WAWACAN SIMBAR KANCANA

WAWACAN SIMBAR KANCANA
Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.
Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale
Jika ada pertanyaan seputar WAWACAN SIMBAR KANCANA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.
Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar WAWACAN SIMBAR KANCANA.
WAWACAN SIMBAR KANCANA
Wawacan Simbar Kancana
Anggitan: K. Tisnasujana
1. Sinom méméh manjangkeun carita, dikait dijieun dangding medar simpalan sajarah, rok mungun tali paranti, paranti anu gaib, gaib Sunda ti karuhun. panganjen talakrama, tilawat ka nu geus gaib, enya éta amir reujeungna pertobat.
2. Amitan ka nu geus angkat, angkat nilar alam lahir, lumetang di amalam padang, pod panjang tanpa peuting, nek ngawancah ngawincik nyaurkeun nuturkeun galur, galur nu kacarita, anu kasebat kasambit, disuhunkeun kalunturan kalengsaran.
3. Anu kasebat jenengan anu kasabit wawangi, nu kakocap nagarana, kawincik geusanna calik, mugia rido galih neda gunging cukup lumur, timbang taraju Jembat, sanes nganggit nitih aji, roh babaran sanés lingkaring komara.
4. Tobat mun séja nyasama, paralun mun mapandı, ngaguyah anu keur lenggah ngusik-ngusik anu keur calik, linggih di alam gaib, lumungguh di Pitu Agung tohat teu pisan pisan sakadar manggung kaeling, gung paralun néda panjangpangampura.
5. Caturkeun hiji nagara, pasir wokir loh jinawi, nélah nagara Talaga, ngaran nepi 6. ka kiwari, nagri ngabanding pasir, ayana tutugan gunung, suku Gunung Ciremay, gunung Gede ngajungkiring kamasyhurkeuni ragrı harja gemah ripah
6 Teu kakocap peperangan, téu kawarti pupuh junti, ayem tentram pangeusina. taya ka siri karung ing pada talibra pikit, lulungna nu mangku perbu, jembar nu ngasta praja, salawasna répéh rapih jeung tatangga nagara taya cangcala
7. Manca nagara saréab, téu warani nyisi kudi, batan ngalalangkianan, peta bedegong kumaki, anggur nyolondo ajrih, nyobat rajana misepuh, ku hal éta mérenah, nagara tch tis hening, da téu nyorang pasendatan pacengkadan.
8 Ari dina mangsa eta, anu jumeneng Narpati, nigasta nagara Talaga, Talaga Manggung kakasih, éstu ratu panilih, luhung pinuh ku panemu, beunghar ku pangawasa, Narpati sugih pengeusi, luhung agung kocoran terah tumerah.
9. Elmu panegusi salira, babaraning ngaping nagri, pertata ngolah nagara, taya kuciwa saeutik ageman pranarpati, nu matak mulus rahayu, pikeun nagri sakumna, kitu deui eimu diri, pingeusaneun nyangga mamala dursila.
10. Pamondah pangraksa raga, panjaring pangjagi jisim, pon kitu kalelemesan, pantes dipawedi asih, ku rayat éusi nagri, katut tatangga paratu, hibama pangawasa. nyangkring weweses panilih, estu ratu pilih tanding sasamana.
(Dicutat tina Winuacan Simbar Kanatna karya K. Tisnasujana (Depdikbud, 1983),
Ringkesan Wawacan Simbar Kancana Anggitan: K. Tisnasujana
Kacaturkeun karajaan Talaga nu dipingpin ku hiji taja nu nelah Raja Talaga Manggung. Raja Talaga Manggung boga anak dua nyaeta nu cikal ngaranna Raden Panglurah jeung nu bungsu ngaranna Simbar Kancana. Simbar Kancana geus boga salaki, ngaranna Palembang Gunung. Dina hiji waktu Raden Panglurah dititah tapa ka gunung Bitung ku ramana. Tujuanana pikeun ngeberesihkeun diri. Raja hayang Raden Panglurah bisa jadi raja nu bisa mingpin karajaan Talaga kalayan bener Kahayang ramana dicumponan ku Raden Panglurah Raden Panglurah tuluy indit tatapa di gunung Bitung salila tujuh taun tujuh bulan tujuh poe tujuh peuting
Sanggeus Raden Panglurah indit tapa di gunung Bitung, Palembang Gunung salaku minantu Raja Talaga Manggung ngarasa hayang jadi raja Talaga, Palembang Gunung apaleun yen Centang Barang salaku juru simpen keraton nyaho apesa Raja Talaga Manggung Palembang Gunung ngahaja ngadeukeutan Centang Barang sangkan bisa nurut jeung dack mantuan ka Palembang Gunung. Centang Barang diolo rék diberi pangkat patih di karajaan Talaga tapi saratna karajaan Talaga kudu dipingpin ku Palembang Gunung.
Centang Barang kapanggaruhan ku Palembang Gunung, tuluy maéhan Raja Talaga Manggung Talaga Manggung dipaéhan maké cis nu ditubleskeun kana dadana Sanggeus maot luluy Raja Talaga Manggug ngaleungit. Tempat leungitna Raja Talaga Manggung jadi situ anu nelah situ Sanghiang. Nempo éta kajadian, Centang Barang ngarasa hanjakal lantaran geus machan Raja Talaga Manggug nu nyaah pisan ka Centang Barang. Centang Barang mahala dirina nepi ka maot. Leungitna raja jeung Centang Barang ngabalukarkeun sedihna Simbar Kancana jeung bungahna Palembang Gunung Sanggeus kahayang Palembang Gunung tinekanan, Palembang Gunung ngarasa can sugema kénéh lantaran Raden Panglurah masih keneh hirup lantaran masih tapa di gunung Bitung, Antukna Palembang Gunung nitah ponggawana pikeun mainan Raden Panglurah. Saacan dipaéhan ku ponggawana, Raden Panglurah nyampak geus euweuh di pangtapaan. Ngadéngé éta warta. Palembang Gunung bungaheun pisan.
Palembang Gunung tuluy ngayakeun pésta lantaran ngarasa bungah raja Talaga jeung Raden Panglurah geus tiwas. Tapi alesan Palembang Gunung ka Simbar Kancana diayakeunna pésta nya eta pikeun ngabeberah manah rahayat Talaga sangkan teu sedih teuing sanggeus ditinggalkeun ku raja. Nalika Palembang Gunung keur ngayakeun pesta, aya jalma nu nyaritakeun sipat goréng Palembang Gunung ka Simbar Kancana, Ti dinya Simbar Kancana ngarasa ambek ka Palembang Gunung lantaran geus machan ramana. Antukna Simba Simbar Kancana boga kahayang pikeun males pati ramana ku cara machan Palembang Gunung
Simbar Kancana tuluy maéhan Palembang Gunung ku cara nanclebkeun patrem kana angenna. Saacan Palembang Gunung maot. Palembang Gunung ménta hampura ka Simbar Kancana. Lantaran Simbar Kancana teu méré hampura ka Palembang Gunung antukna Palembang Gunung kaburu mere sumpah yen lamun Simbar Kencana teu ngahampura tangtu bakal meunang kasangsaraan. Sanggeus Palembang Gunung maot Simbar Kancana ngarasa hanjakal.
Kacaritakeun Raden Panglurah geus berés tina tapa. Raden Panglurah acan tiwas lantaran ku pangeran saangkan teu katempo ku jalma nu rek machan. Raden Panglurah kaluar ti gunung Bitung tuluy papanggih jeung Simbar Kancana. Simbar Kancana tuluy nyaritakeun sakebeh kajadian nu kaalaman nalika ditinggalkeun ku Raden l’anglurah. Raden Penglurah sedih pisan lantaran ditinggal maot ku ramana jeung boga rasa ambek ka Palembang Gurung lantaran geus machan ramana.
Dina hiji waktu, Raden Penglurah moro ka leuweung. Raden Panglurah nempo aya manjangan nu lumpat tuluy diboro. Horéng éta manjangan lumpatna ka situ Sanghiang sarta tuluy éta manjangan ngaleungit. Némpo éta kajadian, Raden Panglurah hayang panggih jeung ramana lantaran Raden Penglurah yakin yén situ Sanghiang mangrupa jirim tina ramana, nya éta Raja Talaga Manggung. Raden Panglurah jeung opat puluh ponggawana tuluy teuleum ka situ Sanghiang. Tapi aya saurang prajurit anu teu milu teuleum lantaran hayang méré nyaho éta kajadian ka Simbar Kancana. Simbar Kancana sedih pisan nalika apal yén lanceukna geus ninggalkeun Simbar kancana.
Singget carita Simbar Kancana geus jadi ratu. Sanggeus Simber Kancana jadi ratu tetep aya gogodana, nyaéta Simbar Kancana katerap ku kasakit borok lantaran sumpah Palembang Gunung. Pikeun ngaleungitkeun kasakitna, Simbar Kancana nyayakeun sayembara, yén saha waé nu bisa ngaleungitkeun kasakitna mangka baris dibéré hadiah. Hadiahna nyaéta lamun lalaki dijadikeun salaki atawa dulur, jeung lamun awéwé bakal dijadikeun sesepuh atawa dulur. Hasil tina sayembara aya Ajar Kutamangu nu bisa ngaleungitkeun panyakit Simbar Kancana. Antukna Simbar Kancana nikah jeung Ajar Kutamangu. Sanggeus nikah, nu jadi raja Talaga tetep Simbar Kancana.
LATIHAN
1. Naon jejer atawa téma wawacan “Simbar Kancana” di luhur?
2. Saha waé palaku atawa tokoh dina éta wawacan? Kumaha deuih watekna?
3. Hal naon waé anau dicaritakeun dina wawacan di luhur téh? Di mana jeung iraha kajadianana?
4. Naha aya unsur pamohalan (mustahil) dina carita wawacan di luhur? Cing, tataan!
5. Naon amanatna dina carita wawacan di luhur téh?
Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai WAWACAN SIMBAR KANCANA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:
LINK KUMPULAN MATERI WAWACAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-wawacan-sunda/
LINK 15+ KUMPULAN CONTOH WAWACAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/wawcan-sunda/
LINK 50+ KUMPULAN SOAL WAWACAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/
Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.
Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE
Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih.
GOOGLE TRANSLATE
Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.
WAWACAN SIMBAR KANCANA
Pidato Simbar Kancana
Anggota: K. Tissim
1 Sinom sebelum melanjutkan ceritanya, rajutan berbahan stoking bersejarah beredar, rok berbahan gawai tali, gawai yang bersifat magis, gaib R dari nenek moyang. apresiasi talakrama, tilawat kepada yang sudah magis, ya itu amir reujeuang bertaubat.
2 Amitan kepada mereka yang telah pergi meninggalkan alam, lumetang di amalam padang, polong tanpa malam, nek ngawancah merinci mengikuti strain, strain yang dilaporkan, yang disebut disebut kalunturan kalengsaran.
- Nama berkaitan dengan wangi, yang diucapkan di tanah air, detailnya udah pintar, semoga rido galih neda cukup gunging lumur, timbang taraju jembat, belum lagi naik aji, semangat melahirkan tidak disekitar komara.
- Bertobat jika Anda sendirian, berdoa kepada mapandı, goyangkan orang yang duduk, orang yang duduk, orang yang duduk, orang yang duduk, orang yang duduk, orang yang duduk, orang yang duduk, orang yang duduk, orang yang duduk, orang yang duduk.
- Catur negeri, pasir wokir loh jinawi, nelah negeri talaga, sebutan 6. sampai sekarang, negeri membandingkan pasir, keberadaan kelanjutan gunung, kaki gunung Ciremay, gunung gede terbalik ketenaran ragrı harja gemah ripah
6 Tidak ada kabar perang, tidak ada berita tentang junta, perdamaian penduduknya. Tidak untuk rangkaian karung di talibra pikit, lulungna mangkuk perbu, lebar yang menampung praja, selalu rapi berantakan dengan tetangga negeri no cangcala
- Asing tidur, tidak berani mengisi kudi, daripada mengabaikan, map bedegong kumaki, arak nyolondo ajrih, coba rajana misepuh, kalau begitu nyaman, negeri tch tis diam, da tidak nyorang pasendatan pacengkadan.
8 Ari waktu itu, yang berdiri Narpati, nigasta negeri Talaga, kekasih Talaga Gig, sungguh ratu pilihan, megah penuh opini, kaya wibawa, penghuni kaya Narpati, keagungan agung kocoran terah tumerah.
9 Ilmu pelestarian diri, lahirnya orang asing, tata tertib pengolahan negara, tidak ada kekecewaan dalam pakaian pranarpati, yang merupakan berkah yang mulus, untuk seluruh negeri, serta eimu sendiri, dukungan dari mamalia jahat.
- Tubuh penindas tubuh, penjaga tubuh, pound begitu lemah, layak ditakuti cinta, oleh warga negara, dan tetangga paratu, hibama penguasa. nyangkring weweses pemilih, sungguh ratu memilih adu sebaya.
(Dikutip dari Winuacan Simbar Kanatna oleh K. Tisnasujana (Depdikbud, 1983),
Ringkasan Simbar Kancana Anggitan: Tissuja
Kerajaan Talaga diperintah oleh sponsor yang mengalahkan Raja Talaga Gig. Raja Talaga Gig memiliki dua orang anak yaitu yang tertua bernama Raden Panglurah dan yang termuda bernama Simbar Kancana. Simbar Kancana sudah memiliki seorang suami yang bernama Palembang Gunung. Raden Panglurah pernah disuruh bertapa di Gunung Bitung oleh ayahnya. Tujuannya untuk membersihkan diri sendiri. Raja menginginkan Raden Panglurah menjadi raja yang dapat memimpin kerajaan Talaga dengan baik. Keinginan ayahnya digubah oleh Raden Panglurah Raden Panglurah kemudian pergi memandang Gunung Bitung selama tujuh tahun tujuh bulan tujuh hari tujuh malam
Setelah Raden Panglurah pergi bersemedi di Gunung Bitung, Palembang Gunung sebagai menantu Raja Talaga Gig merasa ingin menjadi raja Talaga, Palembang Gunung mengingat bahwa Cek Barang sebagai penjaga kerajaan tahu apesa Raja Talaga Gig Gunung Palembang sengaja mendekati Cek Barang agar dia bisa mematuhi Palembang Gunung. Cek Barang diolo ingin diberi pangkat adipati di kerajaan Talaga tapi syarat kerajaan Talaga harus dipimpin oleh Palembang Gunung.
Memeriksa barang-barang yang dirampas oleh Palembang Gunung, lalu membunuh Raja Talaga Gig Talaga Gig itu dibunuh dengan menggunakan cis yang diselipkan di dada. Setelah kematian Raja Talaga Manggug menghilang. Tempat hilangnya Raja Talaga Gig menjadi danau yang menelan danau Sanghiang. Melihat hal itu terjadi, Cek Barang merasa sangat disayangkan karena sudah machan Raja Talaga Manggug yang melangkah jauh sekali untuk Cek Barang. Periksa barang-barang berharga-Nya sampai mati. Hilangnya raja dan Cek Barang menyebabkan kesedihan Simbar Kancana dan kegembiraan Palembang Gunung. Setelah keinginan Palembang Gunung ditegaskan, Palembang Gunung masih merasa tidak puas karena Raden Panglurah masih hidup karena masih bersemedi di Gunung Bitung. Hingga terbunuh oleh seorang perwira, Raden Panglurah tampaknya sudah tidak ada lagi di padepokan. Dengarkan beritanya. Palembang Gunung sangat mengasyikkan.
Palembang Gunung kemudian menggelar pesta karena mereka senang raja Talaga dan Raden Panglurah tewas. Namun alasan Palembang Gunung mengadakan pesta Simbar Kancana adalah untuk menenangkan hati masyarakat Talaga agar tidak terlalu sedih setelah ditinggal raja. Saat Palembang Gunung mengadakan pesta, ada orang yang menceritakan sifat buruk Palembang Gunung kepada Simbar Kancana, Dari situ Simbar Kancana merasa marah kepada Palembang Gunung karena memiliki ayah yang machan. Selama ini Simba Simbar Kancana memiliki keinginan untuk membalas kematian ayahnya oleh machan Palembang Gunung
Simbar Kancana kemudian membunuh Palembang Gunung oleh nanclebke patrem kepada angenna. Sampai Palembang Gunung meninggal. Palembang Gunung meminta maaf kepada Simbar Kancana. Karena Simbar Kancana tidak memaafkan Palembang Gunung yang selama ini melarikan diri Palembang Gunung bersumpah bahwa jika Simbar Kencana tidak memaafkan maka akan sengsara. Setelah Palembang Gunung meninggal, Simbar Kancana merasa sedih.
Kabarnya Raden Panglurah sudah selesai bertapa. Raden Panglurah belum terbunuh karena pangeran sehingga tidak terlihat oleh orang yang ingin machan. Raden Panglurah keluar dari Gunung Bitung dan kemudian bertemu dengan Simbar Kancana. Simbar Kancana kemudian menceritakan semua kejadian yang dialaminya saat ditinggalkan oleh Raden l’anglurah. Raden Penglurah sangat sedih karena ditinggal mati oleh ayahnya dan memiliki rasa marah kepada Gurung Palembang karena telah menjadi machan ayahnya.
Raden Penglurah pernah berburu di hutan. Raden Panglurah melihat ada penyuluhan yang berjalan kemudian dibor. Tidak. Ia memperpanjang larinya ke danau Sanghiang dan kemudian meluas hingga menghilang. Melihat hal itu, Raden Panglurah sangat ingin bersama ayahnya karena Raden Penglurah yakin bahwa telaga Sanghiang adalah jenazah ayahnya, Raja Talaga Gig. Raden Panglurah dan empat puluh pelayan kemudian menyelam ke danau Sanghiang. Namun ada seorang tentara yang tidak ikut menyelam karena ingin memberi tahu mereka apa yang terjadi dengan Simbar Kancana. Simbar Kancana sangat sedih ketika teringat kakaknya telah meninggalkan Simbar temannya.
Singkat cerita Simbar Kancana telah menjadi ratu. Setelah Simber Kancana menjadi ratu, masih ada godaan yaitu Simbar Kancana menderita maag akibat sumpah Palembang Gunung. Untuk menghilangkan penyakitnya, Simbar Kancana mengadakan sayembara, siapa yang bisa menghilangkan penyakitnya akan diberikan hadiah. Hadiahnya adalah ketika seorang laki-laki menjadi suami atau saudara laki-laki, dan jika seorang perempuan menjadi seorang tua atau saudara laki-laki. Hasil lomba adalah Ajar Kutamangu yang mampu memberantas penyakit Simbar Kancana. Akhirnya Simbar Kancana menikah dengan Ajar Kutamangu. Setelah menikah, raja Talaga tetap menjadi Simbar Kancana.
1 Apa topik atau tema dari ceramah “Simbar Kancana” di atas?
2 Siapakah aktor atau tokoh dalam pidato tersebut? Apa karakternya?
3 Apa saja yang diceritakan dalam pidato di atas? Dimana dan kapan itu terjadi?
4 Apakah ada unsur ketidakpercayaan dalam cerita di atas? Cing, tataan!
5 Apa pesan dari cerita di atas?
