
CONTOH PANUMBU CATUR TENTANG SAKOLA

CONTOH PANUMBU CATUR TENTANG SAKOLA
Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.
Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale
Jika ada pertanyaan seputar CONTOH PANUMBU CATUR TENTANG SAKOLA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.
Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar CONTOH PANUMBU CATUR TENTANG SAKOLA.
CONTOH PANUMBU CATUR TENTANG SAKOLA
Sawala Siswa
Nataharkeun Kagiatan Sakola
Prolog:
Sababaraha urang pangurus OSIS SMA Negeri 1 Mekarsari keur ngayakeun sawala, Para pamilon sawala kacida daria. Ari matéri anu disawalakeunana nyaéta ngeunaan kagiatan PORSAK (Pekan Olahraga dan Seni Antar Kelas) anu sakeudeung deui baris dilaksanakeun
Aris nu kapeto jadi Panumbu Catur, pok ngamimitian nyarita.
ARIS: “Luyu rarancang awal poe ieu urang sawalakeun ngeunaan matéri naon wae nu bakal dipasanggirikeun dina kagiatan PORSAK (Pekitn Olahraga dan Seni Antar Kelas) semester ayeuna Saha nu rék nepikeun kamandang?”
Tatang: “Matéri olahraga mah geus we pertandingan futsal. Mun matéri seni, kumaha lamun pasanggiri nembangkeun pupuh.”
Lesmana: “Sigana mun futsal mah leuwih cocog keur barudak lalaki, ari barudak awéwéna kumaha?”
Tatang: Yeh, lalaki awéwé gé bisa. Geura engké mun geus prungna, bakal leuwih ramé nempo barudak awewe.”
Lesmana:”Ah, urang mah teu satuju. Kumaha mun barudak awéwé mah geus wé pertandingan voli?”
Mirna: “Enya, Tang sigana alus keneh voli keur awéwé mah.”ARIS :”Kumaha, Tang, cenah keur barudak awéwé mah voli. Sapuk henteu?
Tatang: “Heug atuh, kitu hadé Urang mah sapuk, ari hayangna kitu mah.”
ARIS: “Tah kitu Man, Mir, Tatang gé sapuk mun keur barudak awewe mah pertandingan voli wae. Mun lalakina mah geus wé futsal nya?”
Mirna+Lesmana: “Enya, geus wé lalaki mah futsal. Ongkoh ayeuna téh loba pisan nu resep futsal téh.”
ARIS : Kumaha ari matéri senina, naha satuju mun pasanggiri nembang pupuh Cik, sugan Lisma boga idé. Asa can mairan
Lisma: Teu pati apal tuda kana olahraga mah. Mun kana matéri seni mah siap. Sigana ulah pasanggiri nembangkeun pupuh bisi euweuh nu daftar
Mirna: “Euweuh nu daftar kumaha ari Lisma, apan unggal kelas wajib ngirimkeun wawakilna?”
Lisma: “Yéh ari Mima, siga teu apal wae, apan teu unggal kelas aya siswa nu bisa nembangkeun pupuh. Apal ieuh nu bisa nembang pupuh teh ukur barudak nu aktif di ektrakurikuler LISES wungkul. Tinimbang loba kelas nu teu ngirimkeun wawakilna, leuwih hade keur matéri seni mah pasanggiri ngadongéng wé. Kumaha, sapuk henteu?”
ARIS : “Cik kumaha Tang Man, Mir, sapuk henteu mun materi seni mah pasanggiri ngadongéng?”
Lesmana : Tatang “Sapuk, lah!”
Tatang: “Enya, komo urang mah teu bisa mupuh. Sok silung wae. ngadongéng mah bisa we, hahaha… Mun
ARIS : Kumaha, Mima satuju teu?”
Mirna : “Nya, teu nanaon atuh rék pasanggiri ngadongeng ge. Nu penting mah matéri seni teh kudu diniatan ngamumulé seni Sunda.”
Lisma: “Ih, nya geus puguh atuh éta mah. Pan leu gé pasanggiri ngadon- geng basa Sunda. Lain lombar bercerita tusa Indonésia atawa story telling basa Inggris Teu lila, celengkeung Aris nyarita. Nyindekkeun hasil sawala,
ARIS: “Mun kitu mah urang cindekkeun wé, yén dina acara PORSAK semester ayeuna mah urang ngayakeun pertandingan futsal jeung pasanggiri ngadongéng.”
Sanggeus sawala dianggap rengse, Aris nutup acara.
Épilog:
Kacindekan tina sawala nyaéta yén dina kagiatan PORSAK téh bakal diayakeun pertandingan futsal jeung pasanggiri ngadongéng basa Sunda
(Panggelar Diajar Basa Sunda Pikeun Murid SMA/SMK/MA/MAK Kelas XI, Penerbit Erlangga, Medal Taun 2017, Kaca 48-49)
LATIHAN SOAL
1. Perkara naon anu disawalakeun di luhur téh?
2. Saha nu kapeto jadi panumbu catur dina sawala di luhur? Naon wae pancén panumbu catur dina kagiatan sawala téh?
3. Naon alesanana pangna rék diayakeun pertandingan futsal jeung voli?
4. Naon alesan anu diasongkeun ku Lisma pangna milih pasanggiri ngadongéng basa Sunda?
5. Kumaha kacindekan tina hasil sawala di luhur téh?
Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai CONTOH PANUMBU CATUR TENTANG SAKOLA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:
LINK KUMPULAN MATERI PANUMBU CATUR SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-panumbu-catur-sunda/
LINK 15+ KUMPULAN CONTOH PANUMBU CATUR SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/panumbu-catur/
LINK 50+ KUMPULAN SOAL PANUMBU CATUR SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/
Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.
Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE
Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih.
GOOGLE TRANSLATE
Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.
MATERI PANUMBU CATUR BASA SUNDA
A. PENGERTIAN MODERATOR
Pemain catur atau moderator terkadang disamakan dengan penyelenggara atau MC (mater of ceremony). Tautan catur dengan MC tidak berbeda. Seorang pemain catur adalah orang yang memegang kendali (mengatur dan mengelola) dalam kegiatan lingkungan (sesei). Pemegang acar saya mengendalikan semua kegiatan.
Moderator sebenarnya adalah orang yang menjadi mediator (hakim atau wasit) dalam suatu kegiatan, baik mediasi / pertemuan atau diskusi. dalam suatu acara diskusi, pemain catur harus memiliki sikap netral, objektif atau tidak memihak terhadap salah satu pihak. Jika ada konflik di tengah-tengah acara, bidak catur harus bisa menjadi penengah.
B. LANGKAH DALAM PEMIMPIN MODERATOR
- Kontrol kasus yang sesuai dengan topik / tema acara, lalu susun kalimat pengantar sebelum memberikan kesempatan kepada pembicara.
- Ketahui situasi dan latar belakang audiens (audiens) untuk memilih diksi atau kosakata yang sesuai.
- Ketahui peran pewawancara atau narasumber.
- Ketahui urutan kejadian, lamanya waktu yang disediakan untuk nara sumber, durasi sesi tanya jawab, dan jumlah sesi tanya jawab.
- Simpan catatan singkat tentang waktu yang diberikan kepada nara sumber.
- Siapkan notebook untuk mencatat poin-poin penting yang disajikan oleh sumber.
- Siapkan kostum atau pakaian yang sesuai dengan tema acara.
- Siapkan timer waktu.
C. HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN OLEH MODERATOR
- Datang lebih awal dari para peserta
- Periksa sistem suara (mikrofon), kesiapan slide materi presentasi.
- Perkenalkan diri Anda ke sumber-sumber sebelumnya.
- Siapkan biodata atau CV kami (curriculum vitae) yang akan dibaca oleh penyelenggara acara sebelum kami memoderasi prosesnya.
- Pertama baca abiodata dari setiap topik dan pastikan kita dapat membaca konten biodata dengan benar.
D. MEMAHAMI MODERATOR
- PERKENALAN
Tugas pertama bidak catur adalah membuka presentasi, diskusi, seminar, lokakarya, atau debat. Bahasa ucapan, ucapan terima kasih, dan menunggu kesempatan untuk menjadi pemain catur. - SELAMAT TERHADAP PELANGGAN
untuk menunjukkan perasaan yang baik dan menyenangkan, alangkah baiknya jika sambutan datang kepada para peserta yang sudah berada di dalam ruangan. - DESKRIPSI SINGKAT PEKERJA DAN TUJUAN PRESENTASI
Cobalah untuk membuat peserta merasa tertarik dengan materi yang dijelaskan oleh pewawancara. - IDENTIFIKASI TOPIK PRESENTASI DAN PRESENTASI
Pada saat memperkenalkan narator berusaha membuat pembaca merasa percaya diri dengan kualitas dan kemampuan narator. - MENENTUKAN WAKTU DAN ATURAN DISKUSI
Waktu yang ditetapkan mencakup waktu deskripsi dan dan dalam konteks tanya jawab. - BERIKAN WAKTU UNTUK ADMINISTRATOR UNTUK MATERI MEDAR
Pada bagian ini, presenter disajikan dengan slot waktu yang telah ditentukan. - DESKRIPSI ISI RINGKASAN
masukkan yang utama atau jelaskan. seharusnya tidak terlalu lama tetapi esensi dari itu. - TERIMA KASIH ATAS PELANGGAN UNTUK MEMINTA
biasanya sesi diskusi dibagi menjadi beberapa lingkungan. setiap tetangga diberi kesempatan untuk tiga orang untuk bertanya. - PENDAHULUAN UNTUK PENJELASAN DAN AUDIENSI
Hadir dengan awam dan someah, bersama dengan senyum dan perumpamaan yang hidup. - AKHIR ACARA
Akhiri pertunjukan dengan penuh terima kasih. Lebih baik menggunakan kejahatan yang membangkitkan semangat.
CONTOH PANUMBU CATUR TENTANG SAKOLA
prolog:
Beberapa pengurus OSIS SMA Negeri 1 Mekarsari mengadakan diskusi, peserta diskusi sangat daria. Materi yang dibahas adalah tentang kegiatan PORSAK (Pekan Olahraga dan Seni Menengah) yang sebentar lagi akan digelar.
Aris yang ditunjuk sebagai Pemimpin Catur mulai berbicara.
ARIS: “Sesuai dengan rencana awal hari ini kita akan bahas materi apa saja yang akan dipasangkan dalam kegiatan PORSAK (Olahraga dan Antar Kelas Seni) semester ini. Siapa yang ingin menyampaikan gaung?”
Tatang: “Materi olahragaku ada pertandingan futsal. Kalau materi seninya bagaimana kalau lomba pakai tongkat.”
Lesmana: “Sepertinya futsal saya lebih cocok untuk laki-laki, bagaimana dengan perempuan?”
Tatang: Ya, pria dan wanita akan bekerja. Cepat atau lambat, akan lebih ramai melihat gadis-gadis itu. “
Lesmana: “Ah, kami tidak setuju. Bagaimana jika anak perempuan saya pernah bermain voli?”
Mirna: “Iya, Tang sepertinya bagus bermain voli untuk perempuan saya.” ARIS: “Bagaimana, Tang, katanya untuk voli putri saya. Setuju tidak?
Tatang: “Saya tidak, jadi lebih baik Kami tidak setuju, saya berharap demikian saya lakukan.”
ARIS: “Jadi Man, Mir, Tatang akan setuju dengan anak perempuan saya untuk setiap pertandingan bola voli. Jika suami saya sudah bermain futsal?”
Mirna + Lesmana: “Iya saya sudah kenal orang futsal saya. Tarif saat ini banyak yang disukai futsal.”
ARIS: Bagaimana materinya hari senin, setuju lomba nyanyi dada mbak, mungkin lisma punya ide. Asa bisa mairan
Lisma: Saya tidak terlalu ingat olahraga saya. Jika menyangkut materi seni, saya siap. Tampaknya untuk menghindari persaingan di kantin seandainya tidak ada daftar
Mirna: “Tidak ada daftar bagaimana Lisma, tapi setiap kelas harus mengirimkan perwakilannya?”
Lisma: “Yeh ari Mima seakan-akan saya tidak ingat, tapi tidak setiap kelas ada siswa yang bisa mengembangkan kantin. Ingat yang bisa nyanyi kantin hanya anak-anak yang aktif di ekstrakurikuler LISES saja. Daripada banyak kelas yang tidak mengirimkan perwakilannya lebih baik Materi seni saya adalah kompetisi untuk berbicara dengannya. Bagaimana, Anda setuju? “
ARIS: “Nona bagaimana Tang Man, Mir, tidak setuju dengan kompetisi berbicara materi seni saya?”
Lesmana = Tatang “Setuju, lah!”
Tatang: “Iya, bahkan kita tidak bisa tidur. Kadang kita menyeberang. Ngomongin saya bisa kita, hahaha… Kalau
ARIS: Bagaimana, Mima tidak setuju? “
Mirna: “Ya, ini bukan sesuatu yang ingin saya perebutkan.
Lisma: “Ih males banget buat saya. Saya nggak bakalan ikut lomba bahasa sunda.
ARIS “Kalau begitu, kami bisa meyakinkan bapak, bahwa dalam ajang PORSAK semester ini, kami mengadakan pertandingan futsal dan kompetisi berbicara.”
Usai pembahasan selesai, Aris menutup acara.
Epilog:
Kesimpulan dari pembahasan adalah dalam kegiatan PORSAK akan diadakan pertandingan futsal dan lomba berbicara bahasa inggris

