
50+ KUMPULAN SOAL ARTIKEL BASA SUNDA SMA KELAS 12
KUMPULAN SOAL ARTIKEL BASA SUNDA SMA KELAS 12
Assalamualaikum wr wb
Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini.
Selamat datang di bahasasunda.id. Perkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan, mudah dipahami, dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.
Tidak hanya blog saja, bahasasunda.id pun memiliki youtube channel, yang berisi video-video edukasi mengenai pembelajaran bahasa Sunda. Kalian bisa kunjungi youtube channel dengan klik link di bawah ini.
www.youtube.com/c/bahasasundaidGemanakarnale
Jika ada pertanyaan seputar KUMPULAN SOAL ARTIKEL BASA SUNDA SMA KELAS 12 yang kurang dipahami, kalian bisa memberikan komentar, silahkan jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah.
Semoga dengan adanya blog ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua.
Selamat belajar KUMPULAN SOAL ARTIKEL BASA SUNDA SMA KELAS 12.
KUMPULAN SOAL ARTIKEL BASA SUNDA SMA KELAS 12
1. Karangan faktual nu kaasup kana kategori tulisan views nu eusina
sawangan, ide opini nu nulis ngajén kana hiji masalah atawa kajadian
….
a. wawacan
b. artikel
c. bahasan
d. karya ilmiah
e. warta
2. Wahana diskusi dina proses aktualisasi jeung raraga néangan solusi
pikeun eksistensisi diri kaasup kana …
a. karakteristik artikel
b. struktur artikel
c. kalungguhan jeung fungsi artikel
d. nangtukeun topik secara spesipik
e. proses aktualisasi
3. Tatahar nulis artikel di antarana ….
a. nyaho kana anatomi artikel
b. ngamekarkeun dadaran artikel
c. néangan ide nu bisa ngirut
d. miboga gagasan nu aktual
e. nyaho kana struktur artikel
4. Karakteristik artikel di antarana, iwal ….
a. ditulis ka lawan referensial ku visi nu intelektual
b. bisa jadi wahana diskusi
c. orisinal
d. singget jeung tuntas
5. Nu kaasup kana artikel dumasar jenis jeung tingkat kasulitan di antarana
….
a. artikel eksplanatif
b. artikel analisis ahli
c. artikel popular
d. artikel kreatif intelektual
e. artikel warta
6. Artikel anu ditulis asli mangrupa karya sorangan lain hasil plagiat
disebut artikel ….
a. kreatif
b. individual
c. orisinal
d. intelektual
e. faktual
7. Mikanyaho kana anatomi artikel kaasup kana ….
a. tatahar
b. fungsi artikel
c. léngkah nu kudu dilakonan nalika ngamimitian nulis artikel
d. karakteristik artikel
e. struktur artikel
8. karangan anu anu disusun pikeun ngébrehkeun pamadegan nu nulis kana hiji fakta disébut…….
a. Bulletin
b. terjemahanl daring
c. Tabloid
d. Koran
e. Artikel
9. Anu ngabedakeun artikel jeung pedaran nyaéta….
a. panjang pondok karangan
b. Aya daftar rujukan
c. alus goréngna karangan
d. Huruf/front digunakeun
e. eusi anu di muat
10. ieu dihandap anu heunteu kaasup kana unsur-unsur dina struktur artikel,nyaeta…….
a. judul
b. Alinéa pamungkas
c. alinéa bubuka
d. Alinéa panambah
e. alinéa panandes
11. situs mégalitik gunung padang disebut ku arkeolog mangrupa situ anu aya di
a. jawa barat
b. dunya
c. bandung
d. cianjur
e. éropah
12. Baca ieu téks artikel di handap!
Deui-deui, deui-deui, masarakat nu dumuk di lelewek Bandung Kidul kocéak dengék. Ti Jumaah (28/10/2016) tilu wewengkon tilem dina amparan caah badag: Dayeuhkolot, Balééndah jeung Bojongsoang. Luhurna cai pangdéétna semet tuur, rata-rata dua meteran. Pongpok Bojongsoang, bawahan Désa Tegalluar teu luput tina kadigjayaan caah.
Mun itung-itungan, sabaraha karungeun duit karugian wargana anu rék paranén. Loba nu ngarégél curuk akibat sawahna kalem ku cai. Paré nu meunang ngarit heg ditunda di sawah ogé teu kapuluk pisan. Mesin pompa air alancur, kandaran, imah jeung lian-lianna, raruksak.paékonomian jadi kateug, leuwih-leuwih nu pacabakanana dagang mah.
Iraha kajadian eta artikel diluhur
a. Ti sénen (28/10/2016)
b. Ti salasa (28/10/2016)
c. Ti Jumaah (28/10/2016)
d. Ti minggon (28/10/2016)
e. Ti kémis (28/10/2016)
13. Baca ieu téks artike di handap!
Dina raraga miéling poé jadina Kota Tasikmalaya taun 2013 ieu direuah-reuah ku Hélaran Jampana. Ruteuna ti mimiti Bunderan Tugu Adipura, tuluy ngidul sapanjang jalan KHZ Mustofa nepi ka Lapang Dadaha. Helaran Jampana nu dilaksanakeun taun ieu seja mageuhkeun tékad pamaréntah pikeun “Sauyunan Ngarojong Pangwangunan ku Gawé nyata sangkan Rahayat Kerta Raharja”.
Sajaba ti midangkeun rupa-rupa kasenian tradisional Sunda, sacara simbolis dina aleutan helaran dipintonkeun ogé hasil-hasil pangwangunan ti unggal dinas. Anu harita milu ngaleut dina helaran téh di antarana waé dinas kacamatan, kesatuan bangsa, komunitas sapédah gowél, unsur BUMN, BUMD, OPD Setda Kota Tasikmalaya. Sajaba ti éta, aya pamilon hélaran ti warga Tionghoa,nu rampak maraké pakéan Sunda, kayaning kabaya, pangsi, jeung iket barangbang semplak.
Judul anu cocok pikeun potongan dina éta artikel nyaéta….
a. Miéling poé jadi Tasikmalaya 2013
b. Hélaran Jampana Kota Tasikmalaya 2013
c. Hélaran ti undaran Tugu mepi ka Dadaha
d. Rupa-rupa kasenian Sunda di Tasikmalaya
e. Pintonan hasil panwangunanti unggal Dinas.
ÉSÉY
1. Naon ari artikel téh? Pék jelaskeun!
2. Sebutkeun ciri-ciri artikel jeung maksudna!
3. Kumaha sipat artikel téh? Pék jelaskeun!
4. Kumaha papasingan artikel téh? Pék jelaskeun!
5. Jelaskeun bédana artikel jeung tulisan séjénna!
6. Kumaha padika nulis artikel téh? Pék jelaskeun!

BUKU RANCAGÉ DIAJAR BASA SUNDA
BUKU PANGGELAR BASA SUNDA
BUKU PAMEKAR DIAJAR BASA SUNDA
BUKU SIMPAY BASA SUNDA
MODUL PANGAJARAN BASA SUNDA
MODUL PPG BASA SUNDA
LINK KUMPULAN MATERI ARTIKEL SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/materi-pembelajaran/materi-artikel-sunda/
LINK 15+ KUMPULAN CONTOH ARTIKEL SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/artikel-sunda/
LINK 50+ KUMPULAN SOAL ARTIKEL SUNDA LENGKAP
https://bahasasunda.id/category/kumpulan-soal-basa-sunda/
Bagaimana??? Penjelasan mengenai materi di atas dapat dipahami dengan baik??? jika masih belum paham, kalian bisa memberikan pertanyaan dengan mengisi komentar di bawah atau bisa juga mengunjungi postingan mengenai MATERI ARTIKEL BASA SUNDA SMA KELAS 12 lainnya atau langsung cari saja keyword materi yang kalian cari di bawah ini:
Jika blog ini bisa memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk dukung blog ini dengan cara like, comment, dan share ke teman-teman kalian.
Jangan lupa untuk bergabung dalam group belajar bahasa Sunda husus siswa se-Jabar, dengan klik link di bawah ini:
WHATSAPP
TELEGRAM
FACEBOOK
INSTAGRAM
YOUTUBE
TIKTOK
Mari kita sama-sama bangun blog ini supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua.
Terimakasih.
GOOGLE TRANSLATE
Perhatian! materi ini diterjemahkan oleh mesin penterjemah google translate tanpa adanya post editting, sehingga ketepatan dalam terjemahan masih buruk dan perlu dikembangkan lagi.
Tujuan dari fitur terjemahan ini untuk pengunjunga yang kesulitan memahami materi dan tidak sama sekali mengerti bahasa Sunda atau teman-teman pelajar dari luar Jawa Barat yang sedang belajar bahasa Sunda, fitur terjemahan ini bisa digunakan namun tidak 100% akurat, akan tetapi garis besarnya bisa diambil, daripada tidak mengerti samasekali.
Kedepanya mudah-mudahan admin punya waktu sehingga bisa mengoptimalkan fitur terjemahannya sendiri, dengan begitu pengunjung bisa mempelajari materi dalam bahasa Indonesia.
MATERI ARTIKEL BASA SUNDA SMA KELAS 12
A. ARTIKEL SUNDA
Artikel merupakan suatu bentuk tulisan nonfiksi (berdasarkan data dan fakta) yang dikembangkan dan dianalisis oleh penulisnya. Biasanya, artikel membahas suatu pokok bahasan, berdasarkan salah satu disiplin ilmu. Teknik yang digunakan dalam artikel tersebut umumnya deduktif-induktif atau serupa.
Artikel biasanya dimuat di media cetak seperti letter to bar, majalah atau buletin. Ini harus singkat, rinci, dan dilengkapi dengan bahasa standar. Artikel tidak termasuk materi
yang tidak pernah dipublikasikan oleh sumber yang dapat dipercaya. Ide saya sendiri yang tidak berdasarkan penelitian saya tidak dimasukkan dalam artikel. Tetapi dapatkan kutipan dari sumber yang dapat dipercaya, asal mula topik.
B. SIFAT ARTIKEL
Artikel bersifat netral dengan tidak memuat pemikiran yang berat kepada salah satu pihak, opini, informasi dan lain sebagainya. Artikel harus mewakili setiap pratinjau secara adil dan seimbang. Informasi dalam artikel harus dapat diverifikasi oleh seseorang, yaitu untuk dibuktikan kebenarannya. Artikel tidak ditulis berdasarkan fakta.
Sebagai perbandingan, artikel berbeda dengan esai lisan lainnya seperti opini, kolom atau esai. Pendapat lebih bersifat pribadi. Artikel saya hari ini adalah gagasan yang penulis sajikan dalam bentuk analisis atau data dan fakta pembanding, yang berbeda dengan bahan penulisan. Sehingga diharapkan pembaca artikel dapat merangkum kasus yang dimaksud
Kolom adalah artikel, opini, karangan atau tulisan lain yang selama ini penulis tulis secara rutin, dengan diberi rubrik (spasi) yang ang ger. Esai adalah artikel yang merupakan analisis yang lebih mendalam. Penulis mengedarkan topik pembahasan dari beberapa disiplin ilmu. Biasanya penulis esai memiliki minat dan pengetahuan yang luas.
C. MACAM-MACAM ARTIKEL
Artikel dapat dikategorikan berdasarkan isi dan sifat paragraf, yaitu deskripsi, naratif, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Perhatian!
- Deskripsi, artinya mendeskripsikan atau mengilustrasikan. Tujuannya untuk memberikan kesan (impresi) kepada pembaca atas objek, ide, tempat, peristiwa, dan sebagainya. Dalam uraian saya yang baik, pembaca seolah-olah ingin melihat, merindukan, menikmati, atau berpartisipasi dalam peristiwa yang dijelaskan oleh penulis.
- Narrative, artinya menarasikan. Hampir sama dengan deskripsinya, tapi dalam penuturan saya lebih suka aransemen dan biasanya ada aktor yang dinarasikan.
- Eksposisi, tujuannya adalah menjelaskan, menjelaskan, menginformasikan, mengajar, dan menjelaskan sesuatu, tetapi tidak mengembangkan ajakan kepada pembaca.
- Argumentasi, artinya membuktikan atau menyampaikan suatu alasan. Tujuannya untuk menyampaikan suatu pendapat, konsepsi, atau pendapat kepada pembaca berdasarkan logika. Untuk meyakinkan pembaca bahwa apa yang dikatakannya itu benar, dikembangkan dengan bukti, contoh dan berbagai alasan yang kuat.
- Persuasi, artinya sewa. Isinya merupakan hasil pengembangan dokumentasi. Dimulai dengan menjelaskan ide dan alasan, bukti atau contoh untuk meyakinkan pembaca, kemudian memperkenalkannya kepada undangan. Persuasi saya lebih tertuju pada emosional (selera) target pembaca, meski tidak mengeluarkan logika.
D. MENULIS ARTIKEL
Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai proses persiapan mediasi. Segera kemas detailnya.
- Tentukan tema
Langkah pertama yang perlu Anda ambil untuk menulis artikel adalah menentukan tema artikel. Tema yang diangkat dari isu-isu di sekitar Anda. Ini mungkin terkait dengan tempat, properti, orang atau acara. - Kumpulkan bahan
Mengumpulkan bahan berguna untuk menumbuhkan formasi agar lebih lengkap dan andal. Sumbernya bisa dari wawancara, buku dari perpustakaan, koran, majalah, atau internet. - Membuat rangkaian karangan Secara umum dalam rangkaian tersebut terdapat bagian-bagian yaitu:
Sebuah. head, merepresentasikan judul postingan. Judulnya as-bi sa dibuat untuk meniru pembaca. Judul artikel yang bagus biasanya menarik dan menarik bagi pembaca untuk menyelesaikan bacaannya.
b. lead, mewakili paragraf pertama atau punam bung. Bagian ini akan memberikan kesan baik buruknya tulisan tersebut. Agar menarik, di bagian lead bisa disusun kalimat persuasif, atau bila perlu dengan kesan provokatif Cara menggambar argumen yang meyakinkan, menunjukkan banyak data, menambahkan anekdot terkait topik, atau kutipan dari tokoh terkenal.
c. body, adalah konten atau diskusi. Pada bagian ini kasus diselesaikan dengan lebih mendalam. Lebih baik jika dikembangkan dengan beberapa referensi. Tujuannya agar pembaca mengerti dan percaya pada pembahasan yang sedang dijelaskan. Bagian ini akan terdiri dari beberapa paragraf. Setiap paragraf berisi topik atau topik pemikiran. Alurnya bisa deduktif, induktif, induktif-deduktif, deskriptif, atau naratif.
d. akhir (akhir), solusi atau kesimpulan. Meski bagian akhir tidak terlalu panjang, namun akan sangat menentukan kesan pada tulisan tersebut. Bagian ini menawarkan solusi untuk masalah yang dijelaskan di bagian isi (tubuh), atau memberikan kesimpulan untuk sesuatu yang telah diselesaikan.
Namun, membuat rangkaian esai atau sketsa belum tentu sepenting di atas. Kemas sesuai kebutuhan Anda. Hanya bisa dengan potongan yang berisi title, subtitle, subtitle anak seperti pada contoh di bawah ini.
- Mengembangkan seri Langkah ini untuk mengembangkan penulisan sketsa seri yang telah dibuat. Bagaimana mengembangkan tulisan saya ini tergantung apakah ingin membentuk wacana deskriptif, naratif, eksposisi atau argumentasi. Kelima pertanyaan tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan beberapa ide berani yang telah dihimpun dalam rangkaian. Pastikan semua kata dieja dengan benar. Tidak terasa karena sulit membuat kalimat, karena nanti ada proses editing.
- Editing (editing) Proses editing berguna untuk memodifikasi ejaan, struktur kalimat atau gagasan yang kurang nyaman. Dalam proses ini, tulisan yang telah dikembangkan dari serial tersebut disempurnakan kembali. Silahkan baca kembali hasil blacklist tersebut, kemudian periksa bagian-bagian yang kurang nyaman. Sesuaikan dengan logika, rasa dan gaya bahasa kulit hitam.
LATIHAN SOAL
- Apa artikelnya? Paket menjelaskan!
- Sebutkan karakteristik artikel dan tujuannya!
- Apa sifat artikel? Paket menjelaskan!
- Jelaskan perbedaan antara artikel dan tulisan lain!

