MANDU ACARA PANATA ACARA MC SUNDA
MATERI MC SUNDA,  MATERI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA

PANATA ACARA BASA SUNDA

PANATA ACARA BASA SUNDA
MANDU ACARA PANATA ACARA MC SUNDA

PANATA ACARA BASA SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar PANATA ACARA BASA SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
PANATA ACARA BASA SUNDA.

PANATA ACARA BASA SUNDA
PANATA ACARA BASA SUNDA

PANATA ACARA BASA SUNDA

Dina acara resmi, biasana mah sok dijejeran ku panata acara. Panata acara disebut ogé protokol atawa MC (master of ceremony), dina basa Indonésia disebut pembawa acara. Pancén panata acara téh nyaéta ngatur acara-acara resmi, sangkan acara lumangsung luyu jeung jadwal anu geus ditangtukeun. Saupama digurat-badagkeun, pancén panata acara téh ngawengku opat hal: (1) muka acara; (2) ngajelaskeun runtuyan acara; (3) nyambungkeun acara, jeung; (4) nutup acara.

Upama hidep meunang pancén jadi panata acara, aya sawatara hal anu kudu diperhatikeun, sangkan dina prakna bisa lancar.

(1) Kudu apal kana runtuyan acara anu bakal dilaksanakeun, anu biasana geus disusun ku panata calagara (panitia). Lamun can aya, kudu disusun heula babarengan ku panata acara jeung panata calagara (panitia). Acara anu rék dipidangkeun kudu ngaruntuy, merenah susunanana, ulah nepi ka clék-clok teu puguh. Upamana acara ngalagu Indonesia Raya ulah disimpen di tengah atawa di ahir, tapi kudu di awal.

(2) Kudu apal saha anu bakal ngeusi acara. Lamun aya biantara, kudu geus apal saha anu bakal biantarana. Lamun aya anu maca ayat suci Al Kur’an, kudu geus apal saha anu bakal macana, jeung saha anu nepikeun saritilawahna. Kitu deui lamun aya maca du’a di panungtung acara, kudu geus ditangtukeun saha anu bakal maca du’ana.

(3) Kudu apal kana durasi waktu unggal acara. Anu bakal ngeusi acara, pangpangna acara biantara, saméméhna kudu dibéjaan heula durasi waktuna. Ulah nepi ka diantep sina kalalanjoanan. Lamun geus liwat ti waktu anu geus ditangtukeun, béjaan ku urang ku cara méré kodeu.

(4) Kudu apal saha waé anu bakal datang nyaksian acara. Tangtuna gé teu kudu apal ka saurangna-saurangna. Cukup ku sacara umumna baé. Iwal ka tamu penting anu bakal diuk panghareupna. Éta mah urang wajib apal. Lantaran biasana urang kudu ngahatur-nuhunkeun ku lantaran geus datang milu ngaluuhan acara. Dina acara séjén saperti acara paturay tineung atawa pentas seni, biasana sok diwuwuhan ku biantara pamapag (sambutan), anu dilaksanakeun saméméh biantara utama. Sok aya acara hiburan deuih. Biasana mah acara hiburan dilaksanakeun sabada acara utamana réngsé.

Dina prakna, aya sawatara hal anu kudu dipaliré upama urang jadi panata acara di antarana:

(1) Sorana kudu bedas jeung béntés.
(2) Lentong jeung wirahmana merenah.
(3) Miboga pangaweruh anu jembar ngeunaan matéri acara anu ditepikeun.
(4) Miboga kamampuh ngaréka basa pikeun bungbu pangirut.
(5) Surti kana suasana jeung kahayang hadirin.
(6) Miboga sikep anu hadé, anu ngawengku tatakrama, paroman, jeung réngkak paripolah lianna.
(7) Miboga kamampuh pikeun ngahirupkeun suasana.
Panata acara téh mangrupa kaparigelan anu bisa dilatih. Anu matak upama hidep hayang jadi panata acara, MC, atawa présénter anu hadé, sarat utamana téh kudu daék latihan. Tong poho, apan ayeuna mah panata acara, MC, atawa présénter téh geus jadi hiji profési anu bisa diandelkeun. Minangka contona, baca sing gemet téks di handap!

LATIHAN SOAL

(1) Naon anu disebut panata acara téh?
(2) Naon baé pancén panata acara téh?
(3) Dina acara naon baé anu sok maké panata acara?
(4) Naon sababna panata acara kudu apal saméméhna ka nu rék ngeusian acarana?
(5) Panata acara kudu miboga pangaweruh anu jembar ngeunaan acara anu rék dijejeranana. Terangkeun, naon sababna?
(7) Naon sababna panata acara kudu apal ka tamu penting anu bakal hadir dina acara?
(8) Acara anu disusun téh kudu merenah runtuyanana. Naon sababna?
(9) Naon sababna panata acara kudu apal kana durasi waktu acara?
(10) Lamun aya anu biantara liwat ti wates waktu, kudu kumaha sikep panata acara?
(11) Lamun aya acara maca du’a, kudu disimpen di mana? Naha di awal, di ahir, atawa di tengah-tengah acara?
(12) Lamun aya acara biantara pamapag, kudu disimpen di mana? Naha di awal, di ahir, atawa di tengahtengah acara?

(MODUL PANGAJARAN BASA SUNDA SMP)


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai PANATA ACARA BASA SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:


LINK KUMPULAN MATERI MANDU ACARA SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-mandu-acara-sunda/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH MANDU ACARA SUNDA LENGKAP

https://bahasasunda.id/category/mandu-acara-sunda/

LINK 50+ KUMPULAN SOAL LAPORAN KAGIATAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/


Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini
:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE

Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA



GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

PANATA ACARA BASA SUNDA

Di acara-acara resmi, saya biasanya antre dengan penyelenggara acara. Penyelenggara disebut juga protokol atau MC (pembawa acara), dalam bahasa Indonesia disebut pembawa acara. Fungsi event organizer adalah untuk menyelenggarakan acara resmi, agar acara berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Secara umum, tugas penyelenggaraan acara meliputi empat hal: (1) pembukaan acara; (2) mendeskripsikan urutan kejadian; (3) menghubungkan acara, dan; (4) tutup acara.

Jika ingin menjadi event organizer ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dalam prakteknya bisa berjalan dengan lancar.

(1) Perlu diingat urutan acara yang akan diadakan yang biasanya diatur oleh penyelenggara (panitia). Jika tidak ada, harus diatur dulu bersama dengan penyelenggara acara dan penyelenggara (panitia). Acara yang ingin dihadirkan harus tertib, tertata rapi, agar tidak malas. Misalnya, acara nyanyian Indonesia Raya tidak boleh ditempatkan di tengah atau di akhir, melainkan di awal.
(2) Ingat siapa yang akan mengisi acara tersebut. Jika ada yang berpidato pasti sudah tahu siapa yang akan berbicara. Jika ada yang membaca ayat Al-Qur’an, pasti sudah tahu siapa yang akan membacanya, dan siapa yang akan membacanya. Begitu pula jika ada pembacaan keduanya di akhir acara, seharusnya sudah ditentukan siapa yang akan membacakan keduanya.
(3) Harus mengingat durasi waktu setiap acara. Siapa yang akan mengisi acara, sebagian besar acara pidato, harus diberitahu terlebih dahulu tentang durasi waktunya. Jangan biarkan hal itu luput dari perhatian. Jika sudah berakhir dari waktu yang ditentukan, beri tahu kami dengan memberikan kode.
(4) Harus ingat siapa saja yang akan datang untuk menyaksikan acara tersebut. Tentu saja Anda tidak perlu mengingat satu per satu. Cukup saya secara umum. Kecuali tamu penting yang akan duduk di depan. Itu bukanlah sesuatu yang harus kita ingat. Karena biasanya kita harus bersyukur bisa ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Pada acara lain seperti pemakaman atau pentas seni, biasanya diawali dengan pidato (penyambutan) yang digelar sebelum pidato utama. Selalu ada acara hiburan lagi. Biasanya acara hiburan saya diadakan saat acara selesai.

Dalam prakteknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita akan menjadi penyelenggara acara di antaranya:
(1) Suara harus berbeda dan berbeda.
(2) Lentong dan irama yang cocok.
(3) Memiliki pengetahuan yang luas tentang materi acara yang dibawakan.
(4) Memiliki kemampuan untuk membangun bahasa untuk peniru rempah-rempah.
(5) Yakin dengan suasana dan keinginan penonton.
(6) Memiliki sikap yang baik, yang meliputi etiket, tata krama, dan perilaku lainnya.
(7) Memiliki kemampuan untuk menghidupkan atmosfer.
Penyelenggara acara adalah keterampilan yang bisa dilatih. Artinya, jika ingin menjadi event organizer, MC, atau presenter yang lebih baik, syarat utamanya adalah mau berlatih. Jangan lupa, sekarang event organizer, MC, atau presenter saya sudah menjadi profesi yang bisa diandalkan. Sebagai contoh, baca teks mengejutkan di bawah ini!

LATIHAN SOAL

(1) Apa penyelenggara acara?
(2) Apa sebenarnya penyelenggara acara tersebut?
(3) Dalam acara apa ada yang selalu memakai organizer?
(4) Mengapa penyelenggara acara perlu tahu sebelumnya dengan siapa Anda ingin mengisi acara?
(5) Penyelenggara harus memiliki pengetahuan yang luas tentang acara yang akan diselaraskan. Jelaskan, apa alasannya?
(7) Mengapa penyelenggara acara perlu mengingat tamu penting yang akan hadir di acara tersebut?
(8) Acara yang terorganisir harus teratur. Apa alasannya?
(9) Mengapa penyelenggara acara perlu mengingat durasi acara?
(10) Jika ada pidato dari waktu ke waktu, bagaimana seharusnya sikap penyelenggara?
(11) Jika ada acara membaca ganda, di mana harus disimpan? Apakah di awal, di akhir, atau di tengah acara?
(12) Jika ada pidato pemakaman, di mana harus disimpan? Apakah di awal, di akhir, atau di tengah acara?

error: Content is protected !!