CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA
LAPORAN KEGIATAN SUNDA

15+ CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA

15+ CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA
CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA

CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA.

15+ CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA
15+ CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA

CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA

Laporan Kagiatan Pagelaran Seni Sunda
Karang Taruna Désa Tumaritis

1. BUBUKA

Dina raraga milangkala kamerdékaan Indonesia anu ka-73, Karang Taruna Desa Tumaritis ngayakeun kagiatan Pagelaran Seni Sunda pikeun lingkungan Désa Tumaritis. Ieu kagiatan téh minangka ngareuah-reuah milangkala kamedékaan anu ka-73, sarta salasahiji kasempetan pikeun némbongkeun kaparigelan jeung karancagéan sakumna masarakat Désa Tumaritis. Salian ti éta, ieu kagiatan téh pikeun miara tur ngamumulé budaya nu aya di Indonésia. Dina ieu kagiatan téh bakal mintonkeun sababaraha seni tradisi Sunda, di antarana nyaéta calung, longsér, ibing penca, réog, tari, jeung rampak kawih.

2. WAKTU JEUNG TEMPAT

Ieu kagiatan téh dilaksanakeun dina poé Saptu, 19 Agustus 2018. Jam 19.30 WIB nepi ka 22.00 WIB. Tempatna di Aula Désa Tumaritis, Jalan Tumaritis No. 3 Kota Tumaritis.

3. PAMILON/PESERTA

Pamilon nu midang dina ieu kagiatan téh nyaéta:
a. Ibu-ibu PKK Désa Tumaritis
b. Barudak Sanggar Tari
c. Calung Grup Mang Iwa
d. The Bojég Longsér Tumaritis
e. Ibing Penca DésaTumaritis
f. Réog Grup Mang Mahdi
g. Rampak Kawih Kampung Lénjong

4. WARAGAD

Waragad pikeun ngayakeun ieu kagiatan nu katarima téh nyaéta Rp. 5.000.000,-, anu sumberna tina anggaran Désa Tumaritis. Éta waragad téh dipaké pikeun rupa-rupa kaperluan jeung kabutuhan pagelaran. Ieu di handap wincikanana:

BAHASA SUNDA

Catetan: Aya sésa saldo gedéna Rp. 100.000, disimpen dina kas Karang Taruna Désa Tumaritis.

5. KAGIATAN JEUNG HASIL

Kagiatan Pagelaran Seni Sunda téh lumangsung sapoé. Ari runtuyan acarana mah dibuka heula ku pamapag ti Kepala Désa. Sabada kagiatan dibuka, kelompok wawakil ti unggal kampung nu aya di Désa Tumaritis téh tatahar pikeun mintonkeun kaparigelanana dina panggung, luyu jeung runtuyan pidangan anu geus disadiakeun.
Unggal pidangan kelompok téh didokuméntasikeun mangrupa potrét jeung vidéo, anu satuluyna dijieun albeum potrét jeung DVD. Pidangan kelompok wawakil ti unggal kampung téh katangén parigel pisan sarta bisa méré kesan anu hadé ka anu narongton. Émprak-surak ti anu nongton teu eureun-eureun, tepi ka kagiatan pidangan réngsé.

6. PANUTUP

Kagiatan Pagelaran Seni téh lumangsung kalawan lungsur-langsar luyu jeung rarancang anu geus dijieun saméméhna. Unggal pamilon nu midang némbongkeun kaparigelanana sarta bisa méré kesan anu hadé ka nu nongton. Sanajan kitu, aya saeutik kakurangan dina pasualan téknis nataharkeun panggung, pangpangna dékorasi. Éta hal téh lantaran kurangna koordinasi antara pihak panitiana sorangan. Muga-muga bisa jadi bahan évaluasi pikeun kagiatan ka hareupna.

Pamungkas, panitia ngahaturkeun nuhun ka sukumna pihak anu geus ngarojong kana ieu kagiatan. Mugia Allah SWT maparinan ganjaran kana kasaéan sadayana. Amin.


CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA

Agustusan Urang Sunda di Kuwait
Kénging RH. Tarmidzi

Sanajan ngumbara jauh ka nagri deungeun, tapi teu poho ka lembur sorangan. Kitu nu kaalaman ku urang Sunda di Kuwait, nu aya dina beungkeutan Paguyunan Pasundan Kuwait (PPK). Éta pisan anu ngajurung sumanget aranjeunna milu dina kagiatan ngareuah-reuah HUT RI, 17 Agustus 2015 nu diayakeun ku KBRI di Kuwait.

Tujuan kagiatan Agustusan téh, ceuk Kepala Dubes Kuwait, Tatang Budi Razak nu ogé teureuh Ciamis, sangkan urang Indonésia nu di luar negri tetep teu poho kana sajarahna. Kitu deui, nurutkeun Ketua PPK Dr. Agus Abdullah, P.hD., milu ngareuahreuah Agustusan nu dilaksanakeun ku KBRI téh bisa ngaraketkeun duduluran urang Sunda di Kuwait, ogé keur némbongkeun préstasi urang Sunda ka sélér séjénna nu aya di Kuwait.

Kagiatan Agustusan dilaksanakeun ti tanggal 31 Juli nepi ka puncakna tanggal 7 Juli 2015, kalawan dibuka ku Kepala Dubes Kuwait di Gedung Al Nasser Sports Centre Ishbilya. Sababaraha jenis kagiatan digelar, di antarana aya lomba futsal déwasa, futsal

anak-anak, badminton, pingpong, catur, karoké, jeung gapléh. Kumaha ari préstasi urang Sunda? Sabada lomba lumangsung, Tim Paguyuban Pasundan Kuwait nyangking sawatara juara, diantarana juara badminton perorangan nu diwakilan ku Karjan. Kitu deui olah raga futsal barudak PPK ogé geus némbongkeun préstasina, nyaéta asup juara 3. Keur PPK, saperti nu ditsebutkeun ku sesepuh/déwan penaséhat Abu Ridwan Nanang Suyono, nyangking sababaraha préstasi olahraga téh tangtu matak reueus. Lantaran, lian ti bakal mawa sumanget betah di tempat gawé di Kuwait, ogé bakal tetep nyaah ka Tatar Sunda ku cara miéling agustusan.

mangléonline,http://mangleonline.com/pidangan/perelean/1439106870


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI LAPORAN KAGIATAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-laporan-kagiatan-sunda/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH LAPORAN KAGIATAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/laporan-kegiatan/

LINK 50+ KUMPULAN SOAL LAPORAN KAGIATAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/


Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini
:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE


Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA


GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

MATERI LAPORAN KEGIATAN
A. MATERI LAPORAN KEGIATAN

Laporan aktivitas berisi semua yang terkait dengan aktivitas yang telah terjadi. Informasi yang disorot dalam laporan kegiatan terutama difokuskan pada terjadinya kegiatan, biaya, bug atau kontaminan, dan masalah teknis. Bentuk laporan kegiatan Ari adalah formal dan biasanya dibuat oleh organisasi atau lembaga. Di dalamnya Anda harus memuat informasi dan pakta yang dapat dianggap bertanggung jawab atas ketidakhadirannya.
kulit hitam tertentu telah memenangkan kesan apa pun yang seharusnya muncul dalam laporan perjalanan. Beberapa hal yang harus ada dalam laporan kegiatan adalah:

B, BEBERAPA HAL YANG HARUS DILAKUKAN
1. PEMBUKAAN

Konten adalah perantara untuk membawa pembaca ke kasus yang ingin Anda laporkan. Di bagian ini menjelaskan apa penyebabnya karena dalam hal suatu kegiatan, dan rasa terima kasih itu dan selesai menjalankan kegiatan.

Dalam rangka memperingati 20 tahun SUNDALANA VOCATIONAL SCHOOL, osis smk sundalana mengadakan kegiatan seni pertunjukan sunda untuk lingkungan sekolah. Kegiatan ini merupakan pengalih perhatian sekaligus kesempatan untuk menunjukkan keterampilan dan keberanian siswa. Selain itu, acara ini mendukung program penangguhan hari Rabu yang diadakan oleh pemerintah daerah. Diharapkan untuk mengembangkan kebanggaan dan semangat para siswa sehingga dapat memelihara seni cinta tradisional. Dalam pertunjukan ini, tiga paket hadiah disediakan untuk kategori “pemain favorit”, pengendara sepeda motor “, dan” pembeli “.

2. WAKTU DAN TEMPAT ACARA

Ini perlu dalam laporan jadi malas kapan dan di mana kegiatan tersebut sedang berlangsung. misalnya seperti ini

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 31 Mei 2017, mulai pukul 08.00 – 11.00 di auditorium (aula) SMK Sundalana. Jl. Garut No. 2 kota bandung.

3. PESERTA

jika kegiatannya adalah perjalanan yang disebutkan sudah cukup berapa orang dan siapa saja peserta. Contohnya adalah sebagai berikut

Peserta dalam kegiatan ini adalah semua siswa dari setiap kelas dan departemen, dengan perwakilan terdaftar untuk setiap kelompok dari setiap kelas total 60 orang.
Kelas X: 4 kelompok,
total 20 orang
Kelas XI: 4 kelompok, total
20 orang
Kelas XII: 3 kelompok,
total 20 orang

4. BIAYA

Ini menggambarkan dari mana dana berasal, perincian biaya dan jumlahnya. Ini adalah sesuatu yang penting untuk melaporkan berapa banyak dana yang diterima dan dibelanjakan. Tentu saja harus sesuai dengan situasi aktual. Cara terbaik untuk menggunakannya adalah melapor ke donor. Berikut ini adalah contohnya:

Biaya untuk kegiatan ini dikatakan Rp. 3.000.000 adalah sumber anggaran sekolah sebesar Rp 2.000.000 dengan sumbangan dari penerbit penerbit Dunia pustaka jaya Rp. 1.000.000. Harganya di gunakan untuk berbagai keperluan dan pertunjukan. Berikut detailnya:

5. DESKRIPSI

kegiatan dan hasil dipertaruhkan. Di bagian ini, kami menjelaskan terjadinya aktivitas dan hasil di mana aktivitas selesai. Urutan peristiwa dan siapa yang mengisi fi perlu harus sesuai dengan praktik. Ini adalah bagian yang sangat penting, karena bermain ya atau tidak baik dan buruk terjadi suatu kegiatan. Akhirnya payus sangat banyak jika di lengkapi dengan foto-foto yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut:

Kegiatan kinerja berlangsung dengan dibagi menjadi tiga sesi pertama untuk kelas X, sesi kedua untuk kelas XI, dan sesi ketiga untuk kelas XII.
Setiap adegan grup didokumentasikan sebagai video dan potret diikuti dengan membuat DVD dan album foto. selama menonton.
Juara 1 (kelas X)
Dalam grup ini bermain empat grup, yaitu grup 1 memainkan berbagai permainan anak-anak lemur, grup 2 bermain seni grup 3 bermain rampak rampak harpa, dan grup 4 bermain daging kawih.

Posisi Kedua (kelas XI)
Ada empat kelompok yang memainkan berbagai seni R & B dalam sesi ini.

Lulus ke -3 (kelas XII)
Dalam sesi ini, tiga kelompok semuanya bermain drama dongeng atau cerita legendaris dari Tatar Sunda. Kelompok 1 memainkan drama dari awal bagendit dan kelompok 3 memainkan drama sangkuriang.
penghargaan
Grup yang dipilih untuk setiap kategori adalah:

  1. Kelompok 3 dari kelqs X yang memainkan game kedua, dianugerahi penampil faporit
  2. Kelompok 4 kelas XI membuat angklung diberikan kepada pengendara sepeda motor

grup 1 dari kelas XII yang memainkan drama monyet karung dianugerahi pemeran.

6. PENUTUP

Bagian penutup dari konten adalah akhir dari laporan, konten dapat disimpulkan, sarqn dan mudah dimengerti yang mengkompilasi laporan kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut Misalnya:
semua kegiatan umumnya berlangsung dengan lancar sesuai dengan desain yang telah dibuat sebelumnya. Masing-masing kelompok tampaknya peduli sebanyak mungkin untuk memberikan pesan yang baik kepada semua yang menonton. semoga bisa menjadi bahan evaluasi untuk melakukan kegiatan yang diharapka
Panitia ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Semoga Allah swt menghargai semua perbuatan baik. aminnn …..

C. MEMBUAT RENCANA KEGIATAN

Untuk menyusun laporan kegiatan ada beberapa rencana yang dapat diimplementasikan. Tetapi menyusun laporan itu tidak perlu. Desainnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan apa pun. Perhatikan langkah-langkah berikut dalam membuat desain laporan:

  1. Identifikasi dan identifikasi latar belakang untuk melakukan kegiatan tersebut.
  2. Identifikasi dan identifikasi tujuan atau maksud untuk melakukan kegiatan tersebut.
  3. Identifikasi peristiwa penting yang terjadi selama pelaksanaan kegiatan.
  4. Atur berbagai informasi yang gila ketika melakukan aktivitas tersebut.
  5. Siapkan data pendukung, seperti foto, daftar peserta, jadwal kegiatan, dan sebagainya.
  6. Atur berbagai informasi ke dalam laporan yang sistematis dan ringkas.


error: Content is protected !!