang kepada para peserta yang sudah berada di dalam ruangan.
  3. DESKRIPSI SINGKAT PEKERJA DAN TUJUAN PRESENTASI
    Cobalah untuk membuat peserta merasa tertarik dengan materi yang dijelaskan oleh pewawancara.
  4. IDENTIFIKASI TOPIK PRESENTASI DAN PRESENTASI
    Pada saat memperkenalkan narator berusaha membuat pembaca merasa percaya diri dengan kualitas dan kemampuan narator.
  5. MENENTUKAN WAKTU DAN ATURAN DISKUSI
    Waktu yang ditetapkan mencakup waktu deskripsi dan dan dalam konteks tanya jawab.
  6. BERIKAN WAKTU UNTUK ADMINISTRATOR UNTUK MATERI MEDAR
    Pada bagian ini, presenter disajikan dengan slot waktu yang telah ditentukan.
  7. DESKRIPSI ISI RINGKASAN
    masukkan yang utama atau jelaskan. seharusnya tidak terlalu lama tetapi esensi dari itu.
  8. TERIMA KASIH ATAS PELANGGAN UNTUK MEMINTA
    biasanya sesi diskusi dibagi menjadi beberapa lingkungan. setiap tetangga diberi kesempatan untuk tiga orang untuk bertanya.
  9. PENDAHULUAN UNTUK PENJELASAN DAN AUDIENSI
    Hadir dengan awam dan someah, bersama dengan senyum dan perumpamaan yang hidup.
  10. AKHIR ACARA
    Akhiri pertunjukan dengan penuh terima kasih. Lebih baik menggunakan kejahatan yang membangkitkan semangat.
CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA

MODERATOR: Dear all, ini adalah deskripsi terbaik dari Grup Lima. Saya percaya etiket bahasa digunakan untuk komunikasi antarpribadi. Namun, jika ada di antara Anda yang belum jelas atau ingin menambah keterangan grup yang bersangkutan, mohon maklum. Mereka yang ingin bertanya atau berbicara diharapkan mengangkat tangan dan menyebutkan nama dan kelompoknya.

Rika: Terima kasih, saya Rika dari Grup Satu. Sim Saya akan menambahkan deskripsi yang dikutip oleh Grup Lima sebelumnya. Bawiraos, meskipun kita menggunakan bahasa yang nyaman, tetapi dalam emprona saya juga perlu memperhatikan lentong atau intonasi. Cara lentong juga akan mempengaruhi pengertian bahasa yang digunakan. Lentong juga menunjukkan irama yang berbicara. Mengapa pembicara bersemangat, marah, tunduk, dan seterusnya.

MODERATOR: Nah, itulah ide Rica dari Grup Satu.
Cing bagaimana kelompok Kelompok Lima,
menerima pendapat Pak Rika ini?

Grup V: Benar, terima kasih Rika atas deskripsi yang kaya tentang grup sim saya sebagai pasangan. Lentong juga merupakan salah satu aspek yang berkontribusi pada etiket bahasa. Tetapi penting untuk dicatat bahwa tidak setiap kejahatan bahasa memiliki lentong yang sama. Lentong’s Bandung tidak sama dengan lentong’s Subang, Kuningan atau Majalengka. Terima kasih sekali lagi atas komentar Anda.

MODERATOR: Ada lagi yang ingin Anda tanyakan?

Kata Sandi: Kata Sandi Saya dari Grup Dua. Saya tidak akan bertanya tentang perumpamaan atau peniruan dalam berbicara. Cing jika Anda dari Grup Lima bisa menjelaskan!

Kelompok V: Perumpamaan atau peniruan dalam kegiatan berbicara juga memiliki pengaruh besar pada orang yang diajak bicara. Dalam pembicaraan kita perlu memperhatikan perumpamaan tentang beruang beruang. Ada peribahasa yang lebih baik, bahasa yang lebih baik, gogog yang lebih baik, tagog yang lebih baik. Jadi bahasa yang lebih baik harus disertai dengan perilaku yang lebih baik. Jika kita berbicara dengan orang lain jangan ragu-ragu, tapi usahakan tetap solid. Paling selalu ada yang jabat tangan tapi saat wajah bingung, atau dengan kata lain lebih enak tapi paromanna baketut asam.

MODERATOR: Masih di sana, siapa yang akan kamu tanyakan? …… Tolong beritahu kakakmu Tomi!

Tomi: Saya Tomi dari Grup Tujuh. Aku selalu menghisap ada orang yang mengatakannya dengan lantang tapi jangan sampai menyentuh hati. Model teman saya yang merupakan tempat tidur saya ini (sambil menunjuk ke teman-teman sebelum tidurnya) sebenarnya adalah sperma yang kasar, tetapi menurut saya, dulu. Jadi bagaimana, nyaman bukan?

Grup V: Kami dapat berbicara dengan teman atau kenalan dalam bahasa yang sopan, karena kami tidak menghormati mereka. Itu tidak salah, tapi penting bagi saya untuk memahami apa yang dia bicarakan. Meskipun menggunakan berbagai kabel lembut yang saya tidak mengerti tidak berguna? Kecuali, tentu saja, jika kita berbicara dengan orang yang baru kita temui, kita perlu tampil beda, karena kita perlu menjaga sopan santun. Bagaimana jika orang yang Anda ajak bicara tidak menerima, heg menganggap kami orang-orang dari hasil panen, akhirnya akan berantakan. Lebih baik berbicara dengan seseorang yang baru saja Anda temui atau di atasnya dengan cara yang sopan.

MODERATOR: Sedikit waktu lagi, cukup untuk satu penanya. Tolong ceritakan, bagaimana kisah mereka anak anjing besar …..

Dendi: Saya Dendi dari Grup Tiga. Saya tidak akan bertanya bagaimana menerapkan kata kembali dan kembali; pergilah dengan mios, jika bayangan dari Grup Lima bisa menjelaskan!

Grup V: Beberapa dari kata-kata saya kembali kepada seseorang atau seseorang yang lebih tinggi, kembali kepada kita; serta kata-kata dorongan untuk orang lain atau orang yang lebih tinggi. Lihat contohnya:
Aku telah kembali
Pun adi kembali
Guru berkata, “Dimana Tomi?”
“Tomi, aku kembali dari depan, Ayah,” kata Ramdan.
Ayah pulang
Yudi pulang
Guru berkata, “Di mana Nyonya Idah?”
Bu Idah, saya telah kembali dari sebelum Ayah. ” Kata Tomi.
Saya mios
Pun adi mios
Guru berkata, “Dimana Tomi?
“Tomi mah mios ti payun Pa.” Kata Ramdan
Ayah pergi
Kang Yudi pergi
Guru berkata, “Di mana Nyonya Idah?”
“Nyonya Idah, aku pergi lebih dulu dari Ayah.” Kata Ramdan.

MODERATOR: “Ya, begitulah jumlah saudara dan saudari yang digambarkan oleh Kelompok Lima. Saya harap Anda semua setuju dengan apa yang telah dibahas baru-baru ini. Jika Anda tidak mengerti apa yang saya maksud, tolong beritahu saya. Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Lima yang telah turun ke lapangan untuk berdiskusi dan mengedarkan Etiket di Kebetulan. Sekaligus kepada anda semua yang sudah berani melakukan pembahasan ini, mohon maaf selama bapak memimpin pembahasan ini selalu ada kesalahan. Mari kita tutup pembahasan ini dengan membaca hamdallah bersama.
Alhamdulillahirobbilalamin.

Topik Debat

Ari hidep sudah punya akun facebook (alamat)? Sudah punya banyak teman? Ingat siapa yang membuat facebook (FB baca efbé). Tak lain adalah seorang pemuda bernama Mark Zuckerberg, seorang mahasiswi di Harvard College. Karena terciptanya FB, majalah Forbes menyebutkan, Mark termasuk orang terkaya di dunia alam. Orang yang selalu menggunakan FB disebut facebooker. FB sekarang menjadi jejaring sosial atau media sosial yang paling dapat diakses di internet. Dia menyapa dunia ada sekitar 175 juta orang yang selalu online (dalam jaringan) atau online (OL) di FB. Dari jumlah itu, kurang lebih 25 juta berada di Indonesia. Boa sekarang saya sudah tambah jumlahnya.

Dengan munculnya FB, ada beberapa masalah, ada pro dan kontra. Kelompok pro berpendapat bahwa FB sangat bermanfaat. Saat ini kelompok oposisi berpendapat bahwa FB jauh lebih buruk.

Jadi pro-kontra soal FB yang oleh anak-anak kelas XI diperdebatkan. Debat dari kelompok Pro Tisna dan Doni, sedangkan dari kelompok Kontra ada Dedi dan Sri. Sebagai bidak catur ada Esti.

Berikut rangkuman perdebatan antara dua kelompok yaitu Pro Group dan Narta Counter Group. Kemas bersembunyi dalam kelompok yang terdiri dari tiga orang untuk merekam debat! Ajak kelompok maju!

Grup Pro: Tisna dan Doni
Kelompok Oposisi: Dedi dan Sti
Panumbu Catur: Esti

Esti: Assalamualaikum Wr. wb
sempurna
Alhamdulillah hari ini kita semua bisa berkumpul bersama di acara debat Plontra Facetook Perlu diketahui oleh para renencigats. Ini untuk facelook cinta (FB baca h Banyak manfaat oleh avana Fn sih Tapi tidak sedikit lagi kekurangannya. Jadi, kami dukung sekarang Cing bagaimana berdebat tentang ini?

Tisna: Bisakah saya mengutip itu?

Esti: Itu yang dikatakan Tisana dari grup Pro

Tisna: “Menurut bantuan, FB sangat diperlukan. Ada beberapa keuntungan dengan adanya FB misalnya wa bisa masuk teman bisa saling tukar informasi dan batut, bisa kirim ehail Bahkan FB bjsa dijadikan lahan usaha,

Dedi: “Otakku tidak sebagus Tisna”

Esti “Cing, apa kabar Dedi?” Dari grup Kontra.

Dedi “Menurut saya, FB jauh lebih jelek daripada bagus. Kahrji, banyak anak sekolah yang belajar karena OL wać. Kaidiua, tidak sedikit bahasa yang digunakan di FB secara kasar sambil mixing antara bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Ketiga. Ada ficebuokers yang sengaja menghina orang lain atau kepada pemerintah. Keempat, banyak yang mencantumkan foto jorang (pormo). Kelima, ada sebagian ibu yang minta cerai (cerai) karena suaminya selingkuh lewat FB. Keenam, anak sekolah FB di kelas waktu dinar Karena sekarang saya punya banyak HP yang bisa digunakan di FB. Jadi saya tidak setuju dengan adanya FB ini “

Sri: “Saya setuju dengan Dedi. Banyak kerugian dari FB!

Esti: Ya, begitu juga Dedi dan Sri. Bagaimana lagi Anda akan berkomentar? “

Doni: “Jika saya akan berkomentar.”

Esti: “Tolong, apa yang dikatakan Doni?”

Doni: “Boleh jadi FB begitu. Tapi kita gak kehilangan manfaat FB. Nanti kita bisa punya banyak teman.
Padahal, kebetulan, orang tua yang kehilangan anaknya sudah belasan tahun, ditemukan di FB. Kami akan dapat berbicara dengan orang lain langsung dari FB ini. Jadi, untuk berteman dengan saudara. Selain itu, siswa dapat mengirimkan tugas kepada gurunya melalui e-mail di FB Count untuk melatih kemampuannya dalam menggunakan komputer dan internet. Agar tidak gaplek. Di era globalisasi saya, kita adalah kebutuhan untuk dapat mengolah dan menopang zaman. Jadi saya bilang tidak. Jadi, FB sangat bermanfaat.

CONTOH PANUMBU CATUR DEBAT BAHASA SUNDA

Tisna: “Ah, kepala FB tidak perlu. Banyak masalah dari FB tch

Doni: “Ah, bukan itu yang kami katakan Tisna. Boa-boa Tisna tidak punya alamat Fateh karena dia tidak bisa mengakses internet.

Tisna: “Ah iya, saya tidak bisa mengakses internet. Saya tidak mengerti.

Esti: “Heup dulu. Sekarang kita simpulkan dulu, Adanya FB bermanfaat ava sekaligus gonengna. , apakah Anda ingin memberi komentar? “

Doni: “Setuju memang FB saya tidak salah. Yang itu bidikan saya.”

Sri * “Ya, saya setuju dengan kesimpulan itu.”

Esti: “Bagaimana mengikuti Tisana dan Dedit

Tisna “Aku setuju.”

Esti “Ari Dédi, apakah Anda setuju?”

Dédi “Setuju bahwa FB saya tidak salah. Yang itu ditembak

Esti: Alhamdulillah bucat mendidih ari saya setuju dengan semuanya. Jadi, debat Facebook Pro-Kontra kita cukup sampai disini dulu. Sim I sebagai pecatur terima kasih atas perhatiannya semua Wassalamualaikum Wr. WB. “

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!