CONTOH LAPORAN KAGIATAN BAHASA SUNDA
LAPORAN KEGIATAN SUNDA

CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA

CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA
CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA

CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA

Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di
bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale

Jika ada pertanyaan seputar CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar
CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA.

CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA
CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA

CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA

Kémah Pramuka SMA Karya Guna
Taun Pangajaran 2017/2018

1. Kasang Tukang

Kagiatan Kiwari remen kabéjakeun dina TV atawa koran, aya barudak sakola anu tawuran atawa garelut. Kitu deui, réa kabéjakeun siswa anu maké internet teu luyu jeung étika. Ku lantaran kitu, perlu ayana atikan karakter ka siswa. Salasahiji kagiatan anu bisa ngamalirkeun bakat minat, jeung kamampuh siswa bari jeung ngalatih karakterna téh ngaliwatan atikan kapramukaan atawa gerakan pramuka di sakola. Ngaliwatan kagiatan pramuka, dipiharep siswa bisa némbongkeun manusa nu mibanda kapribadian jeung kalemesan budi, seukeut mikir (pinter) jeung tohaga fisikna. Lian ti éta dipiharep bisa ngajanggélék jadi tangtungan manusa Indonesia anu mibanda jiwa Pancasila jeung nasionalisme anu pageuh. Pikeun nedunan harepan-harepan kitu, perlu diayakeun kagiatan diajar di lapangan ngaliwatan Kemah Pramuka.

2. Tujuan Kagiatan

leu kagiatan mibanda tilu tujuan, nyaéta:
a. Aktualisasi atikan kapramukaan di sakola pikeun ngawadahan bakat karesep, jeung kamampuh siswa,
b. Ngaronjatkeun pangaweruh, sikep, jeung kaparigelan siswa salaku ang gota Pramuka Penegak Ngarojong program atikan kapramukaan jeung atikan karakter di sakola

3. Tempat jeung Waktu kagiatan

Tempat Kagiatan:
Bumi Perkemahan Letjen (Pum.) Dr. (HC) Mashudi Kwarda Jawa Barat (Buper Kiarapayung) Kabupaten Sumedang Jawa Barat

Waktu Kagiatan:
Saptu-Ahad, 15-16 Juli 2017

4. Pamilon jeung Calagara

Pamilon:
Jumlah pamilon aya 150 urang

Calagara:
Jumlah calagara aya 20 urang anu ngawengku Pupuhu. Girangserat, Panataharta. jeung Anggota anu dibagi jadi sababaraha séksi /bagian

5. Pedaran

Kagiatan kemah dimimitian ti poe Saptu jam 07 00 WIB (suk-isuk) Durumi tian ku upacara tanda kagiatan dibuka. Geus kitu diayakeun rupa-rupa kagiatan atikan kapramukaan Diayakeun oge pasanggiri antarregu ténda dina widang basa jeung seni Sunda, kayaninig pasangiri biantara jeung kawih. Lian ti eta dia- jarkeun oge kagiatan baris-berbaris, kadisiplinan waktu, jeung P3K Diajarkeun ogé maca semaphore, sandi kotak jeung sandi rumput.

Kagiatan kemah Pramuka ditutup dina poé Ahad, jam 08.00 WIB (usuk-isuk). ku upacara panutupan jeung bewara pinunjul pasanggiri.

6. Penutup

Kagiatan kemah pramuka kacida pentingna dilaksanaketun unggal taun pangpangna keur siswa kelas X SMA, keur numuwuhkeun sikep nasionalisme katut ngaronjatkeun gerakan Pramuka di sakola minangka organisasi kapanduan jeung kapamudaan anu resmi di Indonesia

LATIHAN SOAL

1. Naon kasang tukang kagiatan téh?
2. Naon waé tujuan kagiatan kémah?
3. Kelompok naon waé anu aya dina panitia calagara?
4. Kagiatan naon waé nu diayakeun salila kémah pramuka? téh?
5. Kumaha kacindekan tina kagiatan kemah pramuka
6. Keur naon gunana kémah pramuka téh?


Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai CONTOH LAPORAN KAGIATAN TENTANG PRAMUKA BAHASA SUNDA lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:

LINK KUMPULAN MATERI LAPORAN KAGIATAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-laporan-kagiatan-sunda/

LINK 15+ KUMPULAN CONTOH LAPORAN KAGIATAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/laporan-kegiatan/

LINK 50+ KUMPULAN SOAL LAPORAN KAGIATAN SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/


Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini
:
WHATSAPP
TELEGRAM
LINE
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE


Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih
.


BAHASASUNDA.ID

BUKU SUMBER:
BUKU RANCAGE DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU CAHARA BASA
BUKU BASA SUNDA URANG
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
BUKU GAPURA BASA
BUKU WIWAHA BASA
BUKU PRASADA BASA


GOOGLE TRANSLATE

Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.

MATERI LAPORAN KEGIATAN
A. MATERI LAPORAN KEGIATAN

Laporan aktivitas berisi semua yang terkait dengan aktivitas yang telah terjadi. Informasi yang disorot dalam laporan kegiatan terutama difokuskan pada terjadinya kegiatan, biaya, bug atau kontaminan, dan masalah teknis. Bentuk laporan kegiatan Ari adalah formal dan biasanya dibuat oleh organisasi atau lembaga. Di dalamnya Anda harus memuat informasi dan pakta yang dapat dianggap bertanggung jawab atas ketidakhadirannya.
kulit hitam tertentu telah memenangkan kesan apa pun yang seharusnya muncul dalam laporan perjalanan. Beberapa hal yang harus ada dalam laporan kegiatan adalah:

B, BEBERAPA HAL YANG HARUS DILAKUKAN
1. PEMBUKAAN

Konten adalah perantara untuk membawa pembaca ke kasus yang ingin Anda laporkan. Di bagian ini menjelaskan apa penyebabnya karena dalam hal suatu kegiatan, dan rasa terima kasih itu dan selesai menjalankan kegiatan.

Dalam rangka memperingati 20 tahun SUNDALANA VOCATIONAL SCHOOL, osis smk sundalana mengadakan kegiatan seni pertunjukan sunda untuk lingkungan sekolah. Kegiatan ini merupakan pengalih perhatian sekaligus kesempatan untuk menunjukkan keterampilan dan keberanian siswa. Selain itu, acara ini mendukung program penangguhan hari Rabu yang diadakan oleh pemerintah daerah. Diharapkan untuk mengembangkan kebanggaan dan semangat para siswa sehingga dapat memelihara seni cinta tradisional. Dalam pertunjukan ini, tiga paket hadiah disediakan untuk kategori “pemain favorit”, pengendara sepeda motor “, dan” pembeli “.

2. WAKTU DAN TEMPAT ACARA

Ini perlu dalam laporan jadi malas kapan dan di mana kegiatan tersebut sedang berlangsung. misalnya seperti ini

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 31 Mei 2017, mulai pukul 08.00 – 11.00 di auditorium (aula) SMK Sundalana. Jl. Garut No. 2 kota bandung.

3. PESERTA

jika kegiatannya adalah perjalanan yang disebutkan sudah cukup berapa orang dan siapa saja peserta. Contohnya adalah sebagai berikut

Peserta dalam kegiatan ini adalah semua siswa dari setiap kelas dan departemen, dengan perwakilan terdaftar untuk setiap kelompok dari setiap kelas total 60 orang.
Kelas X: 4 kelompok,
total 20 orang
Kelas XI: 4 kelompok, total
20 orang
Kelas XII: 3 kelompok,
total 20 orang

4. BIAYA

Ini menggambarkan dari mana dana berasal, perincian biaya dan jumlahnya. Ini adalah sesuatu yang penting untuk melaporkan berapa banyak dana yang diterima dan dibelanjakan. Tentu saja harus sesuai dengan situasi aktual. Cara terbaik untuk menggunakannya adalah melapor ke donor. Berikut ini adalah contohnya:

Biaya untuk kegiatan ini dikatakan Rp. 3.000.000 adalah sumber anggaran sekolah sebesar Rp 2.000.000 dengan sumbangan dari penerbit penerbit Dunia pustaka jaya Rp. 1.000.000. Harganya di gunakan untuk berbagai keperluan dan pertunjukan. Berikut detailnya:

5. DESKRIPSI

kegiatan dan hasil dipertaruhkan. Di bagian ini, kami menjelaskan terjadinya aktivitas dan hasil di mana aktivitas selesai. Urutan peristiwa dan siapa yang mengisi fi perlu harus sesuai dengan praktik. Ini adalah bagian yang sangat penting, karena bermain ya atau tidak baik dan buruk terjadi suatu kegiatan. Akhirnya payus sangat banyak jika di lengkapi dengan foto-foto yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut:

Kegiatan kinerja berlangsung dengan dibagi menjadi tiga sesi pertama untuk kelas X, sesi kedua untuk kelas XI, dan sesi ketiga untuk kelas XII.
Setiap adegan grup didokumentasikan sebagai video dan potret diikuti dengan membuat DVD dan album foto. selama menonton.
Juara 1 (kelas X)
Dalam grup ini bermain empat grup, yaitu grup 1 memainkan berbagai permainan anak-anak lemur, grup 2 bermain seni grup 3 bermain rampak rampak harpa, dan grup 4 bermain daging kawih.

Posisi Kedua (kelas XI)
Ada empat kelompok yang memainkan berbagai seni R & B dalam sesi ini.

Lulus ke -3 (kelas XII)
Dalam sesi ini, tiga kelompok semuanya bermain drama dongeng atau cerita legendaris dari Tatar Sunda. Kelompok 1 memainkan drama dari awal bagendit dan kelompok 3 memainkan drama sangkuriang.
penghargaan
Grup yang dipilih untuk setiap kategori adalah:

  1. Kelompok 3 dari kelqs X yang memainkan game kedua, dianugerahi penampil faporit
  2. Kelompok 4 kelas XI membuat angklung diberikan kepada pengendara sepeda motor

grup 1 dari kelas XII yang memainkan drama monyet karung dianugerahi pemeran.

6. PENUTUP

Bagian penutup dari konten adalah akhir dari laporan, konten dapat disimpulkan, sarqn dan mudah dimengerti yang mengkompilasi laporan kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut Misalnya:
semua kegiatan umumnya berlangsung dengan lancar sesuai dengan desain yang telah dibuat sebelumnya. Masing-masing kelompok tampaknya peduli sebanyak mungkin untuk memberikan pesan yang baik kepada semua yang menonton. semoga bisa menjadi bahan evaluasi untuk melakukan kegiatan yang diharapka
Panitia ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Semoga Allah swt menghargai semua perbuatan baik. aminnn …..

C. MEMBUAT RENCANA KEGIATAN

Untuk menyusun laporan kegiatan ada beberapa rencana yang dapat diimplementasikan. Tetapi menyusun laporan itu tidak perlu. Desainnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan apa pun. Perhatikan langkah-langkah berikut dalam membuat desain laporan:

  1. Identifikasi dan identifikasi latar belakang untuk melakukan kegiatan tersebut.
  2. Identifikasi dan identifikasi tujuan atau maksud untuk melakukan kegiatan tersebut.
  3. Identifikasi peristiwa penting yang terjadi selama pelaksanaan kegiatan.
  4. Atur berbagai informasi yang gila ketika melakukan aktivitas tersebut.
  5. Siapkan data pendukung, seperti foto, daftar peserta, jadwal kegiatan, dan sebagainya.
  6. Atur berbagai informasi ke dalam laporan yang sistematis dan ringkas.


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!